Apa Itu Bitcoin dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Bagaimana cara kerjanya?

Sebagai pengguna baru, langkah pertama adalah memasang dompet Bitcoin di PC atau smartphone Anda. Langkah ini akan secara otomatis membuat alamat BTC pertama. Sama seperti email, kita bisa bertukar alamat Bitcoin dengan orang lain, sehingga mereka bisa membayar atau sebaliknya. Namun, alamat BTC hanya boleh digunakan sekali.

Blockchain adalah catatan transaksi publik di mana jaringan BTC bergantung. Semua transaksi terverifikasi dicatat di blockchain. Dalam metode ini, dompet BTC dapat menghitung sisa uang yang dapat dibelanjakan dan transaksi baru dapat diverifikasi untuk menjamin bahwa mereka benar-benar dipegang oleh pengguna.

Private Keys, transaksi transfer nilai antara dompet Bitcoin yang diletakkan di blockchain. Dompet Bitcoin menyimpan sepotong data tersembunyi yang disebut kunci pribadi atau benih, yang digunakan untuk menandatangani transaksi, memberikan bukti matematis bahwa itu benar-benar berasal dari pemilik dompet.

Penambangan adalah sistem yang digunakan untuk mengkonfirmasi antrian transaksi dengan memasukkannya ke dalam rantai blok. Metode ini memastikan urutan kronologis rantai blok, menjaga netralitas jaringan, dan memungkinkan komputer lain untuk menyetujui status sistem. Untuk dikonfirmasi, transaksi harus dirantai dalam blok yang mematuhi kriteria kriptografi yang ketat dan akan diverifikasi oleh jaringan.

Penambangan juga seperti lotere kompetitif karena menghentikan siapa pun untuk dengan mudah menambahkan blok baru berturut-turut ke rantai blok.

Cara Membeli Bitcoin

Ada banyak pendukung yang merasa bahwa BTC adalah mata uang digital masa depan. Meskipun tidak didukung oleh pemerintah atau bank sentral mana pun, BTC dapat diperdagangkan dengan mata uang biasa. Namun pada kenyataannya, nilai tukar Bitcoin versus dolar menarik calon investor yang tertarik untuk berinvestasi pada mata uang tersebut.

Pada bulan Maret 2014, IRS mengatakan bahwa semua mata uang virtual, termasuk Bitcoin, akan dikenakan pajak sebagai properti, bukan mata uang. Keuntungan atau kerugian dari BTC yang disimpan sebagai modal akan diakui sebagai keuntungan/kerugian modal, sedangkan BTC yang disimpan sebagai persediaan akan dicatat sebagai laba/rugi biasa.

Seperti investasi lainnya, ide membeli dengan harga murah dan menjual dengan harga tinggi berlaku untuk BTC . Metode paling kuno untuk mengumpulkan mata uang adalah dengan membeli di bursa Bitcoin, tetapi ada cara lain untuk mendapatkan dan menahan BTC juga.

Kesimpulan:

Bitcoin adalah mata uang baru atau uang elektronik yang ditemukan pada tahun 2009 oleh seseorang yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto. BTC biasanya digunakan dalam transaksi di internet tanpa memanfaatkan perantara atau tanpa menggunakan layanan bank.

Sistem berfungsi tanpa repositori atau administrator tunggal di mana Departemen Keuangan AS melabeli BTC sebagai mata uang terdesentralisasi. Penambangan adalah sistem yang digunakan untuk mengkonfirmasi antrian transaksi dengan memasukkannya ke dalam rantai blok.

Pages: 1 2Show All

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like