Harga Mata Uang Kripto Bitcoin Ambles di Bawah US$ 60.000

Prihatin Dengan Jumlah Energi Yang Digunakan Oleh Penambangan Kripto

“Energi dan karbon dioksida dalam jumlah besar dikeluarkan saat penambangan terjadi. Itu tidak memiliki pengaruh langsung terhadap kemajuan industri atau ilmu pengetahuan”, juru bicara NDRC Meng Wei menegaskan sebanyak itu.

Presiden China Xi Jinping menyatakan tahun lalu bahwa China bercita-cita untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2060.

NDRC mengatakan akan berkonsentrasi pada perusahaan milik negara yang terlibat dalam penambangan bitcoin. Ia juga menyatakan sedang mempertimbangkan untuk menerapkan “harga energi hukuman” terhadap orang-orang yang terlibat dalam operasi penambangan bitcoin, namun membayar harga listrik perumahan.

Di sisi lain, The Bitcoin Fear & Greed Index, indeks yang mengukur perilaku investor dalam bitcoin, mulai turun dari level terbesarnya sejak akhir September. Hal ini menunjukkan bahwa optimisme luar biasa di kalangan pelaku pasar mulai meredup.

“Indeks diperkirakan akan mengalami penurunan besar setelah krisis bitcoin hari ini, tetapi ini biasa terjadi di pasar dengan tren positif dan tidak menandakan bahwa bull run hilang untuk saat ini,” Arcane Report mencatat dalam penelitiannya.

Runtuhnya Bitcoin juga mendorong lebih banyak volatilitas intraday. Ini mungkin menunjukkan pembeli dan penjual tidak yakin tentang arah harga mata uang kripto bitcoin di masa depan. Bitcoin telah diperdagangkan antara $57.000 dan $69.000 selama seminggu terakhir.

Di sisi lain, perusahaan keuangan VanEck mulai memperdagangkan dana perdagangan pertukaran bitcoin (ETFs) di pasar berjangka CBOE yang berbasis di Chicago pada Selasa (16/11/2021) kemarin, setelah tertunda selama berminggu-minggu.

ETF VanEck telah menghapus sebagian dari volume perdagangan yang tercatat ketika ETF Strategi Bitcoin ProShares secara resmi memulai debutnya pada 19 Oktober.

Sebaliknya, ETF ProShares mencapai volume perdagangan sekitar US$1 miliar pada akhir hari perdagangan pertamanya, yaitu 19 Oktober.

Kesimpulan:

Harga mata uang kripto (cryptocurrency) dengan kapitalisasi pasar melebihi US$ 30 miliar kembali turun pada hari Rabu. Bitcoin kembali di bawah level psikologis US$60.000 pagi ini. Beberapa pedagang menanggapi pengesahan RUU infrastruktur AS bipartisan yang berisi aturan pelaporan pajak kripto yang kontroversial.

Ini karena sejumlah besar energi dan karbon dioksida dipancarkan saat menambang. VanEck mulai memperdagangkan dana perdagangan pertukaran bitcoin di pasar berjangka CBOE yang berbasis di Chicago kemarin.

Pages: 1 2Show All

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like