Panduan Cara Mudah Membuat Google Form

Untuk memasukkan gambar atau video kamu hanya perlu klik ikon menu di sisi kanan lalu pilihlah yang ingin kamu tambahkan. Terdapat pilihan Tt untuk menambah judul dan deskripsi, Photo and Video dan section.

Untuk membuat sebuah pertanyaan yang wajib dijawab responden kamu harus klik tombol Required yang tersedia di setiap pertanyaan. Ulangi langkah-langkah ini sesuai jumlah pertanyaan yang dibutuhkan

Untuk mempercantik tampilan form kamu dapat  menggunakan ikon Palette  untuk mengubah warna dan menambahkan foto ke header.

Selain itu kamu dapat melihat keseluruhan tampilan dengan klik ikon Eye untuk pratinjau survei. Sementara untuk mengelola peraturan survei, cukup klik ikon Gear.

Setelah survei selesai dibuat, klik tombol Send yang ada di pojok kanan atas. Kamu dapat langsung membagikan lik google form tersebut kepada responden. Bisa dengan menyalin link atau membagikannya langsung dengan memasukkan email responden.

Jika kamu sudah membuat Google Form, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membagikan atau mengirimkannya kepada responden.

Kamu dapat mengirimkan Google Form langsung melalui email, WhatsApp, mencantumkannya ke dalam artikel, maupun landing page.

  • Klik tombol “send” pada bagian kanan atas formular, pilih opsi “Send via..”, lalu pilih email.
  • Masukkan email penerima, subyek, dan isi email lalu klik “send”.
  • Seperti cara di atas, yang membedakan adalah klik tombol link untuk mengirimkannya ke WhatsApp.
  • Kamu bisa memperpendek link tersebut dengan mencentang bagian Shorten URL, lalu klik copy.
  • Setelah itu, paste link tersebut ke status atau pesan WhatsApp yang kamu tuju.
  • Untuk mencantumkan Google Form pada landing page, klik simbol pada bagian “Send via”.
  • Copy link pada bagian embed HTML, lalu tanamkan pada landing page website.

Selain beberapa opsi di atas, kamu juga dapat membagikan Google Form ke media sosial dengan memilih ikon Facebook atau Twitter yang ada di samping pilihan opsi sebelumnya.

Kesimpulan:

Google Forms dapat diakses melalui browser secara gratis. Fitur ini dapat mengumpulkan informasi dari banyak responden untuk berbagai kebutuhan.

Cara membuat Google Form juga sangat mudah dan Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari komponen-komponennya. Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk membuat Google Form Anda sendiri.

Pages: 1 2Show All

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like