Pentingnya Money Management dalam Investasi Saham

1. Memiliki Sepatu Terbaik: Alat Analisis Terbaik

Dibutuhkan sepatu terbaik dan terbukti dalam lomba maraton. Jika tidak, mungkin kaki kita akan mudah terkilir, mungkin juga mudah merasa sakit karena sepatu yang tidak nyaman atau terlalu berat.

Atau mungkin desain sepatunya tidak sesuai dengan kepribadian kita, sehingga membuat kita tidak percaya diri saat menggunakannya.

Atau mungkin saat ini kita sedang memakai sepatu branded dengan harga selangit tapi bentuknya tidak sesuai dengan struktur kaki kita, sehingga sangat membuat kaki kita menderita.

Begitu juga dalam trading, kita membutuhkan pendekatan analisa yang terbaik dan terbukti, salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan cara backtesting metode analisa tersebut.

Kita juga perlu memodifikasi proses Analisis dengan kepribadian kita.

Sebagai contoh, jika kita sering tertarik dengan deretan saham hijau yang menghiasi transaksi yang sedang berlangsung dan sering membuat kita salah dalam memilih, maka akan lebih baik untuk menilai setelah pasar tutup.

2. Miliki Mental Pemenang

Mentalitas seorang pemenang sama pentingnya dalam perlombaan maraton, karena itu memberi kita kepercayaan diri saat kita berada di arena persaingan.

Dalam berinvestasi di pasar saham, salah satu ilustrasi mentalitas pemenang ditunjukkan ketika kita tidak mudah panik ketika pasar sedang dijual.

Lo Kheng Hong adalah contoh orang yang bermental pemenang, yang ditunjukkan dengan responnya untuk tetap bertahan bahkan terus membeli (rata-rata turun) saham yang sedang krisis, sementara toko lain mulai melakukan cutting loss atau panic selling pada saham tersebut. .

Dan terakhir, ia kembali dengan kondisi yang konsisten meski harganya sempat turun drastis.

3. Mengatur Irama Pernapasan: Money Management

Jika seorang pelari sudah memiliki sepatu terbaik dan teruji, dan juga mental seorang pemenang, maka satu hal terakhir yang harus ia miliki adalah kemampuan mengatur ritme pernapasannya dengan benar.

Jika seorang pelari tidak mengatur ritme pernapasannya, mungkin hanya dalam beberapa kilometer, pelari tersebut kelelahan dan tidak dapat mencapai garis finis.

Tentu saja, hal ini tidak dicapai begitu saja, dibutuhkan latihan yang berulang-ulang, kemauan untuk memilah-milah cara mana yang berhasil dan mana yang tidak, dan tingkat disiplin yang tinggi untuk mempertahankan kemajuan terus-menerus.

Money Management sangat penting untuk menjaga kita tetap dalam permainan, karena jika kita kehabisan uang tunai, kita akan segera meninggalkan bursa saham dengan banyak kerugian. Selain tidak mencapai tujuan awal kita bergabung dengan pasar, kita juga kehilangan uang.

Setelah itu, para investor juga perlu memahami konsep money management sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia investasi saham agar para investor mampu bertahan dan tidak terjerumus saat berinvestasi.

Kesimpulan:

Money management menjadi aspek penting agar investor mengerti kapan portofolionya perlu dipertahankan, rata-rata turun, mengakuisisi saham yang berpotensi naik, dan lain sebagainya.

Ini bukan tentang berapa banyak uang yang kita hasilkan, melainkan berapa lama kita bisa bertahan pada investasi kita di pasar saham. Kita juga perlu memodifikasi proses Analisis dengan kepribadian kita.

Jika kita sering tertarik dengan garis hijau saham, maka akan lebih baik untuk menilai setelah pasar tutup. Memiliki mental pemenang ditunjukkan ketika kita tidak mudah panik saat pasar sedang dijual.

Jika seorang pelari tidak mengatur ritme pernapasannya, mungkin hanya dalam beberapa kilometer, ia kelelahan dan tidak dapat mencapai garis finis.

Money Management sangat penting untuk menjaga kita tetap dalam permainan, jika kita kehabisan uang tunai, kita cepat meninggalkan pasar saham dengan banyak kerugian.

Pages: 1 2Show All

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like