Apa itu Cyber Security? Definisi, Jenis dan Cara Meningkatkannya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Sebagian dari kamu mungkin ada yang bertanya apa itu cyber security dan peran pentingnya bagi kamu yang sering menggunakan internet untuk kegiatan sehari-hari.

nah, kali ini Teknatekno akan membahas pengertian apa itu cyber security, jenis, manfaat, serta ancaman kejahatan cyber apa saja yang mengintai dan apa saja yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan cyber security.

Mengenal Apa itu Cyber Security

Cyber security adalah sebuah istilah terkait keamanan perangkat atau jaringan yang biasanya terhubung dengan internet. Bisa dikatakan cyber security adalah suatu kegiatan dimana kamu melakukan peningkatan keamanan semua yang bisa terhubung ke internet.

Perangkat ini bisa berupa server, komputer, sistem elektronik, IoT, bahkan selain perangkat, ancaman cyber security bisa mengintai jaringan serta data kamu.

Dengan cyber security, kamu akan melindungi informasi-informasi penting yang ada di dalam perangkat maupun jaringan dari serangan hacker atau penjahat siber.

Jenis-Jenis Cyber Security

Cyber security memiliki beberapa jenis dan peranan yang penting. Berikut beberapa jenis cyber security yang digunakan untuk mengamankan data:

  1. Application Security: Menjamin aplikasi dan perangkat yang digunakan aman dari ancaman siber.
  2. Operational Security: Upaya pencegahan data sensitif tersebar di internet.
  3. Network Security: Serangkaian aturan dan konfigurasi untuk melindungi jaringan komputer dan datanya.
  4. Informational Security: Langkah-langkah yang diambil untuk melindungi informasi penting.
  5. Disaster Recovery: Serangkaian langkah dan perencanaan pemulihan sistem informasi setelah atau sebelum bencana.

Peran Penting Cyber Security

Salah satu peran penting cyber security adalah untuk melindungi pencurian dan kerusakan data. Seperti data-data sensitif, informasi pengenal pribadi, informasi kesehatan yang dilindungi, informasi pribadi, kekayaan intelektual, data, dan sistem informasi pemerintah dan industri.

Tanpa cyber security, organisasi maupun perusahaan tidak akan mampu mempertahankan diri dari berbagai penyalahgunaan data. Terlebih lagi, beragam platform seperti cloud storage dan lain-lain saat ini digunakan untuk menyimpan data-data pribadi.

Manfaat Cyber Security

Saat ini cyber security memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga keamanan data dari serangan siber. Bukan sekedar masalah teknologi saja, namun cyber security telah merambah ke wilayah bisnis. Manfaat cyber security bagi usaha individu maupun pelaku bisnis untuk meminimalisir serangan dan ancaman kebocoran data.

Oleh karena itu, memiliki pegetahuan mengenai cyber security merupakan sebuah keharusan. Mengikuti pelatihan mengenai keamanan data adalah salah satu cara untuk meningkatkan skill dan pengetahuan mengenai cyber security.

Ancaman Cyber Security

Ada berbagai ancaman cyber security yang bisa mengintai kamu saat beraktivitas di dunia maya. Diantaranya:

Cara Meningkatkan Cyber Security

Untuk meningkatkan keamanan siber, kamu bisa melakukan beberapa cara. Pada bagian ini, kami akan menjelaskan apa saja metode-metode yang bisa kamu lakukan.

1. Mengetahui Cara Mendeteksi Konten Berbahaya

Konten berbahaya kadang bisa dideteksi dengan mata telanjang. Misalnya, judul atau caption terlalu bombastis, kesalahan ketik, domain atau email palsu, dan lain-lain.

2. Keamanan Password

Buat password yang berbeda dengan akun satu dengan akun yang lainnya. Jangan khawatir akan lupa dengan password kamu. Kami memiliki rekomendasi password manager yang bisa menjaga keamanan password, membuat password baru yang kuat dan lain-lain.

3. Update Software Berkala

Menggunakan software resmi memang sangat penting. Dengan menggunakan software resmi, kamu bisa mendapatkan update otomatis secara rutin. Dengan mengupdate software, isu keamanan akan selalu teratasi.

4. Gunakan SSL Jika Punya Website

Jika mempunyai website, memasang sertifikat SSL sangatlah perlu. Dengan ini, kamu bisa menjaga website dari serangan cyber security. Selain itu, kamu bisa menjaga keamanan data pengunjung website dan juga meningkatkan peringkat website di SERP seperti Google.

5. Gunakan 2FA Authenticator

Ini merupakan langkah untuk mempertebal tingkat keamanan akun kamu. Kegunaan dari 2FA ini adalah untuk mengamankan akun kamu dari orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan 2FA, user harus memasukkan kode yang dikirim melalui email atau nomor handphone yang hanya bisa diakses oleh kamu pribadi.

6. Audit Sistem Secara Berkala

Dengan mengaudit sistem secara berkala, kamu akan mengetahui celah-celah mana saja yang bisa menjadi ancaman siber. Setelah itu, kamu bisa memperbaiki sistem yang rawan tersebut agar selalu terhindari dari serangan hacker yang ingin mengambil alih sistem.

Kesimpulan

Demikian penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu cyber security serta upaya yang bisa dilakukan agar cyber security bisa tercapai. Keamanan kamu saat berinternet adalah hal penting yang harus ditingkatkan dari waktu ke waktu. Jangan sampai data atau perangkat kamu digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button