Apa itu Kusama (KSM), Token Crypto yang Berproses di Polkadot (DOT)

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Pernahkah kamu mendengar aset crypto bernama Kusama (KSM)? Mungkin bagi investor pemula akan bertanya apa itu Kusama (KSM)?

Untuk menjawab rasa penasaran kamu tentang aset crypto yang satu ini, yuk simak penjelasan dari Teknatekno berikut ini agar wawasan kamu tentang cryptocurrency semakin bertambah.

Mengenal Apa itu Kusama (KSM)

Jadi, apa itu Kusama (KSM)? Kusama adalah platform blockchain eksperimental yang dirancang untuk menyediakan framework yang dapat dioperasikan secara besar-besaran dan scalable bagi para developer dalam membangun aplikasi terdesentralisasi.

Sebuah proyek dapat menggunakan Kusama sebagai platform live test-net sebelum digunakan di Polkadot (DOT). Kusama dibangun di atas Substrat, yakni sebuah building kit blockchain yang dibangun di atas Polkadot. Inilah sebabnya, Kusama memiliki codebase yang mirip dengan Polkadot.

Kusama memungkinkan adanya pembuatan dua jenis blockchain, yaitu relay chain dan parachain. Relay chain adalah blockchain utama Kusama tempat seluruh transaksi diselesaikan.

Sementara parachain adalah blockchain khusus proyek yang digunakan sebagai tempat pembuatan aplikasi tertentu. Token KSM digunakan pada platform Kusama untuk 4 tujuan utama, yaitu memvalidasi transaksi, nominasi, bonding, dan voting.

Mengenal Apa itu Kusama (KSM)

Pendiri Kusama (KSM)

Kusama diciptakan oleh tim Polkadot pada tahun 2016, yaitu Dr Gavin Wood, Peter Czaban, dan Robert Habermeier. Wood adalah seorang ilmuwan komputer, programer terkenal di dunia, sekaligus founder dari Parity Technologies. Tak hanya itu, Wood juga ikut dalam mendirikan Ethereum.

Setelah itu, mulai bulan Juli 2019 dan seterusnya, siapa pun dapat mengklaim KSM jika mereka memegang token indikator DOT pada saat blok genesis Kusama,

Penjualan token untuk Polkadot (dan dengan demikian Kusama) ditangani oleh Web3 Foundation dan Gavin Wood adalah presidennya.

Kusama dinlis oleh Web3 sebelum DOT, dibuka dengan harga $1,71 pada bulan Desember 2019, Distribusi Kusama cocok dengan distribusi Polkadot.

Pengguna yang memenuhi syarat yang telah membeli DOT selama pra-penjualan dapat mengklaim jumlah Kusama yang sama. 19s dari KSM dicadangkan oleh tim untuk insentif masa depan di jaringan KSM.

Cara Kerja Kusama (KSM)

Kusama adalah saudara dari Polkadot dan meniru banyak fitur desain utama dari jaringan Polkadot. Misalnya, Kusama menggunakan dua jenis blockchain untuk memproses transaksi dan menangani aktivitas jaringan.

Jaringan utama disebut Relay Chain, di mana validator dipertaruhkan. Relay Chain memiliki fungsionalitas minimal dan bertanggung jawab untuk mengoordinasikan sistem secara keseluruhan.

Ada juga jaringan yang dibuat pengguna yang disebut Parachains-yang masing-masing dapat memiliki arsitektur, fitur, dan kasus penggunaan yang berbeda tergantung pada proyek yang menggunakan masing-masing,

Apa yang Membuat Kusama (KSM) Unik?

Kusama berfungsi sebagai testnet “Canary” yang unik untuk Polkadot. Sebagian besar ekosistem blockchain hanya menggunakan testnet untuk mengembangkan aplikasi dan proyek terdesentralisasi (dApps).

Dengan menggunakan jaringan blockchain langsung, Kusama mampu memberikan pasar kerja dan kondisi testnet yang tidak dapat dilakukan oleh rantai lain. Kusama juga memanfaatkan parameter tata kelola yang dimodifikasi yang memungkinkannya beroperasi hingga empat kali lebih cepat daripada Polkadot

Fitur lain dari Kusama adalah penggunaan dua blockchain, jaringan utama dan jaringan yang dibuat pengguna (Parachains). Parachains cukup unik dan memungkinkan pengguna untuk menjalankan blockchain layer-1 yang terpisah bersamaan dengan jaringan Kusama.

Mampu menjalankan layer-1 unik yang terikat pada Relay Chain tidak hanya memastikan keamanan Parachains tetapi juga sangat meningkatkan skalabilitas dan interoperabilitas jaringan Kusama.

Apa Saja Keuntungan yang Diberikan Kusama (KSM)?

Kusama menggambarkan dirinya sebagai canary network. Canary network sendiri adalah sebuah proyek yang bergerak cepat dan mendapatkan akses ke jaringan sharded yang sangat scalable serta dapat dioperasikan dengan fitur yang belum tersedia di Polkadot.

Platform ini dibangun di atas multichain yang beroperasi pada sistem nominated proof-of-stake (NPoS). Sistem tersebut memungkinkan Kusama untuk berkomunikasi dengan parachain lain di Kusama Network.

Kusama Network menghubungkan berbagai parachain serta aplikasi, seperti gim dan eSports, messaging, DAO, jejaring sosial, dan masih banyak lainnya. Kusama memberikan 4 manfaat utama bagi pengembang, yaitu:

  • Inovasi :  Jaringan menempatkan teknologi terbaru dari Web3 Foundation.
  • Skalabilitas : Infrastruktur yang terukur dan future proof disediakan untuk bisnis.
  • Interoperabilitas : Beberapa blockchain dikumpulkan ke dalam jaringan bersama dan dapat saling berinteraksi satu sama lain.
  • Kustomisasi : Pengembang dapat membangun blockchain khusus aplikasi mereka sendiri dan menghubungkannya ke Kusama.

Apa Risiko Kusama (KSM)?

Berikut ini beberapa risiko yang diberikan Kusama (KSM):

  • Kusama, seperti Polkadot, menghadapi persaingan yang kuat dalam hal menemukan tempatnya di antara smart contract dan proyek blockchain Proof-of-Stake lainnya.
  • Keterbatasan parachain dapat menjadi tantangan bagi para pengembang. Meskipun arsitektur parachain memiliki penskalaan yang unggul, penerapannya harus diluncurkan di Polkadot.

Token KSM

Cryptocurrency asli jaringan Kusama yaitu KSM, bukan token ERC20 karena Kusama menggunakan teknologi blockchainnya sendiri untuk mengelola jaringan. Kusama memiliki token sendiri karena beberapa alasan, yaitu:

  • Digunakan untuk tata kelola jaringan
  • Dipertaruhkan untuk pengoperasian jaringan
  • Diikat untuk menghubungkan rantai ke Kusama sebagai parachain
  • Sebagai token utilitas bagi pengguna jaringan.

Harga Token KSM

Harga koin kripto KSM hari ini (7/6/2022) berada di angka $67,45 per keping. Kusama (KSM) berada di peningkat ke-77 dari segi nilai kapitalisasi pasar atau market cap dengan jumlah $1 miliar. Perlu diingat, prediksi harga koin Kusama (KSM) dan market cap Kusama (KSM) dapat berubah seiring pergerakan pasar kripto (crypto market).

Kesimpulan

Kusama adalah platform blockchain eksperimental yang dirancang untuk menyediakan framework yang dapat dioperasikan secara besar-besaran dan scalable bagi para developer dalam membangun aplikasi terdesentralisasi.

Kusama menggambarkan dirinya sebagai canary network. Canary network sendiri adalah sebuah proyek yang bergerak cepat dan mendapatkan akses ke jaringan sharded yang sangat scalable serta dapat dioperasikan dengan fitur yang belum tersedia di Polkadot.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button