Pengertian Bluzelle (BLZ), Cara Kerja dan Prediksi Harga

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kamu tahu apa itu Bluzelle (BLZ) dalam cryptocurrency? Bluzelle (BLZ) adalah aset crypto dengan kapitalisasi pasar sebesar Rp 681,352,317,726.

Saat artikel ini ditulis, Bluzelle (BLZ) menempati urutan 463 dalam ranking mata uang crypto secara global dengan volume jual beli harian sebesar Rp 254,112,773,504.

Lantas, sebenarnya apa itu Bluzelle (BLZ)? Berapa harga token $BLZ saat ini? Lebih jelasnya mari simak penjelasan dari Teknatekno dibawah ini.

Apa itu Bluzelle (BLZ)?

Bluzelle adalah ekosistem terdesentralisasi berbasis blockchain yang berfungsi sebagai layanan data yang bisa diskalakan untuk pengguna di seluruh dunia. Tujuan utama proyek Bluzelle adalah untuk menawarkan penyimpanan data dan alat manajemen, sumber daya, dan kemampuan teknis.

Bluzelle membantu masa depan Internet terdesentralisasi dengan memungkinkan pengguna mengembangkan basis data sesuai permintaan yang bisa diskalakan untuk aplikasi terdesentralisasi.

Proyek Bluzelle bermaksud untuk menentukan standar baru untuk internet terdesentralisasi, mengantisipasi bahwa infrastruktur terpusat tidak akan memiliki kapasitas yang diperlukan untuk melayani web terdesentralisasi baru yang sekarang sedang dikembangkan.

Ekosistem Bluzelle adalah lapisan terdesentralisasi di mana pengguna bisa menyimpan dan memanfaatkan data untuk Decentralized Application (DApp) tanpa sensor dan dengan skalabilitas optimal.

Apa itu Bluzelle (BLZ)

Karena kenyataan bahwa sebagian besar pengaturan blockchain kontrak pintar memiliki masalah skalabilitas, inisiatif seperti Bluzelle memiliki potensi untuk memiliki perkembangan yang signifikan di masa depan web terdesentralisasi.

Bluzelle dibuat menggunakan Cosmos SDK dan didasarkan pada teknologi Toleransi Bizantium Bizantium Tendermint.

Perangkat lunak Bluzelle dan proses konsensus bekerja sama untuk membuatnya kompatibel lintas platform. Proyek ini bahkan menyediakan hosting web dengan arsitektur terdesentralisasi di testnet Bluzelle.

Dengan kata lain, Bluzelle bisa dianggap sebagai versi Airbnb yang terdesentralisasi untuk pengguna basis data. Tidak mungkin satu entitas mengendalikan Bluzelle karena sifatnya yang terdesentralisasi.

Sebaliknya, sistem Bluzelle bergantung pada anggota jaringan untuk berbagi penyimpanan redundan mereka dengan pengguna lain, yang kemudian menyewakan penyimpanan itu untuk data mereka.

Token BLZ, mata uang asli jaringan, digunakan untuk memberi kompensasi kepada pengguna yang memilih untuk membagikan formulir penyimpanan mereka dengan pengguna lain.

Cara Kerja Bluzelle (BLZ)

Dalam hal penyimpanan data untuk aplikasi terdesentralisasi, Bluzelle adalah lapisan basis data terdesentralisasi yang didorong oleh teknologi BFT dan Cosmos yang menawarkan skalabilitas dan kebebasan dari sensor.

DApps umumnya menuntut sejumlah besar ruang penyimpanan, yang merupakan tantangan umum bagi banyak sistem blockchain yang menampungnya.

Pada dasarnya, Bluzelle adalah pasar peer-to-peer untuk penyimpanan database yang menghubungkan pengguna yang ingin menyewa penyimpanan dengan pengguna yang membutuhkan ruang penyimpanan tambahan, dengan keamanan maksimum dan kapasitas besar untuk skalabilitas.

Mereka yang berbagi penyimpanan diberi kompensasi dalam bentuk BLZ, token asli jaringan yang awalnya dikenal sebagai BNT, untuk ruang penyimpanan yang berlebihan, sementara pengguna bisa membayar biaya yang wajar untuk menggunakan penyimpanan basis data Bluzelle.

Karena biaya gas yang tinggi dan kemacetan di Ethereum, koin BLZ asli hanya digunakan di dalam blockchain Bluzelle. Namun, jaringan Bluzelle terhubung ke Ethereum melalui token ERC-20 BLZ yang bisa dipasarkan secara eksternal.

Mereka yang berada di jaringan Bluzelle bisa menggunakan jembatan Bluzelle untuk mengubah ERC-20 BLZ yang mereka beli dari pertukaran eksternal menjadi BLZ asli yang bisa mereka gunakan di jaringan Bluzelle. Sebaliknya juga dimungkinkan dalam hal konversi.

Node, atau “Swarms,” ​​adalah dasar dari ekosistem Bluzelle. Dasar dari setiap jaringan adalah sekumpulan node jaringan. Jaringan menggunakan sharding untuk memfasilitasi skala, sehingga data dibagi menjadi shard dan tersebar di antara Swarm setiap kali diunggah ke jaringan.

Sejarah dan Pendiri Bluzelle (BLZ)

Sejarah dan Pendiri Bluzelle (BLZ)

Bluzelle awalnya dibentuk pada tahun 2014 oleh Neeraj Murarka dan Pavel Bains dengan nama bisnis “Bluzelle”. Pada awalnya, Bluzelle fokus membangun aplikasi blockchain untuk bank. Bluzelle kemudian memodifikasi model operasinya pada tahun 2017.

Bluzelle merancang lapisan penyimpanan basis data untuk pengembang dan perusahaan dApp untuk menyimpan data penting mereka setelah melihat meningkatnya kebutuhan akan solusi penyimpanan terdesentralisasi.

Sejak 2018, Bluzelle telah berbasis di Singapura dengan jangkauan di seluruh dunia sebagai solusi penyimpanan untuk perusahaan dan pengembang dApp.

Apa yang Membuat Bluzelle Unik?

Filecoin dan Siacoin, dua inisiatif berbasis blockchain lainnya, memiliki kasus penggunaan yang sebanding dengan Bluzelle.

Dengan ini dan platform berbasis blockchain lain yang sebanding, Bluzelle berharap bisa menetapkan standar baru untuk internet terdesentralisasi, yang disebut Web 3.0, yang sedang dalam proses pembentukan.

Bluzelle testnet menyediakan hosting web terdesentralisasi serta platform penyimpanan database terdesentralisasi dengan pasar P2P.

Fitur ini membuat Bluzelle unik di antara proyek-proyek yang sebanding karena Bluzelle testnet memberikan URL seumur hidup yang tidak bisa dimatikan seperti alamat URL biasa yang bisa kamu beli dari perusahaan hosting web terpusat.

Apa yang Spesial dari Bluzelle?

Nilai Bluzelle berasal dari kemampuan teknis, teknologi, inovasi, dan kepraktisannya. Harga pasar BLZ seringkali tidak mencerminkan nilai dasarnya karena volatilitas di pasar cryptocurrency. Harga Bluzelle dan harga cryptocurrency lainnya di pasar bisa berfluktuasi secara signifikan dalam waktu yang sangat singkat.

Aktivitas staf pengembangan Bluzelle juga dihargai atau disusutkan. Komponen utama lainnya seperti peningkatan dan pembaruan, fitur baru, inovasi, dan berita bagus, juga menawarkan nilai Bluzelle. Penggunaan arus utama dan investor institusional adalah indikasi nilai lain untuk Bluzelle dan aset kripto lainnya.

Harga Token BLZ

Harga Token BLZ

Pada saat artikel ini ditulis, harga token $BLZ (17/6) adalah Rp 1.362,70 IDR dengan volume perdagangan 24 jam sebesar Rp 253.951.559.189 IDR. Bluzelle turun 14,39 dalam 24 jam terakhir.

Peringkat di bursa teratas saat ini adalah #463, dengan kap pasar sebesar Rp 446.141.161.829 IDR. Terjadi peredaran suplai sebesar 327.393.883 BLZ koin dan maksimal suplai tidak tersedia.

Jumlah Koin Bluzelle (BLZ) yang Beredar

Saat ini ada 327.393.883 BLZ yang beredar. Bluzelle memiliki jumlah koin BLZ yang terbatas, yang menyiratkan bahwa tidak ada lagi BLZ yang harus dibuat setelah seluruh persediaan dihabiskan. Sebagai mekanisme anti-inflasi, pasokan yang terbatas berfungsi sebagai kendala permintaan.

Jumlah koin BLZ yang beredar dikalikan dengan harga Bluzelle saat ini di pasar setara dengan kapitalisasi pasar. Pangsa pasar cryptocurrency dihitung berdasarkan kapitalisasi pasarnya.

Data Teknis Koin Bluzelle (BLZ)

Karena kemampuan skalabilitas jaringan Bluzelle, pengembang dApp dan pengguna korporat bisa dengan aman menyimpan dan mengakses data dan sumber daya komputasi mereka. Alih-alih mengandalkan node individu, Bluzelle menggunakan arsitektur terdistribusi yang disebut Swarms secara ekstensif.

Metaswarms tunggal dan metaswarm tervirtualisasi adalah dua jenis swarm yang bisa ditemukan. Yang pertama adalah pengidentifikasi untuk keseluruhan kerangka kawanan dan kelompok yang membentuk kerangka kerja tersebut.

Yang terakhir menampilkan kawanan daun individu yang membentuk sistem total sebagai koloni kawanan daun. Setiap gerombolan bertanggung jawab atas kumpulan data independen, sehingga mencapai skalabilitas.

Bagaimana Jaringan Bluzelle Diamankan?

Sistem Bluzelle diamankan melalui penggunaan Proof of Stake dan mesin konsensus BFT Tendermint, yang ditenagai oleh Cosmos.

Bluzelle mendistribusikan data yang diunggah ke jaringan dan mengubahnya menjadi pecahan, itulah sebabnya data tidak bisa dikompromikan secara keseluruhan bahkan jika ada pelanggaran keamanan.

Validator bertanggung jawab untuk memvalidasi blok dan transaksi sambil diberi penghargaan atas partisipasi mereka. Data yang diunggah juga diamankan melalui replikasi. Setelah direplikasi, file tidak akan pernah hilang dan pemilik data tersebut bisa mengaksesnya setiap saat.

Cara Menggunakan Bluzelle

Bluzelle digunakan sebagai lapisan penyimpanan data terdesentralisasi untuk perusahaan dan pengembang dApp yang membutuhkan ruang penyimpanan ekstra untuk data dan file sensitif dan penting. Bluzelle juga menawarkan layanan hosting web melalui lingkungan terdesentralisasi dari testnet-nya.

Kasus penggunaan utamanya adalah menyediakan ruang penyimpanan data yang aman dan terjamin dan pasar P2P di mana pengguna bisa menyewa ruang penyimpanan yang berlebihan dan daya komputasi yang disediakan oleh pengguna lain.

BLZ bisa digunakan untuk memberi penghargaan kepada peserta jaringan dan memberikan kompensasi bagi penyewa, sementara itu juga bisa diperdagangkan di pasar cryptocurrency langsung.

Trader bisa memperoleh keuntungan berdasarkan selisih antara harga beli dan harga jual. BLZ adalah token asli dari jaringan Bluzelle, jadi ini juga merupakan metode pembayaran utama di platform.

Cara Memilih Dompet Bluzelle

Cara Memilih Dompet Bluzelle

Bluzelle menampilkan skema token ganda yang menggabungkan BLZ asli dan ERC-20 BLZ. BLZ asli secara eksklusif untuk digunakan pada blockchain Bluzelle sendiri dan bisa disimpan dan dipertaruhkan di dompet seluler Frontier setelah bekerja sama dengan Bluzelle.

Token eksternal ERC-20 BLZ digunakan untuk berdagang di bursa dan bisa disimpan di dompet Ethereum apa pun yang kompatibel dengan protokol. Banyak yang akan ditentukan oleh stok BLZ kamu saat ini dan rencana masa depan kamu untuk itu.

Cara paling aman untuk menyimpan dan mencadangkan cryptocurrency adalah menggunakan dompet perangkat keras seperti Ledger atau Trezor, yang dikenal sebagai dompet dingin. Mereka, di sisi lain, mungkin memerlukan tingkat keahlian teknis yang lebih tinggi dan menjadi alternatif yang lebih mahal.

Akibatnya, pengguna yang lebih berpengalaman mungkin menemukan bahwa mereka bisa menyimpan BLZ dalam jumlah yang lebih besar di dompet ini.

Dompet perangkat lunak seperti Atomic memberikan pilihan lain dan gratis serta mudah digunakan. Mereka tersedia untuk diunduh sebagai aplikasi smartphone atau desktop dan mungkin bersifat kustodian atau non-penahanan.

Dompet kustodian memungkinkan kamu untuk menyerahkan kendali atas kunci pribadi kamu kepada penyedia layanan, yang akan menyimpan dan memeliharanya atas nama kamu. Dompet non-penahanan memanfaatkan fitur aman di perangkat kamu untuk menyimpan kunci pribadi.

Meskipun berguna, mereka dipandang kurang aman daripada dompet perangkat keras dan mungkin lebih cocok untuk jumlah BLZ yang lebih sedikit atau lebih banyak pengguna pemula.

Selain gratis dan mudah digunakan, dompet web bisa diakses melalui browser web di berbagai perangkat yang berbeda. Namun, mereka dianggap sebagai “dompet panas” dan mungkin kurang aman dibandingkan alternatif berdasarkan perangkat keras atau perangkat lunak.

BLZ kamu berada di tangan yang tepat dengan bisnis yang mapan dengan reputasi yang kuat untuk keamanan dan penjagaan. Akibatnya, mereka paling cocok untuk mereka yang hanya ingin menyimpan cryptocurrency dalam jumlah terbatas, atau yang sering berdagang.

Kamu bisa menyimpan dan menukar token BLZ dengan aman menggunakan layanan penyimpanan aman Kriptomat. Dengan Kriptomat, kamu mendapatkan keamanan tingkat perusahaan dan fungsionalitas yang mudah digunakan saat menyimpan BLZ kamu.

Membeli dan menjual BLZ, atau memperdagangkannya dengan mata uang kripto lainnya, dilakukan hanya dalam hitungan detik saat kamu menggunakan platform aman kami sebagai opsi penyimpanan kamu.

Bluzelle Proof of Stake

Dalam hal skalabilitas, Bluzelle menggunakan Proof of Stake dalam kombinasi dengan BFT dan sharding. Dibandingkan dengan jaringan blockchain Proof-of-Work, jaringan Proof of Stake dikenal lebih efisien dan lebih murah untuk dioperasikan.

Sharding dan Bluzelle bekerja sama untuk memaksimalkan keamanan jaringan dan data sambil mengembangkan jaringan ke tingkat yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Bluzelle adalah ekosistem berbasis blockchain terdesentralisasi yang bertindak sebagai layanan data yang dapat diskalakan. Tujuan utama dari proyek Bluzelle adalah untuk menyediakan alat, sumber daya, dan kemampuan teknis untuk menyimpan dan mengelola data.

Sejak 2018, Bluzelle telah berbasis di Singapura dengan jangkauan di seluruh dunia sebagai solusi penyimpanan untuk perusahaan dan pengembang dApp.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button