Apa Itu Bitcoin dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Teknatekno.com – Bitcoin (BTC) umumnya dilihat sebagai alat keuangan baru yang berpotensi meningkatkan pengembalian. Kata Bitcoin sendiri telah terdengar sejak lama dengan semangat para pendukung investasi dalam cryptocurrency semacam ini.

Keuntungan yang diberikan sangat menarik karena pertumbuhan nilainya dari waktu ke waktu sangat luar biasa. Di Indonesia sendiri, sudah ada banyak basis pengguna, bahkan beberapa organisasi telah didirikan khusus untuk menjadi platform perdagangan (transaksi) Bitcoin.

Apa Itu Bitcoin?

Bitcoin adalah mata uang atau uang elektronik baru yang ditemukan pada tahun 2009 oleh seseorang yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto, seperti yang dijelaskan oleh Investopedia.com. BTC biasanya digunakan dalam transaksi di internet tanpa memanfaatkan perantara atau tanpa menggunakan layanan bank.

Apa Itu Bitcoin?

Bitcoin menggunakan sistem peer to peer (P2P). Namun, sistem berfungsi tanpa repositori atau administrator tunggal di mana Departemen Keuangan Amerika Serikat memberi label BTC sebagai mata uang terdesentralisasi.

Tidak seperti kebanyakan mata uang lainnya, BTC tidak bergantung pada satu penerbit besar. Bitcoin menggunakan database terdistribusi dan mendistribusikan di antara node jaringan P2P ke log transaksi.

Sejarah Bitcoin

Pada 18 Agustus 2008, domain Bitcoin.org didaftarkan. Domain ini sudah WhoisGuard Protected, yang berarti identitas pengguna tidak diketahui publik.

Kemudian pada tanggal 31 Oktober 2008, Satoshi Nakamoto membuat pengumuman di Milis Kriptografi di metzdowd.com.

“Saya telah mengerjakan sistem keuangan elektronik baru yang sepenuhnya peer-to-peer, tanpa pihak ketiga,” Magna Carta menjelaskan tentang bagaimana Bitcoin berfungsi hingga hari ini.

Pada 03 Januari 2009, Blok pertama dari blockchain BTC yang dikeluarkan dapat dianggap sebagai pesan, petunjuk, atau hanya sebagai token. Penggemar Cryptocurrency berpikir bahwa ini adalah komentar unik dari Satoshi setelah muncul di surat kabar ‘The Times: Chancellor di ambang bailout kedua untuk bank’ pada hari yang sama.

Versi awal dari program BTC diungkapkan di grup email Kriptografi pada 8 Januari 2009. Dan keesokan harinya, Blok 1 telah ditambang, dan penambangan Bitcoin sekarang sedang berlangsung.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

1 2Next page
Back to top button