Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Tanpa Aplikasi

2. Cara Cek Tagihan Listrik Lewat iPhone

Aplikasi PLN Mobile dapat diakses baik untuk perangkat Android maupun iOS. Seperti versi Android, aplikasi tersebut memungkinkan pengguna iOS untuk memeriksa tagihan listrik mereka di ponsel mereka.

Lebih menariknya lagi, aplikasi tersebut menyediakan menu permohonan pasang baru, mutasi, hingga permohonan penerangan sementara. Semua fitur tersebut akan memudahkan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar PLN, jadi kamu tidak perlu ragu untuk mendownloadnya.

Untuk cara mengecek tagihan listrik di iPhone sama saja dengan di Android, yaitu:

  1. Instal aplikasi PLN Mobile.
  2. Setelah terinstall, kemudian buka aplikasi tersebut
  3. Pilih daftar atau langsung masuk tanpa login.
  4. Langkah selanjutnya tinggal memilih memiliki Informasi Tagihan dan Token Listrik
  5. Lalu masukan nomor meteran’
  6. Setelah itu akan muncul secara otomatis tagihan listrik yang harus dibayarkan.

3. Cara Cek Tagihan Listrik Melalui SMS

Cek tagihan listrik PLN melalui SMS kini sudah bisa dilakukan bagi mereka yang memiliki smartphone lama dan tidak bisa menggunakan aplikasi di atas. Tersedia dua opsi pengecekan, yakni pengecekan dalam kurun waktu satu bulan dan opsi pengecekan berlangganan.

Sayangnya cara cek tagihan listrik lewat hp tersebut dipungung biaya untuk satu kali pengiriman SMS, jadi lebih baik cara cek tagihan listrik online lewat hp Android ataupun iPhone yang bisa kita gunakan secara gratis selama terhubung ke Internet.

Namun bagi Teknozen yang lebih memilih pengecekan melalui SMS, silahkan simak caranya dibawah ini:

Cek Tagihan Listrik Per Bulan

Pengecekan tagihan listrik per bulan lewat SMS bisa dilakukan dengan cara mengirim SMS ke nomor ke 8123. Adapun format SMS-nya adalah sebagai berikut:

Format : REK (spasi) No ID Pelanggan lalu kirimkan ke 8123.

Nah untuk contohnya adalah sebagai berikut “REK 1234567891012”, lalu kirim ke 8123

Cek Tagihan Listrik Berlangganan

Kemudian bagi yang memilih untuk berlangganan informasi tagihan listrik setiap bulannya, maka bisa mengetikan SMS dengan format sebagai berikut.

PLN (spasi) ON (spasi) No ID Pelanggan, lalu kirim ke 8123. Contohnya adalah “PLN ON 1234567891012”, lalu kirim ke 8123

Dengan mengirim SMS di atas maka nantinya kita akan mendapatkan informasi mengenai tagihan listrik setiap bulannya. Namun setiap ada SMS masuk kita akan dikenakan biaya sebesar Rp. 500 (Belum Termasuk PPN 10%). Nah apabila ingin berhenti berlangganan, maka cukup mengirimkan SMS sebagai berikut.

PLN (spasi) OFF (spasi) No ID Pelanggan, lalu kirim ke 8123. Contohnya adalah “PLN OFF 1234567891012”, lalu kirim ke 8123

4. Megecek Tagihan Listrik Melalui Telepon

Teknozen juga bisa menggunakan panggilan telepon untuk memeriksa tagihan listrik bulanan kamu. Caranya adalah dengan menghubungi Customer Service PLN dan bertanya mengenai tagihan listrik yang belum dibayarkan.

Nantinya Customer Service akan menjelaskan kepada kita semua mengenai besaran biaya tagihan yang harus dibayarkan. Caranya yaitu hubungi call center PLN di nomor 123 dan jangan lupa sebutkan kode areanya. Misalnya untuk wilayah Jakarta yaitu (021) 123.

Perlu diketahui bahwa Call Center buka 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Namun sayangnya panggilan tersebut tidak gratis dan dikenakan tarif sesuai standar tarif masing-masing operator.

Kesimpulan

Semua pelanggan PLN pasca bayar wajib membayar tagihan listriknya tepat waktu. Jika Teknozen terlambat membayar, nantinya pihak PLN akan mengenakan denda dan melakukan pemutusan listrik jika telat beberapa bulan.

Semoga Teknozen kini bisa membayar tagihan listriknya tepat waktu, berkat saran yang Teknatekno berikan di atas tentang cara cek tagihan listrik. Cukup sekian informasi yang Teknatekno sampaikan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Previous page 1 2
Back to top button