5 Jenis Cryptocurrency Terbesar Yang Harus Kamu Ketahui

Teknatekno.com – Jenis cryptocurrency terbesar telah menarik minat investor sejauh ini tahun ini. Diperkirakan nilai satu bitcoin, mata uang digital yang paling banyak digunakan, telah meningkat menjadi sekitar Rp 994 juta (dengan asumsi tingkat konversi dolar sebesar Rp 14.200).

Itu naik sekitar 125 persen tahun ini, sedangkan S&P 500 (SPX) naik kurang dari 24 persen. ETF Bitcoin pertama mulai diperdagangkan bulan lalu, investor dapat memiliki kripto tanpa benar-benar membeli mata uang sama sekali.

Berikut Lima Cryptocurrency Terbesar

Daftar Cryptocurrency Terbesar

Berikut lima jenis cryptocurrency terbesar:

Bitcoin

Pemain dominan industri kripto selalu Bitcoin. CoinMarketCap mengamati, Bitcoin ini memiliki nilai lebih dari US$1,2 triliun atau sekitar Rp17.020 triliun dalam kapitalisasi pasar.

Bitcoin diluncurkan oleh pengembang yang tidak dikenal pada tahun 2009, juga dikenal sebagai mata uang digital menggunakan teknologi blockchain. Dalam bentuknya yang paling dasar, blockchain adalah buku besar terdistribusi (database data digital) untuk mencatat transaksi.

Perbedaan utama antara bitcoin dan mata uang terpusat seperti dolar AS atau euro adalah tidak tunduk pada peraturan bank sentral. Bitcoin dibatasi pada 21 juta koin dan tidak semuanya beredar. Menambang bitcoin di komputer membutuhkan sejumlah besar daya komputasi dan energi agar berhasil. Harga Bitcoin hari ini turun.

Ethereum

Posisi Cryptocurrency terbesar kedua adalah Ethereum, mata uang digital terkemuka. Kapitalisasi pasar Ethereum sekitar US$ 560 miliar atau sekitar Rp 7.950 triliun. Menurut statistik CoinDesk, tertinggi ethereum minggu ini adalah lebih dari US$5.000 atau Rp. 71 juta.

Perangkat lunak blockchain open-source dengan cryptocurrency, Ethereum Value diluncurkan pada tahun 2015.

Ethereum telah mengalami kenaikan hampir 540 persen tahun ini. Ini didorong oleh investor yang berpikir Ethereum (Ether), akan menjadi kunci untuk keuangan terdesentralisasi termasuk kontrak pintar dan NFT (non-exchangeable tokens) (non-exchangeable tokens).

Program ini dibangun untuk memperluas penggunaan blockchain di luar bitcoin sehingga dapat digunakan dalam berbagai aplikasi yang lebih luas. Eter, berbeda dengan bitcoin, memiliki jumlah yang tidak terbatas.

Token baru diproduksi terus menerus melalui proses penambangan serupa. Harga aset Crypto Ethereum anjlok terparah dibandingkan dengan aset lainnya

Coin Binance (BNB)

Cryptocurrency terbesar ketiga dengan valuasi pasar lebih dari US$ 100 miliar atau sekitar Rp. 1.420 triliun adalah Binance Coin atau koin BNB. Binance memiliki batas 200 juta token, namun seringkali token akan dihancurkan atau ‘dibakar’ untuk menurunkan pasokan keseluruhan dan menstabilkan nilainya dari waktu ke waktu.

Itu menyiratkan bahwa kepemilikan Binance, individu tidak boleh bervariasi nilainya sebanyak cryptocurrency lainnya. Selain itu, Binance Coin berbeda dari cryptocurrency lainnya karena tidak dapat diperdagangkan dengan dolar atau mata uang fiat lainnya. Prediksi harga binance coin (BNB) per minggu.

Tether

Tether telah naik ke posisi keempat di antara lima mata uang digital utama, dengan penilaian pasar lebih dari US$74 miliar. Ini adalah contoh dari apa yang dianggap sebagai stablecoin karena terikat dengan dolar AS.

Nilai Tether relatif konstan dibandingkan dengan cryptocurrency lainnya. Pada pendiriannya pada tahun 2014, nilai setiap token ditetapkan pada US$1 atau Rp. 14.200.  Meluncurkan synonym untuk transaksi Bitcoin (BTC).

Solana

Solana pada dasarnya adalah kompetisi utama Ethereum. Ada mata uang bernama Sol yang berjalan di blockchain Solana.

Solana adalah crypto baru yang diluncurkan pada Maret 2020. Harga Crypto telah meningkat hampir 10.000% pada tahun lalu, menurut CoinGecko.

Crypto naik dari nilai US$ 2 atau Rp. 28.400 per unit menjadi US$ 200 atau Rp. 2 juta. Nilai pasarnya di atas US$70 miliar dan melebihi saudara kembarnya, Cardano dan XRP. Prediksi harga crypto Solana, apakah mengalami kenailan?.

Jenis Cryptocurrency Terbesar Yang Harus Kamu Ketahui

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar jenis cryptocurrency terbesar.

Berapa Banyak Jenis Crypto?

Jika kamu tertarik untuk memperdagangkan mata uang crypto atau cryptocurrency, maka kamu harus menyadari bahwa setidaknya ada 10.000 jenis cryptocurrency yang saat ini diperdagangkan.

Apakah Crypto Terdaftar di OJK?

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melarang lembaga keuangan mulai dari perbankan, asuransi hingga multifinance untuk memfasilitasi cryptocurrency. Dilarang menggunakan, memasarkan, atau memfasilitasi perdagangan aset kripto.

Apakah Crypto Merugikan?

Cryptocurrency dianggap mengganggu tatanan ekonomi dan keuangan, memperbanyak kegiatan ilegal dan kriminal seperti perjudian, penggalangan dana ilegal, penipuan, skema piramida, dan pencucian uang, dan membahayakan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA:

Investasi Crypto: Jenis, Manfaat dan Risikonya
Daftar Crypto yang Akan Naik di 2022 Terbaru
5 Jenis Coin Crypto yang Akan Naik Nilainya

Kesimpulan

Nilai satu bitcoin telah meningkat menjadi sekitar Rp 994 juta (dengan asumsi tingkat konversi dolar sebesar Rp 14.200). Itu naik sekitar 125 persen tahun ini, sedangkan S&P 500 (SPX) naik kurang dari 24 persen.

Cryptocurrency terbesar ketiga dengan valuasi pasar lebih dari US$ 100 miliar atau sekitar Rp. 1.420 triliun adalah Binance Coin. Tether telah naik ke posisi keempat di antara lima mata uang digital utama. Solana adalah kripto baru yang diluncurkan pada Maret 2020.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button