Apa itu Rug Pull Crypto? Pengertian, Cara Kerja dan Cara Menghindarinya

Teknatekno.com – Ketahui lebih jauh apa itu rug pull dan cara kerja mode ini dalam artikel berikut. Terlepas dari kenyataan bahwa dunia kripto aman, sejumlah penipuan atau tindakan curang lainnya dilakukan oleh pihak yang ceroboh untuk mencuri sejumlah aset kripto orang lain.

Rug pull adalah salah satu perilaku curang yang terjadi di dunia crypto. Lantas, bagaimana cara kerja Rug Pull dan cara menghindari Rug Pull? Berikut ulasannya.

Apa itu Rug Pull?

Rug Pull adalah jenis penipuan aset cryptocurrency di mana pengembang membuat proyek fiktif dan kemudian menghasilkan uang investor.

Rug Pulls sering terjadi di lingkungan proyek keuangan terdesentralisasi (DeFi). Bahkan di bursa terdesentralisasi (DEX), di mana siapa pun, bahkan orang yang paling ceroboh sekalipun, dapat membuat token dan mencantumkannya di DEX, hal ini benar adanya. Kemudian tautkan dengan aset kripto utama seperti Ethereum.

Pemegang Token harus mengajukan dan menerima persetujuan dari DEX, yang membedakan mereka dari pertukaran terpusat. Siapa pun dapat meluncurkan token ERC20 di DEX tanpa batas berkat fitur DeFi. Dengan demikian, investor dapat memperoleh keuntungan yang signifikan dengan memperdagangkan aset DeFi.

Rug Pull umumnya terjadi ketika seseorang atau sekelompok orang menguras kolam likuiditas. Jadi tidak mungkin bagi dealer untuk memperdagangkan token palsu mereka.

Misalnya, pedagang bermaksud memperdagangkan token untuk ETH. Namun, tidak tersedianya ETH di kumpulan likuiditas membuat perdagangan menjadi tidak mungkin.

Rug Pulls sedang meningkat, yang seharusnya menjadi kisah yang cermat bagi siapa pun yang mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam token DeFi.

Rug Pull berkembang secara signifikan di platform DEX. Karena perdagangan semacam ini memungkinkan pengguna untuk membuat daftar token secara gratis dan tanpa audit.

Tidak hanya itu, menghasilkan token pada teknologi blockchain open-source seperti Ethereum mudah dan gratis. Dengan dua faktor tersebut, pemain cukup melakukan Rug Pull pada DEX.

Cara Kerja Rug Pull

Ekosistem DeFi memungkinkan pengembang opsi untuk membangun token mereka sendiri menggunakan aset kripto Ethereum dan kemudian mencantumkannya di DEX.

Sengaja memanfaatkan peluang untuk menipu investor dengan membuat token palsu dengan sedikit atau tanpa nilai intrinsik dan kemudian menjualnya di platform DEX adalah praktik umum di antara beberapa pengembang. Beberapa dari token palsu ini telah muncul di DEX, dan lebih banyak lagi akan terus melakukannya setiap hari.

Ketika mereka akan mendaftarkan token di bursa, tim memperdagangkan token menggunakan ETH dengan strategi penjualan token sehingga banyak investor percaya.

Kemudian, investor akan menggunakan jumlah ETH yang mereka miliki untuk membeli token palsu dengan harapan harga token akan meningkat dan mereka dapat menjualnya untuk mendapatkan lebih banyak ETH kembali.

Sayangnya, peserta Rug Pull akan mengambil semua ETH yang mereka setorkan dan kemudian menghilang, meninggalkan investor dengan token yang tidak bernilai.

Akibatnya, banyak investor mengalami kerugian yang signifikan. Ini tidak akan hilang dalam waktu dekat. Satu-satunya jalan keluar adalah mengetahui cara menghindari Rug Pull.

Cara Menghindari Rug Pull

Setelah mengetahui apa itu Rug Pull serta cara kerjanya, investor harus berhati-hati saat membeli aset kripto di pasar DEX karena prevalensi token palsu.

Rug Pull dapat dihindari dengan beberapa cara, beberapa di antaranya yaitu:

Jumlah Likuiditas yang Dimiliki Developer

Selalu periksa aliran jumlah pemilik proyek. Anda dapat memeriksanya dengan mengamati siapa pemegang token teratas.

Hasil pertama biasanya terutama membakar alamat, Anda dapat menghapus sebagian kecil dari total. Periksa pemegang token terbesar dan distribusi pemegang ini selanjutnya!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

1 2Next page
Back to top button