Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Secara Permanen

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan memberikan beberapa tips atau cara mengembalikan foto yang terhapus. Ponsel kini telah menjadi salah satu benda yang digunakan untuk mendokumentasikan atau mengabadikan sebuah momen atau peristiwa penting dalam kehidupan.

Namun, dalam pemakaiannya bisa jadi kamu tidak sengaja menghapus foto di ponsel kamu. Apalagi seringkali foto yang terhapus di ponsel tidak bisa segera dikembalikan seperti halnya di komputer atau PC.

Kamu pasti panik dan bingung karena tidak tahu bagaimana cara mengembalikan foto yang sudah terhapus di HP. Tapi jangan khawatir, karena memulihkan kembali foto yang sudah terhapus kini sudah bisa kamu lakukan.

Berikut ini Tekantekno telah merangkum cara terbaik untuk mengembalikan foto yang terhapus dari HP jika ini terjadi pada kamu. Tentu saja, ini juga bisa membuat kamu lebih efisien secara finansial karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar jasa service Hp ataupun menggunakan aplikasi berbayar.

Cara Mengembalikan Foto di HP Android

Ponsel Android kini telah menjadi primadona di kalangan masyarakat umum. Di era teknologi yang semakin maju saat ini, berbagai produsen ponsel, seperti Samsung, Vivo, Xiaomi, dan OPPO sudah menyediakan berbagai cara mengembalikan foto yang terhapus.

Ada dua cara yang bisa kamu pilih dan bisa dilakukan dengan mudah, yaitu dengan menggunakan Google Photos serta sejumlah aplikasi yang bahkan bisa mengembalikan foto yang terhapus secara permanen.

1. Gunakan Google Photo

Google Photos bisa menjadi salah satu cara mengembalikan foto yang terhapus di Android tanpa aplikasi yang sangat mudah. Walaupun secara teknis Google Photos juga berupa aplikasi, namun umumnya aplikasi ini sudah tersedia gratis dan ter-install di ponsel Android merek apapun.

Cara ini juga disebut-sebut paling ampuh untuk mengembalikan foto yang terhapus tanpa bantuan komputer dan bisa digunakan pada perangkat Samsung, Vivo, ataupun yang lainnya.

Sebab, secara otomatis Google Photos akan menyimpan foto dan video yang terhapus pada trash selama 60 hari. Tapi tentu saja, syaratnya kamu harus terlebih dahulu mengaktifkan fitur backup dan sinkronisasi dari layanan Google Photos. Berikut ini cara mengembalikan foto yang terhapus dengan menggunakan Google Photos:

  1. Buka aplikasi Google Photos atau Photos di ponsel kamu
  2. Ketuk ikon garis tiga di sudut kiri atas
  3. Ketuk ikon tempat sampah (opsi Trash atau Sampah)
  4. Pilih foto yang ingin dipulihkan dengan cara ketuk dan tahan beberapa saat hingga tanda centang muncul
  5. Klik ikon tanda panah melingkar (opsi Recovery atau Pulihkan) yang ada di bagian atas
  6. Tunggu prosesnya, dan selamat foto kamu sudah kembali ke galeri ponsel.

2. Menggunakan Aplikasi untuk Mengembalikan Foto di HP Android

Kemudahan menggunakan Android adalah kamu bisa mengunduh serangkaian aplikasi yang berfungsi untuk memenuhi apa saja kebutuhanmu. Termasuk cara mengembalikan foto yang terhapus di HP. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan foto yang terhapus:

Aplikasi Deleted Photo Recovery

Masih bingung bagaimana cara mengembalikan foto yang sudah lama terhapus? Kamu bisa me-install aplikasi Deleted Photos Recovery, yang sudah diunduh lebih dari 60 ribu kali di PlayStore.

Aplikasi ini menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam mengembalikan foto yang terhapus bahkan foto yang tersembunyi di dalam perangkat Android. Mudahnya lagi, kamu tidak memerlukan PC atau Laptop dan juga proses rooting untuk menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi Dumpster

Apabila kamu ingin cara mengembalikan foto yang terhapus permanen, aplikasi Dumpster bisa membantumu. Aplikasi ini akan berperan selayaknya cloud storage, yang akan secara otomatis menyimpan foto-foto yang ada di ponsel kamu.

Selain itu, aplikasi ini juga menjamin keamanan data. Untuk cara mengembalikan foto yang terhapus, cukup mengecek folder Bin dan Restore atau Pulihkan foto yang sudah terhapus di dalam ponsel Samsung dan lainnya.

Aplikasi DiskDigger Photo Recovery

Aplikasi DiskDigger bisa menjadi salah satu cara mengembalikan foto yang terhapus di HP vivo, atau ponsel Android lainnya yang kamu miliki.

DiskDigger bekerja dengan melakukan restore atau pemulihan pada foto yang telah terhapus pada ponsel. Apabila ponsel Android kamu sudah di-root, kamu bisa leluasa menggunakan fitur-fitur yang ada di aplikasi ini.

Aplikasi DigDeep Image Recovery

DigDeep Image Recovery bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengembalikan foto yang terhapus di Android. Kamu bisa memulihkan foto yang terhapus di memori internal maupun eksternal.

Jadi kamu tidak perlu bingung jika tidak tahu cara mengembalikan foto yang terhapus di memory internal Android. Cukup dengan masuk ke aplikasi ini lalu lakukan proses pemindaian atau scanning, dan ia akan langsung bisa menemukan foto yang hilang atau terhapus.

Aplikasi Restore Image

Ingin cara mengembalikan foto yang terhapus di HP tanpa root? Kamu bisa menggunakan aplikasi Restore Image ini. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya, aplikasi ini akan memulihkan foto-foto yang terhapus baik disengaja maupun tidak disengaja.

Cara Mengembalikan Foto di iPhone

Untuk bisa mengembalikan foto yang terhapus di iPhone tidak terlalu berbeda dengan di Android. Kamu bisa menggunakan aplikasi atau fitur bawaan dari ponsel ataupun menggunakan aplikasi tertentu dan bisa dilakukan dengan mudah. Berikut cara-caranya:

1. Periksa Folder yang Baru Dihapus

Semakin canggihnya teknologi ponsel saat ini memungkinkan foto yang terhapus tidak langsung hilang, melainkan masuk ke folder tertentu yang nantinya bisa dipulihkan.

Di semua ponsel iPhone memiliki folder Recently Deleted yang berisi foto-foto yang baru saja dihapus, akan tetapi foto-foto ini akan hilang secara permanen apabila tidak dipulihkan lebih dari 30 hari.

Cara mengembalikan foto yang terhapus di iPhone cukup dengan ketuk foto yang ingin kamu pulihkan, lalu klik Pulihkan atau Recovery, selanjutnya konfirmasi bahwa kamu ingin memulihkan foto tersebut. Hal ini tidak hanya dapat dilakukan untuk iPhone baru, tapi juga HP bekas bagi kamu yang membeli secara second.

2. Menggunakan iTunes

iTunes adalah salah satu aplikasi yang wajib dimiliki oleh para pengguna iPhone, iPad, maupun iPod. Apabila kamu sering menghubungkan iPhone dengan aplikasi iTunes di komputer kamu, maka kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk mengembalikan foto yang tidak sengaja terhapus permanen di iPhone milikmu.

Sebab, secara otomatis iTunes akan mencadangkan seluruh data-data yang ada di ponselmu ketika terhubung, termasuk foto dan video yang ada di galeri foto.

Terdapat satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan foto yang sudah terhapus di iPhone menggunakan iTunes, yaitu restore data backup secara langsung. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Nonaktifkan fitur Cari iPhone Saya atau Find My iPhone dari Pengaturan -> akun iCloud -> Find My iPhone atau Cari iPhone Saya
  2. Kemudian, sambungkan iPhone kamu ke komputer dan buka iTunes
  3. Pada menu Backups di aplikasi iTunes, klik menu Restore Backup
  4. Ikuti prosesnya hingga selesai

3. Pulihkan Menggunakan iCloud

Jika ingin mengembalikan foto menggunakan iCloud, pastikan kamu sudah menyalakan fitur iCloud Photos. Setelah fitur ini dinyalakan, kamu bisa mencari kembali foto yang ingin kamu pulihkan.

Agar foto dan video selalu diperbarui di perangkat iPhone milikmu, pastikan kamu selalu masuk dengan ID Apple yang sama di setiap perangkat.

4. Gunakan Aplikasi untuk Mengembalikan Foto di iPhone

Ada beberapa aplikasi yang bisa membantu kamu untuk mengembalikan foto yang terhapus di iPhone. Walaupun tidak sebanyak di ponsel Android, namun aplikasi-aplikasi ini teruji ampuh.

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini sebagai cara alternatif mengembalikan foto, bahkan yang sudah terhapus permanen sekalipun.

Aplikasi EaseUS MobiSaver

Aplikasi ini bisa membantumu memulihkan data mulai dari foto, kontak telepon, video, film, maupun pesan tanpa cadangan atau backup. Cara menggunakannya cukup mudah, cukup dengan install EaseUS MobiSaver saja lalu ikuti petunjuknya.

Aplikasi iBackup Extractor

Cara lainnya, kamu dapat menggunakan aplikasi bernama iBackup Extractor yang memiliki fungsi mengambil foto yang berada di dalam cadangan iPhone tanpa harus menimpa data yang baru. Setelah kamu mengunduh aplikasi, kamu bisa memilih cadangan iPhone kamu dari daftar dan temukan foto yang kamu cari di tab Photos.

iBackup Extractor dapat digunakan secara gratis dalam mode demo yang mampu mengembalikan 20 item cadangan secara gratis. Hasil foto-foto akan disalin ke komputer kamu. Jika ingin mengembalikan foto tersebut ke iPhone, cukup gunakan iTunes untuk memasukkan foto ke dalam perangkat iPhone.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di WhatsApp

Foto yang dikirim melalui aplikasi WhatsApp (WA) biasanya sudah otomatis tersimpan di galeri. Terkadang kamu juga bisa saja tidak sengaja menghapus foto tersebut. Tidak perlu panik, kamu bisa mengikuti cara-cara berikut ini:

1. Lakukan Recovery Message

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengembalikan foto yang terhapus di WhatsApp adalah dengan melakukan Recovery Message. Namun untuk cara ini, kamu memerlukan laptop atau komputer yang tersambung ke internet. Lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka File Manager di ponsel kamu (khusus Android) dan cari folder WhatsApp di memori penyimpanan internal.
  2. Lalu, backup atau cadangkan folder WhatsApp menjadi file dengan ekstensi .crypt8
  3. Kemudian sambungkan ponsel kamu dengan laptop atau komputer
  4. Selanjutnya, buka website Recover Message yang menyediakan fitur untuk mengembalikan data WhatsApp yang hilang
  5. Pilih Select SQLite File, kemudian pilih folder WhatsApp yang sudah kamu ubah ekstensinya
  6. Akan muncul kotak dialog, pilih I Accept dan klik tombol Scan.
  7. Tunggu proses recovery dan file foto akan kembali semula

2. Uninstall Aplikasi WhatsApp

Cara berikutnya adalah dengan melakukan uninstall aplikasi WhatsApp, lalu me-install kembali. Walaupun cara ini agak sedikit rumit, akan tetapi dinilai ampuh dalam membantumu untuk mengembalikan foto yang tidak sengaja terhapus. Berikut langkah demi langkahnya:

  1. Uninstall aplikasi WhatsApp terlebih dahulu
  2. Tunggu beberapa saat sebelum melakukan install kembali
  3. Setelah ter-install, login kembali dengan akun yang lama
  4. Apabila muncul dialog box yang menanyakan pilihan ingin mengembalikan data yang hilang atau tidak, pilih Ya atau Yes
  5. Tunggu sampai proses pengembalian data selesai dilakukan
  6. Masuk ke aplikasi File Manager lalu ke penyimpanan SD Card
  7. Pilih folder WhatsApp lalu masuk ke sub folder Media
  8. Di dalam folder tersebut terdapat file multimedia seperti foto yang sudah terhapus dan bisa diakses kembali.

3. Mengembalikan Foto WhatsApp yang Tersimpan di Micro SD

Kalau kamu menyimpan data WhatsApp (WA) di MicroSD atau penyimpanan eksternal smartphone, kamu bisa menggunakan cara satu ini. Cara ini efektif untuk mengembalikan foto yang terhapus di WA. Untuk melakukan ini, kamu membutuhkan laptop atau komputer dan juga card reader.

  1. Unduh aplikasi Recuva di laptop atau komputer kamu
  2. Jalankan aplikasi Recuva
  3. Lepaskan kartu MicroSD dari ponsel, lalu pasangkan di card reader dan sambungkan ke laptop atau komputer
  4. Di aplikasi Recuva, pilih opsi In a Specific Location dan tentukan lokasi MicroSD yang tersambung
  5. Kemudian, pilih file yang kamu perlukan. Setelah itu tekan tombol Recover dan tunggu proses pemulihannya.

4. Gunakan Google Drive

Salah satu fitur yang cukup menarik dari WhatsApp adalah bisa mencadangkan berbagai file multimedia seperti foto, video, ataupun teks secara otomatis yang bisa diakses langsung dari gadget milikmu. Nah, dengan adanya fitur cadangan ini, kamu bisa memulihkan foto yang sudah terhapus di WhatsApp.

Untuk menggunakan cara ini, pastikan terlebih dahulu WhatsApp di ponsel Android kamu sudah tersambung dengan Google Drive, sehingga kamu bisa mengembalikan foto yang terhapus di ponsel Android seperti HP Xiaomi dan lainnya. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Gunakan laptop atau komputer dan buka akun Google Drive yang sama dengan akun yang ada di ponsel kamu
  2. Masuk ke menu Trash atau Sampah. Dalam menu ini kamu bisa menemukan file yang tidak sengaja terhapus dari WhatsApp
  3. Setelah itu, tekan tombol Pulihkan atau Recover dan tunggu sampai proses selesai

5. Pakai Aplikasi WhatsRemoved+

Apabila beberapa cara di atas tidak berhasil, kamu bisa mencoba aplikasi WhatsRemoved+ yang bisa kamu unduh gratis di Play Store. WhatsRemoved bekerja dengan cara memantau notifikasi setiap pesan yang terkirim.

Oleh karena itu, selain mengembalikan foto yang terhapus aplikasi ini juga bisa membantu membaca pesan yang sudah dihapus di WhatsApp dengan memunculkan notifikasi.

  1. Unduh dan install WhatsRemoved+ di Play Store
  2. Buka aplikasi dan pilih metode pengambilan pesan yang diinginkan dan berikan izin yang diperlukan, seperti izin mengakses galeri.
  3. Kemudian centang kotak WhatsApp, lalu ketuk Next dan pilih Ya untuk melihat media yang dihapus. Izinkan aplikasi ini untuk mengakses file ponsel kamu
  4. Setelah itu, buka tab WhatsApp. Di sana akan ada file-file media yang sudah dihapus, pilih yang kamu inginkan untuk dipulihkan.

Kesimpulan

Itulah penjelasan dari Teknatekno mengenai beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di HP yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan gratis. Kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk menggunakan aplikasi berbayar atau untuk membayar jasa servis ponsel.

Tentu sangat disarankan untuk melakukan backup atau pencadangan pada file-file yang ada di ponsel kamu guna menghindari hal ini terjadi lagi di kemudian hari.

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like