Ketahui Perbedaan Yuan Digital China vs Bitcoin

Apa Implikasi Pengenalan Apa Sebenarnya Yuan Digital China Itu Untuk Bitcoin?

Di Cina, Bitcoin tidak pernah diterima sebagai alat tukar, dan perdagangan sangat dibatasi sejak 2017. Jadi tidak ada banyak pergeseran di sana. China, di sisi lain, telah lama menjadi rumah bagi penambang Bitcoin terbesar di dunia, dengan pangsa 75,5 persen pada September 2019.

Pemerintah China mengatakan pada Mei 2021 bahwa mereka perlu “menghindari dan mengatur risiko keuangan” dengan menindak Penambangan dan perdagangan Bitcoin.

Tentu saja, argumen tersebut konsisten dengan tujuan keseluruhan yuan digital. Pada April 2021, proporsi penambang global China telah turun menjadi 46%, menunjukkan bahwa prosesnya sudah maju dengan baik sebelum tindakan keras resmi dimulai dengan sungguh-sungguh.

Menurut seorang ahli pertambangan, pada Juni 2021, hampir semua aktivitas pertambangan di Tiongkok akan berhenti, dengan area seperti Yunnan, Anhui, dan Qinghai melarang penambangan Bitcoin (seolah-olah untuk meminimalkan emisi karbon Tiongkok).

Bank Sentral China telah mengeluarkan arahan yang memerintahkan platform pembayaran dan bank untuk menghentikan operasi cryptocurrency, serta lembaga untuk berhenti mendukung pertukaran cryptocurrency dan platform over-the-counter (OTC).

Bitcoin, di sisi lain, pada dasarnya tahan sensor karena sifat dasar seperti kekekalan dan desentralisasi. Meskipun tingkat hash Bitcoin (bersama dengan harganya) telah turun sebagai akibat dari tindakan keras China baru-baru ini, dampaknya kemungkinan akan berumur pendek.

Sementara penambang China dengan cepat pindah ke lokasi lain, tingkat hash Bitcoin perlahan pulih. Tapi sepertinya persaingan di rumah bukanlah faktor terpenting. Dalam persaingan untuk melengserkan dolar AS dan menjadi mata uang cadangan global berikutnya, China mungkin berusaha mengungguli Bitcoin di bidang lain.

Aspirasi seperti itu telah dibantah oleh China. Namun, menurut sebuah studi Juli 2021, PBoC akan menghabiskan lebih banyak dalam eksperimen pembayaran lintas batas untuk mempromosikan yuan digital secara global.

Sementara itu, meskipun Bitcoin masih memiliki jalan panjang sebelum dapat mengancam dolar sebagai mata uang cadangan dunia, Bitcoin semakin populer. El Salvador, sebuah negara kecil di Amerika Tengah, menjadi yang pertama mengakui Bitcoin sebagai uang tunai legal.

Kesimpulan:

China memiliki program mata uang digital bank sentral yang paling canggih. CBDC sebanding dengan stablecoin, yang terikat dengan mata uang fiat tertentu dengan rasio 1:1. Yuan digital pada dasarnya adalah versi digital dari mata uang fisik China.

Di Tiongkok, Bitcoin tidak pernah diterima sebagai alat pertukaran, dan perdagangan sangat dibatasi sejak 2017. Tiongkok telah lama menjadi rumah bagi penambang Bitcoin terbesar di dunia, dengan pangsa 75,5 persen pada September 2019.

Pemerintah China mengatakan pada Mei 2021 bahwa mereka perlu “menghindari dan mengatur risiko keuangan” dengan menindak penambangan dan perdagangan Bitcoin. Pada April 2021, proporsi penambang global China telah turun menjadi 46%, menunjukkan bahwa prosesnya sudah maju dengan baik sebelum tindakan keras resmi dimulai dengan sungguh-sungguh.

Pages: 1 2Show All

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like