Jenis GPU yang Berkualitas untuk Smartphone

Teknatekno.com – Seiring berkembangnya teknologi, penggunaan jenis GPU tidak hanya pada pada perangkat laptop atau komputer modern saja. Namun, hardware ini juga sudah digunakan pada ponsel pintar.

Hampir seluruh produk smartphone masa kini sudah menggunakan berbagai jenis GPU, yang membuat kinerjanya semakin canggih dan mampu menampilkan serta mengoperasikan aplikasi dengan display 3D.

Tampilan gambar dan video yang ditawarkan juga sudah sangat smooth dan nyaman dipandang mata. Fungsi dari GPU pada smartphone tidak jauh berbeda dengan VGA card yang kita kenal pada Personal Computer (PC).

Saat ingin membeli sebuah smartphone ada baiknya kita juga mempertimbangkan mengenai spesifikasi serta jenis GPU yang dipakai oleh smartphone tersebut.

GPU yang baik akan membantu kerja prosesor dalam mengolah dan menampilkan data-data grafis. Semakin tinggi kualitas GPU yang digunakan pada sebuah smartphone, maka semakin bagus pula smartphone tersebut dalam menjalankan berbagai aplikasi atau game dengan tampilan grafis yang tinggi.

Nah, kali ini Teknatekno akan membahas tentang beberapa jenis GPU yang banyak disematkan pada produk smartphone. Simak dibawah ini.

Jenis-Jenis GPU Pada Smartphone

Berikut ini beberapa macam jenis GPU yang sering dipakai di smartphone:

Jenis-Jenis GPU Pada Smartphone

1. Jenis PowerVR

PowerVR merupakan jenis GPU yang paling banyak dijumpai di perangkat Apple seperti iPod dan iPhone. Salah satu produk terbaru dari PowerVR yaitu G6430, yang saat ini telah terpasang di iPhone 5S.

Tingkatan produk PowerVR dari terendah hingga tercepat PowerVR SGX535 (iPhone 3GS), PowerVR SGX543MP2 (iPhone 4S), PowerVR SGX543MP3 (iPhone 5/5C), PowerVR G6430 (iPhone 5S).

Namun untuk produk iPhone yang terbaru sudah tidak dibekali dengan teknologi ini, contohnya seperti iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7, dan iPhone 7 Plus.

2. Jenis Adreno

Adreno merupakan jenis graphic perfomance unit yang dikembangkan oleh AMD yang merupakan anagram dari Radeon (produk GPU dari ATI).

Produk Adreno dari terendah hingga tercepat Adreno 200, Adreno 203, Adreno 205, Adreno 220, Adreno 225, Adreno 230, Adreno 302, Adreno 305, Adreno 320, Adreno 330, Adreno 420, untuk sementara ini yang diketahui yang sudah dibekali teknologi tersebut yaitu Xiaomi Mi Note Pro dan HTC One M9 Prime.

3. Jenis GPU Mali

Mali yaitu jenis graphic perfomance unit yang dilahirkan perusahaan ARM. Saat ini versi GPU Mali yang tercepat yaitu Mali T-720, namun hingga saat ini masih sedikit perangkat yang berjalan dengan menggunakan GPU ini.

Tingkatan produk Mali dari terendah hingga tercepat Mali 400MP, Mali 450MP, Mali T628MP6 dan Mali T760, salah satu produk dari samsung yang sudah menerapkan teknologi ini yaitu Samsung Galaxy S6.

4. Jenis GPU Tegra

Tegra merupakan jenis GPU yang pertama kali dikenalkan pada tahun 2008, GPU ini pertama kali dibekalkan pada media player Zune HD, namun sayangnya Zune HD tidak memiliki App Store sendiri sehingga tidak begitu besar dampaknya di pasaran.

Namun pada tahun 2010 teknologi ini diumumkan dan dipasarkan diberbagai vendor terkenal seperti Samsung, Acer dan lainnya.

Hal ini dibuktikan dengan hadirnya Galaxy Tab 10.1 dan Acer Tab A200 yang menerapkan teknologi Tegra 2 dalam urusan tampilannya, menurut survey Tegra ini sendiri juga merupakan salah satu dari beberapa SoC terkenal dan tercepat di seluruh penjuru dunia.

Urutan Tegra dari yang terendah sampai tercepat yaitu Tegra 2, Tegra 3, Tegra 4i, dan Tegra K1 (Soc tercepat di Dunia). Untuk Tegra K1 memang di desain memecahkan rekor dunia, namun hingga saat ini belum diketahui keberadaan smartphone yang menggunakan Tegra K1 ini.

Kebanyakan vendor terkenal seperti Samsung, iPhone, Asus, dan yang lainnya masih belum berani untuk menggunakan teknologi tersebut karena terlalu kencang.

5. Jenis VideoCore Broadcome

VideoCore Broadcome merupakan jenis GPU yang membutuhkan konsumsi daya rendah keluaran dari produsen teknologi Broadcome. Saat ini VideoCore Broadcome dikembangkan oleh pihak Alphamosaic Ltd. VideoCore Broadcame menggunakan arsitektur DSP dual dimensi yang membuatnya lebih fleksibel dan efisien.

Penutup

Nah, demikianlah pembahasan dari Teknatekno mengenai jenis-jenis GPU yang banyak di sematkan pada produk smartphone. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button