Panduan Cara Mudah Membuat Google Form

Teknatekno.com – Google Form menawarkan kemudahan untuk membuat survei dengan beragam pertanyaan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Cara membuat Google Form pun sangat mudah dan kamu tak harus menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari berbagai komponennya.

Fitur ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, dari yang bersifat formal seperti survei penelitian hingga rencana acara pribadi. Apa lagi fungsi dan keunggulan lain dari Google Form serta bagaimana cara membuatnya? Berikut ulasan lengkapnya.

Seperti halnya Google Docs dan Google Sheets, Google Form adalah salah satu bagian dari fitur-fitur Google yang dapat diakses melalui browser secara gratis. Fitur ini dapat mengumpulkan informasi dari banyak responden untuk berbagai kebutuhan.

Informasi yang masuk melalui Google Form kemudian akan disimpan di spreadsheet secara otomatis. Selain menyimpan, data pada spreadsheet juga dapat diedit sebelum diolah lebih lanjut atau dikirimkan kepada penerima.

Dengan semua komponen yang terdapat Google Form, kamu tak perlu cemas akan kesulitan dalam menggunakannya. Pasalnya, Google Form memiliki interface yang sangat mudah digunakan.

Kamu bisa menambahkan, mengurangi, maupun mengubah setiap komponen pada formulir hanya dengan melakukan drag dan drop. Sebagai pelengkap, Google Form juga dilengkapi dengan berbagai palet warna untuk mempercantik desainnya.

Karena kelebihannya inilah kamu dapat menggunakan google formulir dalam berbagai hal. Beberapa fungsi Google Form misalnya, untuk membuat formulir survei pelanggan, formulir registrasi online, kuis, formulir RSVP event, hingga formulir lamaran kerja.

Cara membuat Google Formulir Pertama-Tama Harus Memiliki Akun Google

Untuk menggunakan Google Form kamu harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Bila belum memiliki akun Google, buatlah dengan cara seperti biasa.

Buka https://docs.google.com/forms. Kamu bisa memilih berbagai template contoh Google Form dan contoh kuesioner Google Form yang sudah tersedia di sini, mulai dari template informasi kontak, konfirmasi kehadiran acara, undangan pesta, dan sebagainya.

Untuk mulai membuat form kamu bisa klik langsung di template yang ada. Jika ingin membuat form sendiri, mulailah dengan klik pada bagian form Blank.

Buat nama untuk survei yang kamu buat pada kolom Untiteld form, lalu tuliskan deskripsi survei pada kolom Form description.

Ketik pertanyaan yang kamu inginkan dalam kolom Untitled Question sesuai data apa yang ingin kamu dapatkan melalui survei tersebut. Kamu dapat memilih tipe jawaban yang kamu inginkan. Mulai dari jawaban singkat, paragraf, pilihan ganda, atau kotak centang.

Cara membuat Google Formulir Pertama-Tama Harus Memiliki Akun Google

Untuk memilih tipe jawaban klik opsi Multiple choice dan kamu akan melihat semua tipe pertanyaan yang tersedia. Tipe pertanyaan terdiri dari Multiple choice, Checkboxes, Short answer and Paragraph, Dropdown, Linear scale, dan Date and Time.

Selain itu ada pula pilihan  file upload  bila kamu membutuhkan tambahan data berupa dokumen atau foto tertentu dari responden. Kamu juga dapat menambahkan foto dan video untuk memberikan ilustrasi dalam survei tersebut.

1 2Next page

Related Articles

Back to top button