Faktor yang Mempengaruhi Harga Cryptocurrency

Teknatekno.com – Jika kamu berpikir untuk melakukan investasi cryptocurrency, berikut adalah enam faktor yang bisa mempengaruhi harga cryptocurrency yang perlu diingat. Hal ini penting untuk diketahui agar kamu tidak kaget jika harga tiba-tiba naik atau bahkan turun drastis.

Berinvestasi dalam uang crypto menjadi semakin populer setiap hari. Banyak investor tertarik pada mata uang digital ini karena berbagai alasan, dan ini adalah salah satunya.

Ini termasuk kenaikan harga crypto yang sangat besar setiap tahun dan juga semakin mudah bagi semua orang untuk mendapatkan uang crypto melalui aplikasi investasi. Sejumlah besar faktor mempengaruhi harga cryptocurrency.

Sementara mata uang digital terdesentralisasi ini terkenal kebal terhadap campur tangan pemerintah, ada banyak faktor tambahan yang berkontribusi terhadap volatilitas harganya. Ada berbagai faktor yang berperan, mulai dari meningkatnya permintaan hingga psikologi individu.

6 Faktor yang Mempengaruhi Harga Cryptocurrency

Berikut ini adalah beberapa faktor sosial dan ekonomi yang dapat mempengaruhi harga cryptocurrency:

1. Ketersediaan vs Permintaan

Karena ketersediaannya yang terbatas dan distribusi yang tidak merata, cryptocurrency telah tumbuh dalam popularitas dan harga. Kenaikan harga aset crypto sebagian disebabkan oleh meningkatnya jumlah permintaan dalam beberapa tahun terakhir.

Ketersediaan dan permintaan untuk aset crypto serupa dengan pasar lainnya. Besarnya permintaan uang crypto menyebabkan harga melambung tinggi dan sebaliknya. Jika orang menjual bitcoin mereka tetapi hampir tidak membeli, maka nilainya akan turun.

2. Adopsi di Dunia Nyata

Meskipun di Indonesia cryptocurrency tidak diakui sebagai pembayaran yang sah, banyak negara telah menyetujui penggunaan crypto sebagai alat pembayaran. Adopsi mata uang digital ke dunia nyata, jika dilakukan secara signifikan atau setidaknya legal di beberapa negara besar, akan meningkat nilainya.

Ini karena terbatasnya jumlah aset crypto. Permintaan akan naik, yang pada gilirannya akan menyebabkan kenaikan harga karena produk menjadi lebih banyak digunakan.

3. Biaya Produksi Penambang

Biaya untuk menambang uang crypto adalah salah satu faktor yang mempengaruhi harga cryptocurrency. Bitcoin, misalnya, memiliki biaya produksi yang tinggi karena memerlukan teknologi khusus, seperti CPU, GPU, server, dan sistem pendingin, yang semuanya berkelas dan mahal.

4. Regulasi, Sistem Checks and Balances

Bahkan jika pemerintah tidak dapat ikut campur dalam mata uang digital karena sifatnya yang terdesentralisasi, sistem keuangan suatu negara dapat melakukan intervensi, yang tentu saja dapat mempengaruhi harga mata uang crypto, jika uang crypto menjadi arus utama.

Misalnya, China telah melarang penambangan bitcoin di seluruh wilayahnya, Inggris telah melarang Binance, perusahaan perdagangan cryptocurrency terbesar di dunia, untuk berfungsi di negaranya.

Selain itu, lembaga terkait di Indonesia masih memperdebatkan apakah akan memungut pajak atas cryptocurrency atau tidak. Nilai crypto di seluruh dunia mungkin terpengaruh oleh tindakan tersebut.

5. Influence Whale, Tokoh Penting & Pemberitaan

Kata “whale” digunakan dalam perdagangan crypto untuk menggambarkan pedagang besar dengan sejumlah besar aset crypto yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi pasar dalam berbagai cara.

Salah satu contoh yang paling menonjol adalah Elon Musk yang secara rutin men-tweet tentang cryptocurrency tertentu di akun Twitter-nya. Sebesar itulah pengaruh Elon di dunia crypto, hanya dengan satu tweet saja sudah bisa menaikkan harga Dogecoin yang termasuk dalam tweet-nya.

Selain itu, berita mengenai uang crypto di seluruh dunia juga mempengaruhi harga uang digital ini. Misalnya, jika ada berita tentang serangan hacker di server crypto, itu bisa membuat harganya turun.

Sedangkan jika ada kabar baik, misalnya suatu negara secara resmi mengakui uang crypto sebagai alat pembayaran, maka harganya bisa naik. Di dunia crypto, berita dan pengaruh tokoh kunci memiliki pengaruh besar pada kondisi pasar.

6. Ketakutan dan Keserakahan

Dengan tidak adanya pergerakan harga yang cukup besar, investor membeli sejumlah besar uang crypto seperti bitcoin dengan harapan harga akan meningkat lebih tinggi di masa depan.

Harga mata uang crypto naik secara proporsional dengan jumlah orang yang membelinya, yang pada gilirannya mendorong orang lain untuk mengikutinya.

Banyak orang mencari untung dengan menjual bitcoin mereka sekarang karena nilainya hampir mencapai puncaknya. Harga bitcoin akan turun karena lebih banyak orang menjual bitcoin mereka.

Pemilik bitcoin lain akan takut kehilangan uang lagi dan menjual bitcoin mereka jika harganya turun secara signifikan. Dengan kata lain, harga bitcoin dapat terus turun.

Itulah 6 faktor yang dapat mempengaruhi harga cryptocurrency. Jika kamu berpikir untuk menginvestasikan investasi crypto, pastikan kamu tertarik dengan informasi yang tercantum di atas sehingga kamu dapat mengantisipasi kapan harga uang crypto kamu akan naik atau turun.

Kesimpulan

Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi harga cryptocurrency. Ini termasuk ketersediaan vs. permintaan dan adopsi di dunia nyata. Biaya untuk menambang uang crypto adalah salah satu faktor penentu harga.

Kata “whale” digunakan dalam perdagangan crypto untuk menggambarkan pedagang besar dengan sejumlah besar aset crypto yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi pasar dalam berbagai cara.

Salah satu contoh yang paling menonjol adalah Elon Musk yang secara rutin men-tweet tentang cryptocurrency tertentu di akun Twitter-nya.

Dengan tidak adanya pergerakan harga yang cukup besar, investor membeli sejumlah besar uang crypto seperti bitcoin dengan harapan harga akan meningkat di masa depan. Sedangkan jika ada kabar baik, misalnya suatu negara secara resmi mengakui uang crypto sebagai alat pembayaran, maka harganya bisa naik.

Related Articles

Back to top button