Pengertian Web Browser, Fungsi, Cara Kerja dan Contohnya

Teknatekno.com – Web browser adalah istilah umum yang sering digunakan oleh orang-orang saat membahas Internet. Namun, pengertian yang tepat tentang apa itu web browser hanya diketahui oleh sedikit orang.

Secara umum, pengertian web browser adalah aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses informasi pada World Wide Web. Ketika pengguna meminta beberapa informasi, web browser mengambil data dari server web dan kemudian menampilkan halaman web di layar pengguna.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian web browser beserta fungsi, cara kerja dan contoh web browser, kamu bisa simak pada artikel Teknatekno dibawah ini.

Memahami Pengertian Web Browser

Memahami Pengertian Web Browser

Menurut Wikipedia, pengertian web browser (juga dikenal sebagai Browser) adalah perangkat lunak yang memungkinkan kamu mengakses informasi di situs World Wide Web.

World Wide Web (WWW) adalah browser web pertama, dibuat pada tahun 1994 oleh Tim Berners-Lee untuk CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir pada tahun 1954).

Browser juga dapat dilihat sebagai metode untuk mengakses situs web. Banyak orang juga percaya bahwa browser adalah bagian terpenting dari perangkat lunak untuk mengakses dan memberikan informasi.

Menurut Wikipedia, persentase statistik penggunaan browser web telah mencapai 4,9 miliar pengguna pada tahun 2020. Sebelumnya ada beberapa web browser yang tersedia di pasaran.

Google Chrome (dimiliki oleh Google LLC.) adalah web browser yang paling banyak digunakan, menguasai 63 persen pasar dunia di semua platform, diikuti oleh browser Safari (web browser grafis Apple), browser populer lainnya seperti Firefox, dan browser Microsoft. pengembangan terbaru, Microsoft Edge.

Tersedianya berbagai macam web browser memudahkan orang untuk mengakses informasi di internet. Web browser juga dapat digunakan untuk mengakses platform media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook, Pinterest, LinkedIn, dan lain-lain.

Web Browser dapat digunakan pada berbagai perangkat multimedia, termasuk laptop, PC atau komputer, tablet, dan smartphone.

Pengertian Web Browser Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian web browser menurut pendapat beberapa ahli yang perlu kamu ketahui:

1. Web Browser Menurut Wikipedia

Web browser dapat diartikan sebagai penjelajah web, peramban web, atau penelusur web (dalam bahasa Inggris: Web Browser) merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi dari internet.

2. Web Browser Menurut KBBI

Web browser adalah sistem untuk mengakses, memanipulasi, dan mengunduh dokumen hipertaut yang terdapat dalam komputer yang dihubungkan melalui internet, jejaring, jaringan.

3. Menurut Kamus Oxford (Inggris)

Web browser adalah aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk melihat atau membaca konten di World Wide Web. 3

4. Menurut The Oxford English Dictionary (American English)

Web browser adalah aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk melihat atau membaca dokumen di Internet. 4

5. Web Browser Menurut Utomo dan Winarno

Web browser adalah program yang memungkinkan kamu melihat situs web.

6. Web Browser Menurut Irawan

Web browser adalah perangkat lunak yang digunakan pada jaringan internet untuk mengakses informasi, bertukar, dan berinteraksi.

7. Web Browser Menurut Sibero

Web browser adalah aplikasi komputer yang mengambil dan menampilkan sumber informasi web. 7

8. Web Browser Menurut Arief

Web browser adalah aplikasi yang menampilkan konten web berformat HTML. 8

9. Web Browser Menurut Ali Zaki

Web browser adalah sebuah software yang dapat digunakan untuk mengunjungi sebuah website yang dihosting di komputer yang terhubung dengan internet.

10. Web Browser Menurut Suwanto Raharjo

Web browser adalah salah satu layanan internet yang paling banyak digunakan jika dibandingkan dengan layanan internet lainnya.

11. Web Browser Menurut Lia Kuswayatno

Web browser adalah software yang digunakan untuk mengakses suatu situs atau website dengan cara mengetikkan alamat situs yang ingin kamu kunjungi ke dalam alamat kontak (address).

Perbedaan Web Browser dengan Search Engine

Berikut perbedaan browser dan search engine yang perlu diketahui:

Web BrowserSearch Engine
Web Browser adalah sebuah software untuk membuka halaman website.
Search Engine adalah salah satu jenis website yang dapat mencari halaman website lainnya dengan menggunakan keyword pencarian yang dimasukkan pengguna
Web Browser tersimpan pada komputer yang kita gunakan
Search Engine tidak tersimpan pada komputer yang kita gunakan, melainkan tersimpan pada komputer server dan hidup 24 jam non-stop untuk melayani komputer yang mengaksesnya.
Contoh Browser: Google Chrome, dapat dibuka melalui shortcut icon yang tampil di desktop.Contoh Search Engine: Google, dapat diakses melalui URL https://www.google.com/

Cara Kerja Web Browser

Bagaimana Cara Kerja Browser?

Berikut ini adalah alur kerja yang dilakukan oleh web browser dalam menampilkan informasi suatu laman atau situs web:

  1. Di bilah browser, pengguna memasukkan alamat situs atau URL (Uniform Resource Locator). Misal seperti Teknatekno.com.
  2. Browser menerima permintaan pengguna serta mengunduh halaman URL dan menyajikannya ke Server DNS.
  3. Alamat IP dari perintah yang dimasukkan oleh pengguna dikembalikan sebagai hasilnya. Web browser akan terhubung ke server menggunakan alamat IP yang diambil dari server DNS, yaitu www.teknatekno.com.
  4. Server akan bereaksi dengan mengembalikan data halaman HTML dari www.teknatekno.com, serta CSS, JS, dan file lainnya.
  5. Terakhir, web browser akan menampilkan materi yang diminta pengguna.
  6. Selesai.

Alur ini hanya mencakup dasar-dasar halaman yang telah dilihat pengguna. Tidak sepenuhnya menggambarkan pendekatan menyeluruh setiap situs web atau halaman. Tergantung pada teknologi server dan permintaan data yang diperlukan, proses mendapatkan informasi dari situs web untuk ditampilkan di browser mungkin berbeda.

Fungsi dan Manfaat Browser

Fungsi utama browser adalah mengambil sumber informasi dari Web dan menampilkannya di perangkat pengguna. Halaman web browser sering kali memiliki hyperlink yang mengarah ke beberapa situs dan sumber daya yang berbeda.

Setiap tautan menyediakan URL, dan ketika diklik, browser akan melakukan perjalanan ke sumber halaman baru. Berikut ini adalah berbagai fungsi yang dapat dilakukan web browser:

1. Mengakses Halaman Website

Fungsi web browser yang pertama adalah membantu pengguna membuka alamat yang dikunjungi dari halaman atau situs web.

Setiap browser umumnya diberikan dengan mesin pencari (search engine) secara default, sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan informasi tentang apa pun yang mereka butuhkan dan inginkan.

2. Proses Verifikasi Keamanan Website

Web browser memungkinkan pengguna untuk memverifikasi, yang penting untuk memastikan bahwa situs yang dijelajahi aman dan tidak merusak perangkat.

Peramban modern juga sering memberi tahu pengguna saat situs tidak aman (protokol keamanan HTTPS tidak tersedia). Pengguna masih dapat mengakses situs jika prosedur keamanan ini diabaikan.

3. Mempermudah Penelusuran Informasi dari Internet

Pada umumnya pengguna menyukai browsing internet untuk mencari informasi. Kata kunci yang dimasukkan akan diarahkan ke halaman atau situs berdasarkan istilah pencarian menggunakan web browser.

Fungsi browser dirancang sebagai jembatan, sedangkan kendaraan yang digunakan untuk mendukung proses pencarian adalah mesin pencari.

4. Membuka File dengan Ekstensi Khusus

Web browser memiliki fungsi untuk membaca dan membuka file dengan ekstensi tertentu, yang paling umum adalah PDF.

Selanjutnya, programmer atau pengembang memanfaatkan Web Browser untuk mengkompilasi aplikasi yang sudah ada sebelumnya. HTML, CSS, JS, PHP (saat terhubung ke Server Web), dan berbagai ekstensi file lainnya dapat dibuka oleh web browser.

5. Mendukung Permintaan Data Pengguna

Pengguna dapat melakukan permintaan data (request data pendukung item) melalui internet menggunakan web browser. Web browser selalu dapat digunakan untuk mengunjungi alamat web dari internet. Pengguna juga dapat mengunduh file dokumen, foto, film, dan media lainnya menggunakan browser.

6. Menyimpan Data (Bookmark)

Ketika orang merasa nyaman dan sering menjelajahi web atau halaman pencarian, mereka mungkin mempertimbangkan untuk mengingat halaman tersebut untuk pencarian selanjutnya.

Dengan fungsi bookmark di web browser, kamu dapat menyimpan data (alamat situs web). Bookmark adalah fitur web browser yang memungkinkan kamu mengingat atau mengelola situs favorit yang ingin kamu pertahankan.

7. Mendukung Search Engine (Mesin Pencari)

Mesin pencari adalah alat pencarian yang muncul di halaman browser web. Ketersediaan mesin pencari dapat mempermudah dan mempercepat pengguna untuk mencari atau menemukan informasi berdasarkan kata kunci.

Pengguna tidak perlu menulis URL situs di bilah alamat web browser; sebagai gantinya, mereka harus mengetikkan istilah umum atau domain utama situs. Misalnya, pertimbangkan penggunaan mesin pencari Google dan Bing.

Contoh Web Browser yang Sering Digunakan

Contoh Web Browser yang Sering Digunakan

Ada berbagai macam web browser yang tersedia saat ini. Masing-masingnya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Berikut contoh web browser yang paling sering dan banyak digunakan oleh orang-orang:

1. Google Chrome

Google Chrome adalah peramban web lintas platform sumber terbuka yang dibuat oleh Google LLC. Pada tanggal 2 September 2008, diterbitkan untuk sistem operasi Microsoft Windows, setelah itu diperluas ke Linux, Mac OS, iOS, dan Android.

Menurut angka pangsa pasar dari November 2020, Chrome menyumbang 70% dari penggunaan global. Dengan popularitasnya, Google menumbuhkan merek browser Chrome dengan menciptakan perangkat seperti Chrome OS, Chromecast, Chromebook, Chromebit, Chromebox, dan Chromebase.

Seperti yang terlihat dari UI Chrome memiliki desain yang bersih dan reputasi untuk kinerja browser yang baik. Selain itu, Chrome memudahkan untuk menyinkronkan bookmark dan pengaturan lain ke perangkat pengguna menggunakan Akun Google pilihan.

Chrome juga menawarkan peningkatan keamanan untuk phishing dan malware. Pengguna juga dapat menggunakan Chrome Webstore untuk memasang berbagai ekstensi menarik berdasarkan kebutuhan dan keinginan mereka.

2. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox adalah web browser yang dibuat oleh Mozilla Corporation dan Mozilla Foundation. Mozilla adalah salah satu browser paling populer di kalangan pengguna internet saat ini. Mozilla Foundation menciptakan browser ini pada tahun 2002 dengan nama Phoenix, yang akhirnya berganti nama menjadi Mozilla Firefox.

Firefox 1.0, salah satu perangkat lunak open source, diterbitkan pada tanggal 9 November 2004. Browser Mozilla Firefox tersedia untuk Microsoft Windows, Linux, Mac OS X, dan FreeBSD. Salah satu fitur Mozilla Firefox yang paling populer adalah ketersediaan pemblokir pop-up, serta pembuatan fungsionalitas atau ekstensi tambahan.

3. Microsoft Edge

Microsoft Edge adalah browser yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai penerus Internet Explorer dengan nama kode Project Spartan. Microsoft Edge dimaksudkan untuk menjadi peramban web ringan bawaan sistem operasi. Browser ini tersedia untuk Android dan iOS selain Windows.

EdgeHTML, mesin tata letak baru dari cabang Trident, digunakan oleh Microsoft Edge. Selanjutnya, Edge memungkinkan konektivitas dengan ekosistem online Microsoft, yaitu integrasi dengan asisten digital Cortana (Alat kontrol suara; fungsi pencarian dinamis dan informasi pribadi mengenai bilah alamat).

Pengguna dapat membuat anotasi halaman web sebelum menyimpan dan membagikannya ke OneDrive. Selain itu, Microsoft Edge menawarkan kemampuan berselancar langsung yang mirip dengan browser web lain, dengan kinerja yang lebih cepat dan lebih baik daripada edisi sebelumnya (Internet Explorer).

4. Opera

Opera adalah web browser lintas platform yang dikembangkan oleh Opera Software. Opera berbeda dari browser lain dalam banyak hal, termasuk antarmuka, fungsionalitas, dan fiturnya.

Opera pertama kali diterbitkan pada 10 April 1995, menjadikannya browser tertua yang diproduksi hingga saat ini. Sejak 2013, Opera juga menyertakan dukungan untuk plug-in berbasis Chromium, yang membedakannya dari browser lain.

Browser ini juga bekerja dengan berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Android, iOS, Mac OS, dan Linux. Mereka menciptakan tiga versi Opera untuk perangkat seluler: Opera Mini, Opera Touch, dan Opera.

5. UC Browser

Manfaat menggunakan UC browser ini adalah dapat meminimalkan data selancar, memungkinkan kamu untuk menyimpan lebih banyak data. Inilah mengapa UC Browser adalah browser pilihan mereka.

UC Browser adalah contoh browser web yang dapat mengelola unduhan secara efektif. Namun, desainnya kurang menarik, sehingga orang akan bosan dengan desain yang itu-itu saja.

6. Safari

Safari digunakan oleh lebih dari 16% pengguna internet dunia. Apple Inc. memperkenalkan aplikasi untuk sistem komputer pada tahun 2003 dan perangkat seluler pada tahun 2007.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa pengertian web browser adalah perangkat lunak yang memungkinkan kamu mengakses informasi di situs World Wide Web.

Browser juga dapat dilihat sebagai metode untuk mengakses situs web. Banyak orang juga percaya bahwa browser adalah bagian terpenting dari perangkat lunak untuk mengakses dan memberikan informasi.

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar web browser, mulai dari pengertian web browser, fungsi dan manfaatnya, cara kerjanya, sampai dengan contoh web browser yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang web browser ya.

Related Articles

Back to top button