10 Daftar Beasiswa Kuliah di Amerika Serikat

Teknatekno.com – Siapa sih yang tidak mau dapat beasiswa kuliah di Amerika Serikat? Bukan rahasia lagi bahwa kuliah di salah satu universitas paling bergengsi di Amerika Serikat dapat membuat kamu mengeluarkan banyak uang.

Tapi jangan khawatir! Banyak beasiswa dapat membawa kamu ke perguruan tinggi terkemuka seperti MIT dan Stanford, yang keduanya berlokasi di wilayah Boston.

Instansi pemerintah Amerika Serikat, lembaga pendidikan, dan yayasan swasta semuanya menyediakan uang untuk beasiswa internasional yang ingin belajar pendidikan tinggi di negara tersebut. Beasiswa diberikan kepada mahasiswa dari negara sahabat, termasuk Indonesia.

Beasiswa Kuliah di Amerika Serikat

Beasiswa Kuliah di Amerika Serikat

Berikut beasiswa yang bisa dilamar untuk menunjang studi di Amerika Serikat, baik yang didanai sebagian (partially funded) maupun penuh (fully funded):

1. Foreign Fulbright Student Program

Foreign Fulbright Student Program, sering dikenal sebagai Beasiswa Fulbright, adalah program beasiswa kuliah di amerika penuh yang disponsori oleh pemerintah Amerika Serikat untuk siswa internasional yang ingin belajar gelar Master atau PhD. Beasiswa ini juga tersedia untuk studi pascasarjana non-gelar.

Komponen beasiswa terdiri dari biaya kuliah, buku pelajaran, perjalanan, tunjangan hidup, dan asuransi kesehatan.

Situs web American Indonesia Exchange Foundation (AMINEF) adalah tempat sebagian besar pelajar Indonesia dapat mengetahui tentang beasiswa ini. Pendaftaran biasanya dimulai pada awal tahun.

2. Program Beasiswa Humphrey

Beasiswa Humphrey adalah program beasiswa lengkap yang diberikan oleh pemerintah Amerika Serikat. Beasiswa kuliah di Amerika ini diberikan kepada para profesional untuk mengambil bagian dalam program pengayaan profesional.

Beasiswa diberikan kepada orang-orang dengan rasa kewajiban sipil yang kuat dan beasiswa untuk pelayanan publik. Pendaftaran sekitar bulan September-Oktober.

3. Beasiswa Pemimpin Global yang Muncul

Beasiswa kuliah di Amerika yang satu ini ditujukan untuk siswa internasional luar biasa yang bercita-cita untuk mengejar gelar Sarjana di Amerika Serikat.

Pelamar cenderung menjadi orang yang bersemangat untuk membuat perbedaan dalam kehidupan kelompok terpinggirkan di negara mereka sendiri. Dalam kebanyakan kasus, beasiswa tersedia menjelang akhir tahun atau awal tahun berikutnya.

4. Beasiswa di Universitas Amerika

Universitas Amerika menawarkan program beasiswa kuliah di Amerika yang dikenal sebagai Beasiswa Universitas Amerika yang membantu mahasiswa dari seluruh dunia (AU). Beasiswa ini berlaku untuk siswa internasional luar biasa di tingkat S1-S3. Beasiswa sering diberikan dalam bentuk pembebasan biaya kuliah setiap tahun akademik.

AU mensponsori dua sistem beasiswa, yaitu Merit Awards dan Fellowships & Assistantships. Beasiswa berbasis prestasi terbuka untuk siswa beasiswa tinggi yang mendaftar pada musim gugur sebelum 1 Februari.

5. Columbia College Scholarship

Columbia College Scholarship adalah yang diberikan oleh Universitas Columbia kepada mahasiswa yang layak. Beasiswa ini diberikan kepada siswa internasional yang berprestasi.

Biasanya beasiswa diberikan dalam bentuk hadiah uang tunai satu kali atau diskon 15 persen hingga 100 persen untuk biaya kuliah.

6. Beasiswa Internasional Michigan State University (MSU)

Michigan State University (MSU) juga memberikan beasiswa dan hibah kepada mahasiswa internasional yang memenuhi syarat.

Beasiswa ini tersedia untuk siswa di semua tingkat akademik, dari sarjana hingga doktoral. Mereka yang memperoleh beasiswa akan memiliki semua biaya pendidikan mereka dibayar selama waktu mereka di Michigan State University.

7. Beasiswa Penghargaan Regional untuk Mahasiswa Sarjana

Beasiswa kuliah di Amerika yang lain juga diberikan oleh salah satu perguruan tinggi besar, Oregon State University. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa program sarjana dalam bentuk pengurangan biaya kuliah. Biasanya, beasiswa ini berlangsung selama 4 tahun.

8. Beasiswa Wagner Universitas New York

Beasiswa tersedia untuk semua siswa yang masuk, termasuk siswa internasional, di Universitas New York, termasuk mereka yang mendaftar untuk Beasiswa Wagner. Beasiswa ini memberikan sebagian untuk pembiayaan kuliah penuh.

9. World Bank Scholarship

Siswa dari negara-negara anggota World Bank dapat mengajukan permohonan bantuan keuangan lengkap di bawah program Beasiswa Pascasarjana Bersama World Bank Jepang. Siswa dapat memilih untuk belajar di 8 institusi di Amerika Serikat, termasuk Universitas Harvard.

10. Beasiswa LPDP

Beasiswa studi di Amerika Serikat selanjutnya adalah beasiswa yang ditawarkan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau yang biasa disebut dengan beasiswa LPDP.

Beasiswa LPDP sendiri berisi beberapa rencana. Salah satunya adalah beasiswa LPDP untuk Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD). MIT, Universitas Harvard, Universitas California, dan Universitas Yale adalah beberapa institusi Amerika bergengsi yang memenuhi syarat untuk mengajukan beasiswa ini.

FAQ

Berikut ini adalah tanya jawab seputar beasiswa kuliah di Amerika.

Apakah di Harvard ada beasiswa?

Beasiswa di Universitas Harvard Semua bantuan keuangan diberikan kepada siswa tergantung pada kebutuhan keuangan mereka; sekitar 70% siswa Universitas Harvard menerima bantuan keuangan.

Apakah di Oxford Ada Beasiswa?

Universitas Oxford memberikan biaya kuliah gratis bagi kamu yang memilih untuk belajar di sana. Beasiswa kuliah di amerika Reach Oxford University diberikan setiap tahun kepada mereka yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S1. Periode pendaftaran beasiswa ini akan dimulai pada Januari 2022 untuk tahun ajaran 2022.

Apakah Kuliah di Harvard Susah?

Pendidikan Harvard menjamin keunggulan, dengan tenaga pengajar yang spesialis dalam bidangnya. Intinya, gelar Harvard adalah yang paling banyak diminati di dunia.

Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri?

  1. Minta Bantuan.
  2. Tingkatkan kemampuan bahasa Inggris atau bahasa asing kamu.
  3. Belajar itu penting.
  4. Jadilah ulet.
  5. Pilih negara dengan jumlah kandidat yang rendah.
  6. Siapkan surat rekomendasi.
  7. Buatlah portofolio.
  8. Ajukan lamaran sesegera mungkin.

BACA JUGA:

11 Manfaat Internet di Bidang Pendidikan
Apa itu Jaringan Komputer? Fungsi, Macam dan Manfaatnya
Apa Itu E-Government, Manfaat dan Contohnya

Kesimpulan

Banyak beasiswa dapat membawa kamu ke perguruan tinggi bergengsi seperti MIT dan Stanford. Beasiswa Fulbright diberikan kepada mahasiswa dari negara sahabat, termasuk Indonesia. Beasiswa Humphrey diberikan kepada para profesional untuk mengambil bagian dalam program pengayaan profesional.

Beasiswa sering diberikan dalam bentuk pembebasan biaya kuliah setiap tahun akademik. Beasiswa Universitas Columbia diberikan kepada siswa internasional yang berprestasi.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button