Apa Itu SaaS dan Contoh Aplikasinya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Pernahkah kamu mendengar istilah apa itu SaaS (Software as a service)? Berikut penjelasan mengenai pengertian SaaS, karakteristik, keuntungan dan kerugian serta contoh SaaS yang perlu kamu ketahui.

Secara umum pengertian SaaS (Software as a service) adalah suatu pilihan yang tepat untuk perusahaan yang ingin mengurangi biaya perawatan dan juga pemeliharaan perangkatnya. Mengapa? karena SaaS akan membantu perusahaan dalam memperoleh layanan yang maksimal dari penyedia jasa tersebut.

Mengenal Apa Itu SaaS

Mengenal Apa Itu SaaS

Apa Itu SaaS? SaaS (Software as a service) adalah sebuah aplikasi yang layanannya tersedia secara online dan bisa kamu akses dengan browser. Artinya, kamu tidak perlu menginstal aplikasi tersebut untuk bisa menggunakannya.

Kamu dapat menggunakan browser apa pun yang terhubung ke internet untuk mengakses aplikasi dari mana saja, di perangkat apa pun.

Istilah lain untuk menyebut hal ini yaitu cloud-based software. Lalu apa itu SaaS company? Sederhananya, pengertian SaaS company adalah perusahaan yang menyediakan layanan SaaS atau sebagai vendor. Perusahaan inilah yang meng-hosting aplikasi, mengembangkan aplikasi dan mengelola layanannya.

Apa Saja Karakteristik dari SaaS?

kamu memang harus mengetahui karakteristik SaaS, untuk mengetahui apakah layanan tersebut termasuk dalam SaaS, kamu berikut:

1. Dapat Dikelola dari Lokasi Pusat

Perangkat lunak akan membuat pengguna tidak perlu repot untuk memikirkan pengelolaan melalui adanya pelayanan. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa perangkat lunak sudah dipelihara dan dikonfigurasi.

2. Dapat Diakses Melalui Internet

Untuk dapat mengaksesnya pengguna memerlukan koneksi internet, agar dikelola secara hati-hati. Ini dapat diartikan bahwa penggunaan perangkat lunak dan kualitas internet saling terkait.

3. Pengguna Layanan Tidak Bertanggung Jawab Atas Perangkatnya

Karakteristik lain dari SaaS adalah adanya pembaruan perangkat lunak atau perangkat keras yang menjadi tanggung jawab penyedia layanan.

Alasan Perusahaan Menggunakan SaaS

Alasan Perusahaan Menggunakan SaaS

Berikut ini alasan mengapa suatu perusahaan perlu menggunakan SaaS

1. Menghemat waktu

SaaS adalah layanan yang diberikan dengan bentuk software, sehingga akan lebih menghemat berbagai hal waktu untuk perusahaan. Bentuk penghematan waktu ini akan dirasakan dari mudahnya proses instalasi sampai adanya kerusakan pada software tersebut.

Ini jelas berbeda dari penggunaan perangkat yang ditangani secara terpisah; prosedur instalasi membutuhkan waktu tambahan. Akibatnya, akan mengganggu dan mungkin menghentikan kegiatan operasi perusahaan.

Untuk itu, SaaS mampu menjawab permasalahan yang fatal tersebut. Karena proses instalasi, perbaikan dan juga pemeliharaan bisa dilakukan dari jarak jauh tanpa perlu mengganggu kegiatan operasional perusahaan.

2. Menekan Biaya Operasional

Alasan kedua kenapa perusahaan harus menggunakan SaaS adalah karena dengan menggunakan jasa layanan SaaS, perusahaan bisa menekan biaya operasional, seperti biaya pemeliharaan dan perbaikan server.

Lebih dari itu, menggunakan SaaS juga bisa dilakukan dengan jangka waktu tertentu. Tentunya hal ini akan menjadi penghematan tersendiri karena perusahaan bisa memutuskan waktu kerja sama bila memang dirasa ada pelayanan yang kurang memuaskan.

Hal ini tentunya akan sangat berbeda bila perusahaan menggunakan software sendiri. Mereka harus mengeluarkan biaya perawatan server dan akan mengalami kerugian yang besar bila software tersebut tidak bisa digunakan secara maksimal atau tidak sesuai dengan perusahaan.

3. Mengurangi Kebutuhan Tempat

Untuk menjalankan sistem perangkat lunak, tentunya perusahaan harus menyediakan tempat tersendiri agar bisa menyimpan database yang ada. Untuk itu, perusahaan harus mampu menyediakan ruang yang cukup untuk menyimpan seluruh database agar perangkat yang dipilihnya bisa berjalan dengan maksimal.

Namun, dengan penggunaan SaaS, ini tidak lagi penting. Kebutuhan ruang penyimpanan dan server telah menjadi tanggung jawab penyedia layanan dengan layanan berbasis cloud computing atau komputasi awan.

4. Kemudahan dalam Mengakses

Alasan lainya kenapa perusahaan menggunakan SaaS adalah adanya kemudahan dalam hal mengakses perangkat lunak. Dengan adanya software yang mampu diakses dengan menggunakan browser, maka setiap karyawan bisa mengaksesnya di berbagai tempat dan juga device nya.

Selanjutnya, penyimpanan berbasis cloud akan memberikan kenyamanan bagi setiap karyawan yang ingin mengakses data mereka di mana pun dan kapan pun mereka bekerja.

5. Mempermudah Proses Analisis Data

Dengan adanya sistem pengoperasian secara terpusat, maka setiap pengguna akan lebih mudah dalam memperoleh analisa data atas performa perusahaan tergantung dari software yang dimilikinya.

Jika perusahaan menggunakan contenct management system, itu mungkin hanya memperoleh analisis data kinerja konten dan topik terkait lainnya.

Data yang diperoleh tersebut juga data yang sifatnya real time, sehingga perusahaan bisa lebih mudah lagi dalam melakukan pengendalian dan juga perencanaan.

Keuntungan dan kerugian SaaS

Apa Keuntungan SaaS?

Dilansir dari situs Microsoft.com, ada beberapa keuntungan dari penggunaan SaaS, di antaranya:

1. Mendapatkan Kemudahan Akses Aplikasi

Untuk menggunakan aplikasi SaaS, kamu tidak perlu membeli, memperbarui, atau memelihara perangkat keras, middleware, atau perangkat lunak apa pun.

SaaS bahkan menyediakan aplikasi perusahaan yang terjangkau bagi organisasi yang tiak memiliki sumber daya untuk membeli, menyebarkan, dan mengelola infrastruktur serta perangkat lunaknya.

2. Hemat Menggunakan SaaS Dengan Menggunakan Aplikasi SaaS,

Kamu dapat menghemat uang. Ini karena kamu hanya perlu membayar aplikasi SaaS premium yang esensial.

3. Tidak Perlu Software Tambahan

Pengguna dapat menjalankan sebagian besar aplikasi SaaS langsung dari browser web, tanpa harus mengunduh dan menginstal software (perangkat lunak) tambahan.

4. Mobilisasi Kerja Lebih Mudah

Dengan menggunakan SaaS, maka aktivitas bekerja semakin mudah. Hal ini karena SaaS memberikan kemudahan untuk mengakses aplikasi dan data SaaS dari komputer atau perangkat seluler di mana pun yang terhubung ke internet.

Jadi kamu tidak perlu khawatir jika kamu perlu bekerja di mana saja atau jika kamu tidak membawa laptop. Selain itu, SaaS memberikan keamanan yang sangat baik untuk menjaga data kamu. Akibatnya, sistem SaaS menyediakan keamanan data di semua perangkat.

5. Akses Data Aplikasi dari mana saja

Pengguna dapat mengakses data mereka yang disimpan di cloud dari komputer atau perangkat seluler mana pun yang terhubung ke internet. Jika komputer atau perangkat yang digunakan untuk mengakses SaaS mati, data aplikasi yang disimpan di cloud tidak akan hilang.

Apa Saja Kerugian SaaS?

Adapun kerugian dari SaaS adalah sebagai berikut :

1. Adanya Keamanan Data

Keamanan data menjadi kekurangan pertama yang dimiliki oleh SaaS, yang bersumber dari Gaebler. Permasalahan ini masih sering terjadi, apalagi dengan permintaannya yang terus meningkat dan bisnis ini semakin berkembang.

Untuk itu, perusahaan harus benar-benar memahami profil dari penyedia layanan. Bahkan, perusahaan juga harus mengetahui apakah benar penyedia SaaS memiliki rekam jejak yang baik terhadap keamanan data dan memiliki jaminan terhadap keamanan data.

2. Perlu Konektivitas Internet

SaaS bertumpu pada layanan berbasis komputasi awan atau cloud computing, seperti yang disampaikan sebelumnya. Untuk itu, dengan adanya alasan tersebut maka sangat diperlukan koneksi internet untuk bisa mengaksesnya secara maksimal.

Jika perusahaan atau pengguna pribadi memiliki konektivitas internet yang buruk, tentunya hal ini akan menjadi kendala tersendiri.

3. Adanya Keterbatasan Fitur

Bahkan, ada beberapa kasus yang membuktikan bahwa penyedia layanan yang masih belum memiliki fitur yang begitu lengkap, walaupun sudah terkenal cukup baik.

Oleh sebab itu, sebelum menggunakannya penting sekali perusahaan harus memahami pelayanan apa saja yang diberikan penyedia jasa tersebut dan memahami dengan benar apa saja fitur yang diperlukan.

Faktanya, sangat tidak biasa bagi bisnis ini untuk menggunakan banyak layanan atau aplikasi untuk memenuhi semua permintaan mereka.

Contoh dari SaaS

Contoh dari SaaS

Beberapa contoh SaaS product, sesudah kamu mengetahui definisi dan keuntungan menggunakan SaaS, yaitu :

1. Dropbox

Dropbox adalah salah satu teknologi berbasis cloud yang paling populer di Indonesia. Dropbox dapat digunakan untuk menyimpan berbagai file. Aplikasi ini dapat diintegrasikan ke dalam PC atau smartphone kamu.

kamu dapat mengakses penyimpanan kamu tanpa membuka Dropbox dengan menggunakan browser. kamu juga dapat mengontrol siapa yang memiliki akses ke data di penyimpanan Dropbox kamu.

2. Google Apps

Sepertinya, akan sangat sulit untuk terlepas dari layanan-layanan buatan Google, jika kamu sudah bersinggungan dengan internet. Google Apps sebagai google yang memiliki cloud-based software dan pengelompokkan.

Google Apps terdiri dari:

Aplikasi yang paling menonjol adalah Google Slides, Google Docs, dan Google Sheets, karena sebagai cloud-based software. Namun, ketiga aplikasi tetap bisa kamu akses langsung menggunakan browser seperti mengakses Ms. Office.

kamu bisa berlangganan layanan premiumnya yaitu Google Workspace, untuk kamu yang memiliki perusahaan dan ingin menggunakan Google Apps secara lebih optimal.

3. Hubspot

Vendor SaaS yang menyediakan aplikasi spesifik untuk menunjang berbagai kebutuhan digital marketing disebut dengan Hubspot. Contohnya, aplikasi marketing hub, aplikasi content management, aplikasi CRM (Customer Relationship Management), dll.

4. Lumen 5

Lumen 5 adalah nama aplikasi edit video berbasis cloud. Perusahaan sering memanfaatkan aplikasi Lumen 5 untuk menghasilkan materi pemasaran berbasis video.

Secara umum, mengedit video membutuhkan PC dengan spesifikasi tinggi. Dengan aplikasi ini, kamu dapat menggunakan PC yang biasa kamu gunakan untuk menghasilkan materi video. Namun, materi video bukanlah jenis konten yang kompleks. Lumen 5 telah tersedia sejak 2019.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu SaaS, karakteristik, alasan, keuntungan dan kekurangan serta contoh SaaS yang perlu kamu ketahui.

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa, pengertian Saas (Software as a service) adalah sebuah aplikasi yang layanannya tersedia secara online dan bisa kamu akses dengan browser. Artinya, kamu tidak perlu menginstal aplikasi tersebut untuk bisa menggunakannya.

SaaS adalah layanan yang diberikan dengan bentuk software, sehingga akan lebih menghemat berbagai hal waktu untuk perusahaan. Dengan menggunakan jasa layanan SaaS, perusahaan bisa menekan biaya operasional, seperti biaya pemeliharaan dan perbaikan server.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button