Apa yang Dimaksud ERC-72, Standar Pendukung NFT?

FT dan NFT

FT dan NFT, keduanya merupakan token yang dapat ditransfer. Catatan riwayat kepemilikan juga dapat dilacak di blockchain, serta informasi pemilik terkini.

FT, di sisi lain, lebih peduli dengan jumlah total token. Sementara itu, NFT lebih fokus pada pemeliharaan tokenID unik di setiap token.

Pengoperasian NFT sebenarnya tidak jauh berbeda dengan FT. Fungsionalitas standar seperti transfer, otorisasi, mint, dan bakar, dapat diakses pada standar ERC-721.

Namun, tokenID, bukan jumlah total token, yang dipertukarkan. Berikut adalah cuplikan kode ERC-721 yang diperoleh dari pustaka 0xcert.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kontrak pintar ERC-20 mengatur saldo (jumlah token) di setiap alamat pemiliknya.

Penilaian token ini seringkali bergantung pada tokennomics atau utilitas yang diberikan oleh sistem eksternal yang menggunakan token tersebut.

Artinya harus ada aplikasi terdesentralisasi (Decentralized Application atau dApp) berbasis token yang memberikan nilai tambah pada token dan mendorong pengguna untuk bertransaksi menggunakan token tersebut.

ERC-721, di sisi lain, lebih berfokus pada tokenizing objek lain, seperti foto digital, dan menawarkan satu fasilitas untuk menjaga kode token dan gambar digital tetap terhubung, yang disebut tokenURI. Informasi dalam tokenURI (URI is a Uniform Resource Identifier) ​​dapat berupa tautan atau URL (Uniform Resource Locator), yang beroperasi serupa seperti tautan pada halaman situs web.

Pengguna harus membuka tautan untuk mengetahui detail objek yang diwakili oleh token ERC-721.

Karena, pada dasarnya kontrak ERC-721 tidak memiliki fasilitas untuk menyimpan informasi lebih lanjut tentang gambar secara on-chain karena tingginya biaya untuk menyimpannya di blockchain.

Pengembang NFT dapat menyimpan objek digital berkemampuan NFT di server terpisah, atau menggunakan teknologi lain seperti IPFS (Inter-Planetary File System) dan mengamankan aksesibilitasnya melalui layanan seperti Pinata.

Jika penilaian FT bergantung pada penilaian tokennomics atau kegunaan dApp, maka nilai NFT bergantung sepenuhnya pada pandangan orang terhadap item digital yang mendukung NFT.

Pasar seni konvensional dan pasar NFT sangat mirip. Semakin terkenal seniman yang memproduksinya, semakin mahal pula harga karya seni tersebut di pasaran.

Produk seni yang dijual di pasar sekunder mungkin atau mungkin tidak tumbuh harganya karena preferensi pasar yang berubah.

Dalam bisnis NFT saat ini, persaingan yang ketat dan banyaknya jumlah item di pasar juga tidak menjamin keberlanjutan harga NFT dalam jangka panjang.

Ada juga banyak detail yang harus dipahami oleh pelanggan NFT dalam hal teknologi. Token NFT, yang didasarkan pada standar pendukung NFT ERC-721, sebenarnya dapat menjamin keunikan token.

Namun, ini sama sekali tidak menjamin keunikan entitas digital yang diwakili oleh token.

Bisa dibayangkan bahwa tokenURI diwakili oleh lebih dari satu token. Atau bahkan, tokenURI digunakan dalam beberapa kontrak NFT.

Jika hal ini terjadi, pengguna dapat dirugikan jika tidak ada jaminan nilai dan uji tuntas dari pihak ketiga yang dapat dipercaya.

Esai singkat ini membahas sedikit tentang implementasi NFT yang memanfaatkan standar pendukung NFT ERC-721, yang merupakan landasan bisnis NFT dalam sistem blockchain seperti Ethereum.

Kesimpulan:

NFT (Non-Fungible Token) adalah token yang tidak dapat dipertukarkan, didukung oleh ERC-721. ERC adalah singkatan dari Ether Request for Comments, standar pendukung NFT untuk kontrak pintar di atas platform platform,  Ethernet.

FT, di sisi lain, berkaitan dengan jumlah total token. NFT lebih fokus pada pemeliharaan tokenID unik di setiap token. TokenID ini dapat mewakili apa saja, yang biasanya merupakan item digital (tetapi belum tentu demikian).

Pengembang NFT dapat menyimpan objek digital berkemampuan NFT di server terpisah, atau menggunakan teknologi lain seperti IPFS (Inter-Planetary File System). Kontrak ERC-721 tidak memiliki fasilitas untuk menyimpan informasi lebih lanjut tentang gambar secara on-chain karena biayanya yang tinggi.

Pages: 1 2Show All

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like