Apa itu Business Development dan Jobdesknya

Teknatekno.com – Apa itu business development dan apa tugas sebenarnya dari business development? Yuk, cek penjelasannya di artikel kami di bawah ini.

Apakah kamu memiliki keterampilan komunikasi yang baik? Apakah kamu tertarik dalam dunia bisnis? Suka berinteraksi dengan orang baru? Mungkin Business Development (BD) adalah pekerjaan yang ideal untuk kamu.

apa itu business development manager

Apa itu Business Development?

Beberapa orang masih percaya bahwa business development adalah pekerjaan tenaga penjual. Faktanya, ini tidak terjadi.

Nilai jangka panjang diciptakan untuk pasar melalui interaksi konsumen, bisnis, dan perusahaan, menurut Forbes.

Dengan kata lain, BD adalah orang yang ditugaskan untuk mencari tahu bagaimana membuat keterlibatan perusahaan dengan tiga saluran utamanya — pelanggan, pasar, dan hubungan bisnis — bekerja untuk keuntungannya.

Nilai jangka panjang atau yang sering diistilahkan dengan nilai jangka panjang itu sendiri hanyalah uang, keuntungan, citra, atau apapun yang menjadi tujuan utama dari sebuah perusahaan yang sedang berkembang.

Namun, penanggung jawab business development tidak semata-mata berusaha menciptakan keuntungan sebanyak-banyaknya dalam waktu singkat.

Mereka juga harus memikirkan rencana dan taktik dalam jangka panjang untuk perkembangan perusahaan. Dengan kata lain, BD harus memutar uang secara terus menerus agar perusahaan selalu untung.

Untuk itu, BD akan mengembangkan tiga aspek yang telah disebutkan sebelumnya. Maksud kamu apa? Mari kita bahas masing-masing bagian.

🔥TRENDING:  Apa itu Merchant? Berikut Cara Kerja Merchant

Pelanggan

Tanpa klien, perusahaan tidak akan berkembang. Namun, suatu produk atau layanan mungkin tidak cocok untuk semua orang. sales

Bagaimana suatu produk atau jasa dapat diapresiasi oleh sebanyak mungkin lapisan masyarakat? Ini adalah masalah yang harus ditangani dalam konteks business development.

Pasar

Dalam mengembangkan bisnis, target pasar merupakan salah satu yang harus diperhatikan sejak awal. Ini berguna bagi bisnis untuk mengetahui apa yang dapat mereka jual.

Namun, mungkin saja pasar ini berkembang tanpa batas daripada terus tumbuh bersama-sama. Pengembangan produk untuk pasar baru adalah praktik umum untuk produk di industri business development (BD).

Relasi Bisnis

Perusahaan pasti akan menjalin ikatan dengan konsumen, sponsor, atau klien. Tanpa koneksi yang sehat, mungkin sebuah bisnis tidak akan berumur panjang.

Lalu, apa tugas seorang BD? Tugas BD adalah membantu timnya mengembangkan ikatan yang kuat berdasarkan rasa saling percaya, rasa hormat, dan kekaguman. Tujuannya agar koneksi bisa berjalan dalam jangka panjang.

Perbedaan Business Development dengan Sales

Pekerjaan business development dan sales sering dilihat sebagai pekerjaan yang sama. Sebenarnya, kedua pekerjaan itu berbeda.

Orang-orang business development dipercayakan untuk melanjutkan rencana business development perusahaan. Misalnya melalui perluasan pasar baru, penjualan anak perusahaan ke perusahaan lain, dan sejenisnya.

Meningkatkan profitabilitas perusahaan adalah tujuan lain dari pekerjaan Sales Development. Prospecting dan demonstrasi produk lebih merupakan tanggung jawab pengembangan penjualan, sedangkan penjualan lebih bertanggung jawab atas produk untuk kolaborasi atau pembelian.

🔥TRENDING:  Cara Dapatkan Saldo Gopay Gratis Terpercaya

Sales development diutamakan fokus pada produk yang dijual dan keuntungan dari penjualan tersebut. Terlepas dari perbedaannya, kedua pekerjaan ini saling terkait, seperti yang sudah kamu duga! Penjualan mungkin dimasukkan dalam bagian business development.

Dengan tujuan yang sama untuk menghasilkan keuntungan, mereka mungkin bekerja sama untuk berbagi taktik untuk memenuhi tujuan yang direncanakan perusahaan. Jika semua pekerjaan BD dilakukan tanpa bantuan penjualan, kesuksesan perusahaan mungkin kurang ideal.

Pencarian Populer

Apa Itu Business Development Officer - Lowongan Business Development Manager - Jabatan Business Development - Gaji Business Development - Contoh Program Kerja Business Development - Cara Menjadi Business Development - Business Development Shopee - Business Development Lowongan - Business Development Jurusan Apa - Business Development Artinya - Business Development And Partnership Adalah - Business Development Adalah Pdf - Tugas Business Development Officer-

1 2Next page
Back to top button