Apa itu Rug Pull Crypto? Pengertian, Cara Kerja dan Cara Menghindarinya

Cek di Github

Proyek DeFi dikembangkan di GitHub, yang merupakan platform berbasis kode. Saat Anda mencari proyek melalui situs, Anda dapat melihat aktivitas pengembangan di dalamnya.

Jika proyek tersebut merupakan hasil dari proyek lain yang tidak aktif berkembang, itu bisa menjadi tanda peringatan.

Kenali Orang-orang di Baliknya

Tak perlu dikatakan bahwa setiap proyek didukung oleh tim, tetapi tidak semua tim ini dapat diandalkan. Temukan orang-orang di balik proyek dengan melihat profil LinkedIn mereka, misalnya.

Jika tim proyek termasuk orang-orang yang dapat diandalkan di bidang kripto, itu pertanda baik. Namun, pertanda buruk dapat terjadi jika hal ini tidak terjadi. Anda akan diberi kompensasi jika Anda dapat menemukan tim DeFi, meskipun ada informasi bahwa mereka lebih memilih untuk tetap tidak teridentifikasi.

Cari Pool dengan Likuiditas yang Lebih Besar

Sangat jarang scammers memiliki sejumlah besar uang. Anda harus memeriksa berapa banyak jumlah yang bisa Anda dapatkan di kolam renang.

Rug Pull tidak mungkin ditarik ke kolam likuiditas dengan setidaknya US$50.000 di dalamnya. Karena biasanya scammers tidak akan memasukkan nominal sebanyak itu dalam sebuah proyek.

Selain itu, Anda perlu melakukan penelitian lebih lanjut seperti kertas putih, situs web, dll. Untuk memverifikasi bahwa itu adalah proyek yang aman sebelum berinvestasi dalam token.

Kasus Rug Pull

Banyak kasus RugPull terjadi di industri kripto, terutama pada platform DEX. Berikut adalah beberapa mode Rug Pull dalam proyek DeFi, terutama DEX, yang telah dirinci oleh Newsletter Boxmining.

Amplyfi.money

Setelah menerima 2.500 ETH dari investor, token palsu tersebut melakukan Rug Pull. “Salah satu pengembang merusak dompet,” kata tim Amplyfi.money dalam pesan online. “Ada kecenderungan bahwa dompet itu rentan.”

Dia menyatakan bahwa “Tim pengembangan menerima cukup banyak ancaman sehingga kami memutuskan untuk membatalkan proyek“.

Beer Garden Finance

Berdasarkan informasi yang diterbitkan oleh Boxmining Newsletter, pemilik token palsu memiliki lebih dari 50 persen stok token di dompet pribadinya.

Pada saat itu, melalui saluran Telegram, komunitas dilarang menanyakan lebih lanjut secara spesifik seperti tautan Github untuk proyek tersebut, atau kunci waktu untuk token.

Burn Vault Finance ($BVF)

Newsletter mengklaim bahwa tim di balik protokol ini menjalankan RugPull. Akun Telegram komunitas sudah tidak beroperasi lagi, seperti dilansir News.bitcoin.com.

Kesimpulan

Rug Pull adalah jenis penipuan aset cryptocurrency di mana pengembang membuat proyek fiktif dan kemudian menghasilkan uang investor. Itu terjadi ketika seseorang atau sekelompok orang menguras kumpulan likuiditas sehingga tidak mungkin bagi dealer untuk memperdagangkan token palsu mereka.

Beberapa token palsu telah muncul di platform DEX, dan lebih banyak lagi akan terus melakukannya setiap hari. Proyek DeFi dikembangkan di GitHub, yang merupakan platform berbasis kode.

Ketika mereka akan mendaftarkan token di bursa, tim memperdagangkan token menggunakan ETH dengan strategi penjualan token sehingga banyak investor percaya.

Pages: 1 2Show All

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like