Pengertian Google My Business, Manfaat dan Cara Menggunakan

Teknatekno.com – Pengertian, fungsi, manfaat, serta cara membuat hingga cara menggunakan Google My Business. Jika kamu pernah melakukan pencarian sebuah lokasi menggunakan layanan Search Engine Google.

Kamu menemukan informasi lengkap, seperti peta lokasi, situs web, alamat, dan nomor telepon, di halaman hasil pencarian Google? Yaitu lokasi yang sudah terdaftar di Google My Business atau Google Bisnisku. Lalu, apa itu sebenarnya Google My Business ini? Yuk, simak arikelnya dibawah ini.

Memahami Pengertian Google My Business

Memahami Pengertian Google My Business

Pengertian Google My Business atau sering dikenal dengan Google Bisnisku adalah salah satu program promosi yang diberikan oleh Google, perusahaan internet terbesar di dunia.

Program ini mendukung banyak produknya untuk mempromosikan bisnis yang berbeda, seperti Google Adwords dan Google Adwords Express yang baru dirilis.

Perbedaannya adalah bahwa Google Bisnisku tersedia secara gratis untuk setiap pemilik bisnis yang ingin bisnisnya dikenal baik di dunia online.

Seperti yang kamu tahu, internet telah berkembang menjadi salah satu alat periklanan yang paling kuat sebagai basis penggunanya tumbuh.

Manfaat lain dari produk ini adalah bebas digunakan dan dapat dimanfaatkan oleh semua jenis bisnis, dari kecil hingga menengah hingga besar.

Google Bisnisku untuk UKM, atau Usaha Kecil Menengah, mudah digunakan, terutama bagi individu yang tidak terbiasa dengan internet. Alasannya karena tidak diperlukan sistem IT yang rumit, seperti situs website yang unik atau ahli untuk mengelolanya.

Fungsi Google My Business

Google Bisnisku memberikan beberapa keuntungan bagi pemilik bisnis. Dimasukkannya elemen-elemen ini bahkan bertujuan untuk memaksimalkan lini bisnis seseorang. Kemampuan tersebut mencakup kemampuan untuk menambahkan bisnis ke Google Bisnisku dan menawarkan informasi mendetail.

Selain itu, Google Bisnisku memungkinkan kamu berbagi informasi terkait bisnis tanpa harus menjelaskannya kepada calon pelanggan baru. Data yang ditawarkan oleh fitur ini akan sangat memudahkan pelanggan untuk memutuskan item apa yang mereka inginkan.

Google Bisnisku juga menawarkan data bisnis dan ruang pelanggan tertentu untuk umpan balik. Pelanggan yang telah memanfaatkan layanan atau komoditas yang kamu berikan dapat memberikan umpan balik di bagian komentar.

Dengan bagian komentar, kamu dapat mempelajari kekurangan bisnis kamu yang perlu diatasi. Google May Business juga dapat digunakan sebagai titik awal untuk riset konsumen. Konsumen juga dapat mengirimkan peringkat yang dapat dilihat oleh pemilik bisnis.

Google Bisnisku dapat digunakan untuk mendapatkan berbagai tugas yang menghasilkan pendapatan bagi pemilik bisnis. Sebenarnya, sebagai pemilik bisnis, kamu dapat menentukan seberapa baik produk atau layanan yang kamu berikan. Jika evaluasi Google Bisnisku sebagian besar negatif, evaluasi tersebut harus ditinjau.

Manfaat Google My Business

Manfaat Google My Business

Apakah kamu masih ragu menggunakan Google Bisnisku untuk membantu bisnis kamu berkembang? Jika iya, berikut ini adalah beberapa manfaat menggunakan Google Bisnisku yang perlu kamu ketahui:

1. Mudah Ditemukan

Salah satu keuntungan yang tak terbantahkan dari Google Bisnisku adalah bahwa perusahaan kamu mudah ditemukan oleh pelanggan. Ketika orang-orang Google bisnis kamu, mereka akan mendapatkan berbagai informasi, termasuk alamat kamu.

Pelanggan dapat menggunakan Google Maps untuk menemukan jalan ke toko kamu langsung dari alamat tersebut. Akun Google Business, menurut Hootsuite, juga membantu kamu meningkatkan SEO kamu.

Ketika konsumen mencari perusahaan kamu di Google, ada kemungkinan besar bahwa itu akan muncul di halaman pertama hasil. Selain itu, Google Bisnisku memiliki layanan analitik yang memungkinkan kamu menilai kinerja bisnis dan mengembangkan pendekatan periklanan terbaik.

2. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Google Bisnisku memungkinkan kamu mendapatkan evaluasi atau umpan balik dari pelanggan. Kepercayaan pelanggan dalam bisnis kamu pasti akan meningkat sebagai hasil dari umpan balik yang dikumpulkan.

Mereka sangat ingin membeli barang atau jasa yang kamu berikan. Karena, menurut studi Think With Google, 88 persen pelanggan memercayai evaluasi internet seperti halnya rekomendasi pribadi.

Semakin banyak ulasan dan peringkat yang kamu dapatkan, semakin besar kemungkinan kamu akan menghasilkan banyak uang di masa depan.

3. Memberikan Informasi Kepada Pelanggan

Di era digital saat ini, banyak pelanggan yang melakukan riset internet sebelum mengunjungi suatu tempat usaha. Nah, Google Bisnisku adalah pilihan ideal untuk memberikan informasi tentang pelanggan sehingga mereka dapat mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan kamu.

Pelanggan tidak akan ragu untuk mengunjungi bisnis kamu jika kamu memberikan informasi yang menyeluruh. Pelanggan, misalnya, mungkin ingin mengunjungi restoran kamu. Dia mencari nama restoran kamu di Google dan menemukan bahwa restoran itu menyajikan berbagai menu dengan harga tertentu.

Selain itu, lokasi dan jam operasi disediakan. Informasi yang tepat ini memungkinkan pelanggan untuk mengenali bisnis kamu sebelum memilih untuk mengunjungi restoran kamu.

Cara Membuat Akun Google Bisnisku

Berikut ini adalah beberapa cara membuat akun Google My Business yang perlu kamu ketahui:

1. Sign In Google My Business

Langkah pertama untuk membuat akun Google My Business adalah melakukan masuk atau sign in menggunakan situs web resmi. Kamu dapat masuk dengan akun Google yang sudah dimiliki atau membuat yang baru.

2. Masukkan Nama Bisnismu

Setelah masuk, ketik nama bisnis kamu yang ingin kamu tampilkan di hasil pencarian Google. Kemudian, putuskan apakah bisnis kamu akan menjadi toko makanan, toko mainan, atau toko pakaian.

3. Tentukan Lokasi

Tulis alamat lengkap bisnis kamu. Alasannya karena lokasi yang kamu berikan akan langsung ditampilkan di Google Maps, sehingga memudahkan pelanggan untuk menemukannya.

4. Isi Informasi Kontak

Masukkan informasi kontak kamu, seperti nomor telepon dan situs web kamu. Jika kamu tidak memiliki situs web, kamu dapat menggunakan halaman Facebook.

5. Kelola Bisnismu

Setelah selesai, klik “Selesai.” Maka yang harus kamu lakukan adalah menjalankan bisnis kamu dengan informasi-informasi data.

Cara Menggunakan Google My Business

Cara Menggunakan Google My Business

Jadi, bagaimana cara menggunakan Google My Business untuk mendapatkan seluruh keuntungan di atas bagi bisnis? Berikut cara melakukanya yang perlu kamu ketahui:

1. Daftar untuk Membuat Akun

Langkah pertama dalam menggunakan Google Bisnisku untuk alasan bisnis adalah membuat akun baru. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi Google Bisnisku gratis untuk perangkat seluler seperti Android dan iOS untuk melihat dan mengubah cantuman di profil bisnis kamu kapan saja dan dari lokasi mana pun.

2. Masukkan Informasi Bisnis dengan Lengkap

Setelah berhasil mendaftar sebagai akun bisnis baru, kamu harus memberikan informasi bisnis penting tertentu. Misalnya, nama bisnis, lokasi bisnis, nomor telepon, dan jam operasional. kamu juga dapat menggunakan gambar tempat kerja sebagai portofolio di halaman pribadi kamu.

3. Verifikasi Akun

Untuk mengaktifkan akun bisnis Google, kamu harus memvalidasinya terlebih dahulu. kamu siap untuk mengautentikasi diri kamu sebagai pemilik bisnis setelah kamu memverifikasi semua informasi bisnis kamu dan memastikan keakuratannya.

Kamu dapat mengonfirmasi keberadaan bisnis kamu melalui email, surat, telepon, atau Google Search Console. Google akan memberi kamu kode verifikasi jika kamu ingin memverifikasi bisnis kamu melalui surat, email, atau telepon.

Masukkan kode verifikasi yang kamu masuk ke halaman Google Bisnisku. Sementara itu, jika kamu memilih untuk memverifikasi bisnis kamu melalui surat, kode verifikasi akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 14 hari.

4. Lakukan Pembaruan Secara Rutin

Meskipun kamu telah menyelesaikan pembuatan profil Google Bisnisku, kamu harus terus meningkatkan operasinya secara rutin. Misalnya dengan terus melakukan update secara berkala.

Jadi, jika jam buka, lokasi, atau spesialisasi bisnis perusahaan kamu berubah, perbarui akun Google Bisnisku segera agar pelanggan mengetahui perubahan tersebut.

Selain menjaga profil, kamu juga harus memantau interaksi dengan pelanggan di area ulasan. Selalu bereaksi terhadap pertanyaan dan umpan balik pengguna.

Dengan berkomunikasi dengan komentar, organisasi kamu juga dapat membantu pelanggan saat ini dan calon pelanggan. Membuat profil bisnis di Google Bisnisku adalah salah satu hal terpenting yang harus dilakukan jika kamu memiliki bisnis.

Alasannya adalah karena alat Google Bisnisku gratis ini akan membantu bisnis kamu dalam berinteraksi dengan audiens target kamu dan memberikan informasi yang bermanfaat kepada pelanggan saat ini dan calon pelanggan di masa mendatang.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa pengertian Google My Business adalah program promosi yang diberikan oleh Google, perusahaan internet terbesar di dunia. Dengan memanfaatkan layanan gratis dari Google yang satu ini, bisnis kamu dapat dikenal oleh pasar yang lebih luas.

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar pengertian Google My Business atau Google Bisnisku, fungsi, manfaat, serta cara membuat hingga cara menggunakan Google My Business. Terimakasih sudah membaca, semoga artikel ini bermanfaat ya!

Related Articles

Back to top button