Apa itu Website? Pengertian, Jenis dan Manfaat Website

Teknatekno.com – Sebagian dari kita, pasti banyak yang memanfaatkan website setiap harinya. Namun jika ditanya apa itu website, mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya.

Dengan website, kita bisa berselancar didunia maya untuk mencari informasi yang kita butuhkan setiap harinya. Ada banyak sekali jenis website yang tersedia saat ini. Apa saja itu?

Untuk mengetahui lebih jelas seputar apa itu website, Teknatekno sudah merangkum penjelasan mengenai pengertian website, fungsinya, jenis-jenisnya, sampai dengan contoh website yang perlu kamu ketahui. Simak penjelasan dibawah ini.

Mengenal Apa itu Website

Mengenal Apa itu Website

Apa itu website? Pengertian website adalah suatu dokumen berupa kumpulan halaman web yang terhubung, dan isinya mencakup berbagai jenis informasi seperti teks, suara, foto, video, dan lain-lain, yang semuanya disimpan di server hosting.

Untuk mengakses sebuah website, pengguna harus memiliki perangkat yang terhubung dengan internet atau intranet (komputer, smartphone).

Website atau halaman web biasanya adalah dokumen dalam format Hyper Text Markup Language (HTML) yang dapat dilihat melalui HTTP atau HTTPS, sebuah protokol yang mengkomunikasikan informasi yang berbeda dari server website kepada konsumen melalui browser web.

Sebuah website mempunyai alamat URL yang unik dan berbeda yang disebut dengan domain. Misalnya domain Teknatekno.com, Google.com, Facebook.com, dan lain-lain. Browser dan koneksi internet diperlukan untuk melihat website. Namun, ada beberapa website yang dapat dilihat melalui jaringan lokal (LAN).

Pengertian Website Menurut Para Ahli

Untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa itu website, yuk simak pendapat para ahli tentang apa itu website. Berikut pengertian website menurut pendapat para ahli:

1. Sibero

Menurut Sibero, website adalah sistem terkait dokumen yang digunakan sebagai media untuk menampilkan teks, foto, video, dan konten lainnya di jaringan internet.

2. Hidayat

Menurut hidayat, website adalah halaman web lengkap yang bertempat di domain yang membawa informasi. Sebuah website sering terdiri dari beberapa halaman web yang terhubung.

3. Yuhefizar

Menurut Yuhefizar, website adalah seluruh halaman yang menyediakan informasi tentang sebuah domain. Sebuah website sering terdiri dari beberapa halaman web yang terhubung.

4. Gregorius

Menurut Gregorius, website adalah adalah kumpulan halaman web yang terhubung dan file yang menyertainya. Web terdiri dari halaman, dan kumpulan halaman dikenal sebagai beranda.

5. Hakim Lukmanul

Menurut Hakim Lukmanul, website adalah fasilitas online yang menghubungkan banyak dokumen baik secara lokal maupun jarak jauh. Halaman web adalah dokumen di website, dan hyperlink memungkinkan pengunjung untuk melakukan perjalanan dari satu halaman ke halaman lain.

Apa Saja Fungsi Website

Apa Saja Fungsi Website?

Fungsi website biasanya ditentukan oleh jenis websitenya. Berikut penjelasannya:

1. Media Hiburan

Beberapa website dengan komedi, dongeng, gosip, dan video dirancang untuk alasan hiburan. Tujuan website ini adalah untuk menghasilkan materi yang akan menghibur penggunanya.

Bisa kita perhatikan, Youtube adalah salah satu website media hiburan yang paling menonjol saat ini. Kita semua tahu bahwa konten yang terdapat di YouTube memberikan kesenangan besar bagi pemirsanya.

2. Media Informasi

Salah satu tugas terpenting dari website adalah sebagai media informasi. Sejumlah besar website dibangun dengan tujuan memberikan informasi yang bermanfaat.

Sudah menjadi kebiasaan bagi banyak individu untuk menggunakan website sebagai sumber informasi atau referensi. Secara umum, pengguna akan menggunakan Google untuk mencari informasi apa pun yang mereka butuhkan.

Google kemudian menyajikan semua website yang memiliki informasi terkait dengan frasa yang diminta. Semua yang ditampilkan Google adalah website, baik itu website berita, blog pribadi, perusahaan, atau media sosial.

3. Media Komunikasi dan Sosial

Kamu mungkin termasuk salah satu pengguna aktif platform media sosial seperti Facebook, Instagram, maupun Twitter. Platform media sosial ini berawal dari sebuah website sebelum berkembang menjadi sebuah aplikasi.

Tujuannya adalah untuk memudahkan individu untuk berbagi, berkomunikasi, dan terhubung satu sama lain. Kita dapat dengan mudah berbagi informasi, foto, video, aktivitas sehari-hari, dan banyak lagi melalui media sosial.

4. Media Jual Beli

Fungsi dari website e-commerce yaitu sebagai media jual beli. Orang dapat berbelanja lebih mudah dengan bantuan website e-commerce.

Sebelumnya, jika kita ingin membeli sesuatu, kita harus langsung ke toko. Website memungkinkan kamu melakukan pembelian tanpa meninggalkan rumah. Untuk melakukan transaksi, kamu hanya membutuhkan smartphone dan akses internet.

5. Media Belajar

Fungsi ini hampir identik dengan media informasi. Sedangkan media pembelajaran lebih menitikberatkan pada pendidikan. Fungsi ini mencakup website yang memberikan informasi pendidikan dan kursus online. Ruangguru, Quipper, Zenius, dan lainnya adalah beberapa contohnya.

Jenis-Jenis Website

Apa Saja Jenis-Jenis Website?

Terdapat miliaran jenis website yang tersedia di internet saat ini. Website dapat diklasifikasikan secara umum berdasarkan pada server dan kontennya.

Jenis Website Berdasarkan Server

Berdasarkan servernya, website terbagi menjadi tiga jenis, diantaranya yaitu:

1. Website Statis

Apa itu website statis? Website statis statis adalah website yang tampilannya tidak berbeda dan berubah-ubah (statis). Jika pemilik website ingin mengubah tampilan, ia harus melakukannya secara manual dengan mengubah kode struktur website.

Gaya website statis ini sering berisi setidaknya lima halaman utama yang menjelaskan informasi website. Selain itu, website statis sering kali tidak memungkinkan koneksi langsung antara pemilik atau pengelola website dan pengguna website.

Contoh website statis:

  • Website perusahaan (company profile)
  • Search Engine (Google, Bing)

2. Website Dinamis

Website dinamis adalah jenis website yang dibuat secara khusus untuk menyajikan perubahan konten sesering mungkin. Website dinamis dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik kamu, baik dari segi gaya maupun fungsi.

Website dinamis sering dikembangkan dengan prinsip grafis dan fitur interaksi pengguna yang kuat. Area komentar, fitur obrolan langsung, formulir pendaftaran, dan elemen lainnya dapat ditambahkan ke website dinamis.

Contoh website dinamis:

  • Blog atau website pribadi
  • Situs E-commerce
  • Website Portal
  • Situs Berita
  • Katalog online, dll.

3. Website Interaktif

Website interaktif adalah sejenis website yang digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain secara online. Secara umum, pengguna website interaktif adalah anggota komunitas atau pengguna internet yang terlibat.

Contoh website interaktif:

  • Situs Media sosial
  • Situs forum online
  • Blog

Jenis Website Berdasarkan Konten

Berikut adalah beberapa jenis website berdasarkan kontennya:

1. Website Pribadi

Kamu dapat mengekspresikan diri kamu sepenuhnya dengan membangun website pribadi. Kamu diperbolehkan menaruh apapun di website kamu sendiri, termasuk ocehan, opini publik, karya sastra, catatan perjalanan, dan tulisan lainnya.

Bentuk website pribadi ini, kadang-kadang dikenal sebagai blog, biasanya tidak dibuat untuk keuntungan, namun ada beberapa blog pribadi yang dapat menghasilkan pendapatan. Namun, jika website memiliki informasi yang menarik, itu dapat menghasilkan banyak uang.

2. Website E-Commerce

Website toko online sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat global. Sebagian besar dari kita semua sering membeli di e-commerce.

Website e-commerce menyediakan lokasi untuk membeli dan menjual barang baru dan lama, dari merek terkenal hingga tanpa label sama sekali. Website e-commerce mencakup website apa pun yang memfasilitasi transaksi dan kecocokan antara vendor dan pelanggan.

3. Website Media

Website ini menampilkan berbagai informasi terkini yang dikeluarkan dengan cepat dan benar, artikel opini, temuan penelitian, polling terbaru, dan wawancara dengan orang-orang penting. Iklan seringkali memberikan pemasukan bagi situs media seperti Teknatekno, Detik, Kompas, Tempo dan masih banyak lagi.

4. Website Hiburan

Materi utama website atau blog hiburan mencakup film, video game, musik, komik, berita selebritas, dan hal lain yang dapat menghibur pengunjung.

Website media dan hiburan dapat dibandingkan, terutama dalam hal menawarkan informasi terkini. Perbedaannya adalah bahwa website hiburan mempromosikan kesenangan dan sering kali menyertakan iklan yang ditujukan kepada pengunjung.

5. Website Organisasi

Semua program yang disediakan oleh lembaga atau organisasi yang sesuai tercantum di website organisasi atau lembaga tersebut. Website organisasi mencakup lembaga pendidikan, pemerintah, dan LSM atau nirlaba. Materi yang diberikan tidak hanya untuk pekerja saat ini atau yang akan datang, tetapi juga untuk masyarakat umum.

6. Website Komunitas

Apa itu website komunitas? Website komunitas adalah website yang berisi materi yang dipublikasikan oleh kontributor, baik secara bebas (sebagai bagian dari forum) atau tidak.

Contoh website ini adalah Wikipedia, “wiki” lainnya, dan forum-forum internet. Materi yang dihasilkan akan ditentukan oleh jumlah individu yang berpartisipasi dalam forum.

7. Website Perusahaan

Website perusahaan adalah website yang berisi informasi tentang segala hal yang ingin ditampilkan perusahaan kepada publik. Perbedaan utama antara website perusahaan dan e-commerce adalah bahwa website ini tidak menjual barang secara langsung, melainkan berfungsi sebagai pengenalan produk dan media branding.

Manfaat Website Secara Umum

Manfaat Website Secara Umum

Manfaat website yang paling utama adalah bahwa informasi disebarluaskan ke komunitas yang lebih besar dengan lebih cepat. Internet dan website memainkan peran penting dalam pertukaran informasi, baik secara lokal maupun global.

Berikut ini adalah beberapa manfaat website secara umum:

  1. Sebagai sumber informasi yang lebih nyaman dan lebih cepat untuk didapatkan.
  2. Memudahkan kegiatan promosi bisnis atau pemasaran karena dapat menjangkau banyak orang sekaligus.
  3. Menjadi sarana berkomunikasi bagi orang-orang di seluruh dunia.
  4. Menjadi sarana edukasi bagi masyarakat
  5. Menjadi sarana hiburan yang hemat dan murah

Perbedaan Website dengan Blog

Banyak orang yang masih bingung membedakan antara blog dan website. Selain ketidakpastian, banyak individu yang dilema dengan keputusan apakah akan mengembangkan website atau blog.

  1. Blog adalah semacam website tempat informasi yang dipublikasikan dirilis dalam urutan kronologis dari yang terbaru hingga yang terlama. Blog sering digunakan oleh orang-orang yang ingin berbagi materi pribadi dan melibatkan pengunjung dengan memasukkan area komentar. Namun, ada sejumlah blog yang menampilkan informasi non-pribadi atau terintegrasi dengan website lain.
  2. Website adalah tempat penyimpanan materi blog. Jenis website lain menyediakan materi sesuai dengan visi pemiliknya, sementara blog menerbitkan barang dalam urutan kronologis. Sebuah blog dapat diidentifikasi sebagai sebuah website. Sebuah blog dapat menjadi komponen dari sebuah website. Namun, tidak semua website adalah blog. CMS dapat digunakan untuk menghasilkan blog dan website.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa website adalah suatu dokumen berupa kumpulan halaman web yang terhubung, dan isinya mencakup berbagai jenis informasi seperti teks, suara, foto, video, dan lain-lain, yang semuanya disimpan di server hosting.

Website berfungsi sebagai media hiburan, media belajar, media informasi dan komunikasi serta media transaksi jual beli. Manfaat website yang paling utama adalah bahwa informasi disebarluaskan ke komunitas yang lebih besar dengan lebih cepat.

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar apa itu website, mulai dari pengertian website, fungsinya, jenis beserta contohnya, dan juga manfaat website secara umum yang perlu kamu ketahui. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kamu seputar website ya.

Related Articles

Back to top button