Perbedaan Sales dan Marketing yang Perlu Diketahui

Teknatekno.com – Kesalahpahaman tentang peran dan tanggung jawab departemen sales dan marketing sering dijumpai. Akibatnya, mereka sering dianggap dapat dipertukarkan. Sebenarnya, sales dan marketing memiliki perbedaan.

Tidak hanya pencari kerja, tetapi perusahaan telah dikenal untuk menggabungkan dua peran ini. Meskipun penjualan dan pemasaran keduanya merupakan bagian dari rencana perusahaan untuk mencapai target laba, penjualan dan pemasaran memiliki prioritas yang sama sekali berbeda.

Jika Anda baru saja lulus dari perguruan tinggi dan tidak yakin bagian mana yang harus Anda fokuskan saat berhubungan dengan profesi Anda, artikel ini cocok untuk Anda. Karena kita akan membahas beberapa perbedaan antara sales dan marketing.

Perbedaan antara Sales dan Marketing

Perbedaan antara Sales dan Marketing

Sebenarnya sales dan marketing sama-sama memiliki fungsi bagi bisnis suatu perusahaan. Namun, ada perbedaan antara penjualan dan pemasaran.

Penjualan adalah transaksi di mana produk atau layanan ditukar dengan uang. Untuk menutup transaksi, orang yang bertanggung jawab atas penjualan harus tetap berhubungan dengan calon penjualan dan membangun tanggung jawab.

Segala sesuatu yang berkontribusi pada peningkatan minat terhadap barang dan jasa yang dijual termasuk dalam pemasaran.

Departemen pemasaran memiliki tanggung jawab mengatur kampanye untuk mendapatkan perhatian pada barang dan jasa yang dijual.

Proses Kerja yang Tidak Sama

Perbedaan berikutnya antara penjualan dan pemasaran dapat ditemukan dari proses kerja. Pelanggan akan ditangani satu lawan satu oleh tim penjualan.

🔥TRENDING:  Cara Kredit Akulaku Di Shopee Terbaru

Penjualan dapat datang langsung ke lokasi calon pelanggan atau pembeli, terhubung melalui telepon, dan bahkan dapat bertemu di suatu acara atau kegiatan.

Karena pekerjaan adalah tindakan langsung, bahkan tim penjualan di perusahaan tertentu harus mendekati dan memperlakukan setiap klien secara individual.

Agar tim sales bisa melakukan penjualan, ada tim marketing yang melakukan market study, termasuk menentukan permintaan pelanggan.

Perbedaan antara penjualan dan pemasaran adalah bahwa tim pemasaran menghasilkan alat dan ide yang akan membantu pelanggan mencari barang dan produk yang telah dikembangkan.

Tim penjualan bertugas melayani calon pelanggan ini agar produk dapat terjual.

Tim pemasaran harus membayangkan kembali produk-produk yang pernah sukses dijual di pasaran sebelumnya, cara menjualnya, dan manfaat dari produk masa lalu.

Hal ini dilakukan untuk membuat rencana pemasaran produk.

Ruang Lingkup Pekerjaan

Perbedaan antara sales dan marketing juga dapat dibedakan dari ruang lingkup kerja dan waktu. Pemasaran lebih bersifat jangka panjang, sedangkan penjualan lebih bersifat jangka pendek.

Hal ini disebabkan tim pemasaran harus menjaga dan membina hubungan yang harmonis dengan mitra bisnis dan pemasok yang relevan dengan pemasaran produk itu sendiri.

Lingkup pekerjaan pemasaran meliputi riset pasar, hubungan masyarakat, dan kepuasan konsumen. Selama waktu ini, pekerjaan tim penjualan adalah membujuk (calon) pelanggan tentang cakupan produk yang Anda tawarkan.

🔥TRENDING:  Bagaimana Cara Mendapatkan Point OVO Gratis?

Anda yang mempertimbangkan untuk berkarir di bidang penjualan atau pemasaran akan semakin dapat melihat perbedaan antara kedua bidang tersebut.

Prioritas dan Fungsi

Perbedaan antara penjualan dan pemasaran dapat dilihat dari prioritas dan fungsi kerja kedua divisi tersebut. Dalam hal prioritas pekerjaan, perbedaan antara kedua peran ini terletak pada target kegiatan.

Tujuan utama tim pemasaran adalah untuk tampil di depan sebanyak mungkin pelanggan potensial dan memupuk hubungan jangka panjang dengan mereka.

Anda dapat membayangkan keuntungan yang nyata jika banyak perusahaan besar menjadi pelanggan tetap produk perusahaan Anda. Semakin banyak pelanggan tetap, semakin besar juga keuntungan yang didapat.

Pencarian Populer

Bedanya Marketing Dan Sales - Sales Dan Marketing Adalah - Sales And Marketing Adalah - Perbedaan Sales Dan Marketing - Perbedaan Pemasaran Dan Penjualan Beserta Contohnya - Perbedaan Pemasaran Dan Penjualan - Perbedaan Marketing Dan Sales - Perbedaan Antara Penjualan Dan Pemasaran- Penjualan Dan Pemasaran - Pengertian Sales Marketing - Pemasaran Dan Penjualan - Pekerjaan Sales Marketing - Pekerjaan Marketing Executive - Bedanya Sales Dan Marketing - Sales Marketing Adalah -

1 2Next page
Back to top button