Uber dan Taksi Apa Saja Perbedaannya

Teknatekno.com – Perbedaan utama antara Uber dan Taksi adalah bahwa Uber beroperasi pada aplikasi smartphone sementara Taksi bekerja secara konvensional.

Uber adalah layanan ‘Taksi’ berkemampuan smartphone yang aman dan nyaman. Layanan ride-hailing ini tersedia di berbagai kota di seluruh dunia, menawarkan berbagai tingkat layanan, harga, dan mobil.

Meski sering dikaitkan dengan taksi, Uber tidak sama dengan layanan taksi tradisional.  Lihat bagaimana Uber dan Taksi berbeda satu sama lain dalam perbandingan mendalam ini.

Apa itu Uber dan Taksi

Apa itu Uber?

Ponsel cerdas apa pun dapat digunakan untuk memanggil taksi Uber, menjadikannya cara yang cepat dan aman untuk memanggil tumpangan. Dengan Uber, kamu dapat memesan sopir yang akan menjemput kamu dalam hitungan menit dan mengantar kamu ke lokasi kamu.

Untuk mulai menggunakan Uber sebagai penumpang, kamu hanya perlu membuat akun dengan Uber dan mengunduh aplikasi Uber ke ponsel kamu. Kamu dapat menggunakan aplikasi ini di iPhone, Windows Phone, atau perangkat Android.

Bagaimana Cara Menggunakan Uber?

Setelah kamu membuat permintaan perjalanan di aplikasi ini, permintaan kamu akan segera dikirimkan ke pengemudi terdekat di wilayah kamu.

Kamu juga dapat melihat perkiraan waktu kedatangan pengemudi di aplikasi kamu. Ini memungkinkan pengemudi untuk menjemput kamu dalam beberapa menit dan mengantar kamu ke lokasi yang kamu pilih.

Selain itu, kamu dapat menggunakan aplikasi Uber untuk merencanakan rute kamu, memperkirakan biaya perjalanan kamu, dan membayar pengemudi kamu secara langsung melalui aplikasi.

Pembayaran untuk tarif kamu dipotong dari metode pembayaran terkait, jadi kamu tidak perlu memberikan uang tunai kepada pengemudi.

Keamanan

Dijemput oleh pengemudi Uber selalu merupakan pengalaman yang aman karena kamu tahu persis siapa yang kamu tumpangi, jenis mobil apa yang kamu tumpangi, dan ke mana tujuan kamu sebelumnya.

Di akhir perjalanan kamu, Uber akan meminta kamu untuk menilai pengemudi kamu dan keseluruhan pengalaman dalam skala 1 hingga 5. Penumpang akan dapat melihat skor total pengemudi di dalam mobil.

Sebagai hasil dari sistem penilaian ini, kamu berada dalam posisi untuk mendorong atau memperingatkan penumpang lain tentang pengemudi khusus ini.

Uber juga menggunakan GPS sepanjang waktu, sehingga akan melacak lokasi kamu. Ini juga akan melacak di mana kamu berada dan alamat apa yang kamu tuju.

Tarif Uber

Jika dibandingkan dengan tarif taksi tradisional, harga Uber mungkin lebih murah. Hal ini terutama berlaku dalam kasus perjalanan panjang. Uber juga merupakan pilihan yang lebih murah untuk perjalanan luar kota. Tapi ini mungkin tidak berlaku untuk perjalanan singkat.

Sementara Uber memberikan perkiraan harga keseluruhan sebelum kamu masuk ke dalam kendaraan, harga sebenarnya dapat memasukkan variabel lain seperti cuaca dan lalu lintas. Ketika ada banyak permintaan untuk mobil, harga Uber mungkin akan naik dengan proporsi tertentu.

Ketika ini terjadi, itu dikenal sebagai Harga Surge. Tarif mungkin dua kali lipat atau empat kali lipat selama permintaan tinggi; misalnya, pada jam sibuk, hujan dan badai salju, hari acara musik, dll.

Apa itu Taksi?

Dibandingkan dengan Uber, layanan taksi tradisional sudah ketinggalan zaman dan berat. Naik taksi, di sisi lain, memiliki fasilitasnya. Meskipun Uber sering dianggap lebih bijaksana daripada taksi, layanan taksi lokal terkadang bisa menjadi alternatif yang lebih baik untuk dompet kamu.

Layanan taksi lokal lebih terjangkau untuk perjalanan singkat yang hanya memakan biaya beberapa dolar. Supir taksi terkadang bisa menjadi pilihan yang lebih hemat biaya daripada uber dalam situasi tertentu.

Taksi lokal, yang beroperasi dengan meteran dan tarif yang ditetapkan, mungkin menjadi pilihan yang lebih disukai selama jam sibuk (atau ketika ada permintaan mobil yang signifikan).

Pengemudi taksi juga sangat terdidik tentang rute dan kota, tetapi beberapa pengemudi Uber mungkin tidak mengenal kota dengan baik dan mungkin hanya bergantung pada teknologi.

Sopir taksi yang lain tegas, ada pula yang cerewet. Pengemudi terakhir yang ingin kamu lakukan adalah menganggap taksi kamu sebagai teman dekat. Pengemudi akan duduk di depan, dan penumpang akan berada di belakang dengan jendela terukir di antaranya.

Saat kamu naik taksi lokal, kamu tidak memiliki sarana untuk mempelajari fakta tentang pengemudi, tidak seperti taksi Uber. Jika kamu lupa sesuatu di taksi, kamu tidak dapat menghubungi taksi lagi kecuali kamu memiliki nomor lisensi taksi atau informasi lain tentang pengemudi.

Perbedaan Antara Uber dan Taksi

Perbedaan Antara Uber dan Taksi

Berikut ini adalah beberapa perbedaan utama antara Uber dan taksi tradisional:

1. Pesan

Uber : Bisa dipesan melalui smartphone.
Taksi : Tidak dapat dipesan melalui smartphone.

2. Penolakan

Uber : Tidak menolak klien.
Taksi : Pengemudi memiliki opsi untuk menolak penumpang.

3. Pengemudi

Uber : Nama pengemudi, jenis mobil, dan nomor plat akan dikomunikasikan kepada penumpang sebelum pengemudi tiba.
Taksi : Penumpang tidak memiliki sarana untuk mengetahui informasi tentang pengemudi.

4. Informasi Taksi

Uber : Perusahaan memiliki nomor plat dan informasi lainnya, membuatnya mudah untuk mengambil barang yang hilang atau terlupakan.
Taksi : Penumpang perlu mengingat informasi pengemudi taksi, sehingga sulit untuk mengambil barang yang hilang atau terlupakan.

5. Biaya

Uber : Perjalanan jarak jauh dan perjalanan ke luar kota akan lebih murah dari tarif taksi biasa.
Taksi : Perjalanan singkat, perjalanan selama permintaan tinggi akan lebih murah.

6. Tarif

Uber : Tarif dipengaruhi oleh berbagai variabel, termasuk jumlah lalu lintas dan cuaca.
Taksi : Tarifnya tergantung pada meter dan jadwal tarif.

7. Metode Pembayaran

Uber : Metode pembayaran secara online.
Taksi : Menerima pembayaran tunai atau kartu kredit.

8. Diskon

Uber : Diskon dan penawaran khusus tersedia.
Taksi : Tidak ada tarif diskon.

9. Kecelakaan

Uber : Jika terjadi kecelakaan, penumpang menerima kompensasi dari perusahaan.
Taksi : Penumpang dilindungi oleh hukum.

10. Jadwalkan Perjalanan

Uber : Perjalanan bisa direncanakan.
Taksi : Perjalanan tidak bisa diatur.

11. Lokasi Pelacakan

Uber : Penumpang dapat melacak posisi persisnya.
Taksi : Penumpang tidak dapat melacak posisinya.

12. Keakraban Pengemudi dengan Kota

Uber : Pengemudi mungkin tidak terbiasa dengan kota.
Taksi : Pengemudi sering akrab dengan kota.

13. Peringkat

Uber : Penumpang dapat menilai pengemudi dan pengalaman keseluruhan.
Taksi : Tidak ada sistem penilaian seperti itu.

FAQ Seputar Uber dan Taksi

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar Uber dan taksi.

Apa Saja Layanan Uber?

Layanan pertama tentu saja layanan taksi online atau ‘ride’ yang sudah lebih dulu beroperasi di Indonesia. Masih sama seperti sebelumnya, ada banyak kategori yang bisa dipilih seperti UberX, UberX priority, comfort, Economy, UberXL, dan Uber Green.

Apa yang Membuat Uber Bangkrut?

Uber kalah dan akhirnya tutup di Indonesia setelah gagal beradaptasi dengan pasar. Uber terlalu berkonsentrasi pada layanan ojol dan taksi saat itu. Namun, itu tidak didukung dengan layanan dan tarif yang memuaskan pelanggan (serta mitra).

BACA JUGA:

Situs Jual Beli Mobil Online Terpercaya
5 Rekomendasi Mobil yang Cocok Jadi Taksi Online
Tips Membeli Mobil Bekas yang Bagus Bagi Pemula

Kesimpulan

Terlihat dari perbandingan di atas bahwa ada perbedaan yang cukup besar antara Uber dan Taksi. Menggunakan Uber Taxi dapat memberi kamu tingkat kemewahan, kenyamanan, dan keamanan yang lebih tinggi. Layanan taksi lokal, di sisi lain, mungkin menjadi alternatif yang lebih terjangkau dalam kasus-kasus tertentu.

Related Articles

Back to top button