Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Tanpa Aplikasi

Teknatekno.com – Cara cek tagihan listrik online lewat hp Android sangatlah mudah. Teknozen bisa melakukannya menggunakan SMS atau aplikasi Android.

Pengecekan tagihan listrik sangat penting dilakukan agar nantinya bisa memantau penggunaan listrik setiap hari, sehingga tidak terjadi tagihan yang membengkak. Terlebih tarif dasar listrik terus mengalami kenaikan yang otomatis membuat tagihkan listrik semain besar.

Ada dua jenis layanan PLN, yaitu listrik prabayar dan listrik pascabayar. Yang mana setiap layanan ini memiliki sistem yang berbeda.

Untuk prabayar mengharuskan kita terlebih dahulu membeli token listrik agar listrik dapat menyala. Sedangkan listrik pascabayar memungkinkan kita membayar tagihan listrik di akhir bulan atau istilahnya pakai dulu baru bayar.

Kedua layanan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, dan untuk mengetahui perbedaannya silahkan simak dibawah ini.

Perbedaan Listrik Prabayar dan Pascabayar

Berikut ini adalah perbedaan antara listrik prabayar dan pascabayar:

Listrik Prabayar

Listrik prabayar memberi kita kontrol lebih besar atas berapa banyak listrik yang kita gunakan setiap bulan. Pasalnya kita harus terlebih dahulu membeli Token Listrik yang nantinya dihitung per kWh.

Teknozen bisa membeli token listrik mulai 20 ribu Rupiah. Namun bagi yang memiliki banyak peralatan elektronik, kami rasa 20 ribu token tidak akan cukup. Setidaknya kamu perlu membayar sekitar Rp. 100-200K untuk mendapatkan token listrik setiap bulan.

Untuk mengecek pemakaian listrik prabayar bisa melihatnya secara langsung di meteran. Hal berbeda terjadi saat sobat mengecek tagihan listrik pascabayar, karena pada meteran tidak akan terlihat berapa total tagihan setiap bulannya.

Apabila token sudah menipis kurang dari 5 persen, maka akan muncul bunyi beep yang menandakan bahsa sobat harus segera membeli token listrik agar bunyi beep berhenti.

Bunyi beep yang keluar dari meteran cukup menggangu. Namun hal tersebut sangat penting agar kita tidak sampai kehabisan token listrik. Jika sampai token habis, maka listrik akan langsung mati dan hanya bisa menyala jika kita mengisinya kembali.

Inilah salah satu kekurangan listrik prabayar, karena sewaktu-waktu listrik bisa mati. Nah, untuk mencegah hal itu kami sarankan untuk selalu mengecek sisa pemakain token agar tidak sampai kehabisan.

Listrik Pascabayar

Sayangnya, hampir semua instalasi listrik baru harus menggunakan listrik prabayar. Secara tidak langsung banyak konsumen yang tidak menyukai layanan listrik pascabayar dan lebih memilih listrik prabayar yang memiliki berbagai manfaat.

Salah satu kelebihannya adalah Teknozen tidak perlu membeli token dan proses pembayarannya pun dilakukan setiap bulan, jadi Teknozen tidak perlu takut kehabisan listrik secara tiba-tiba.

Namun dibalik kelebihan listrik pascabayar di atas, kamu harus sia-siap dikenakan pemutusan listrik apabila tidak membayar tepat waktu.

Kekurangan lainnya adalah tagihan yang bisa membengkak dikarenakan kita tidak bisa mengontrol pemakaian listrik setiap bulannya. Nah agar tidak kaget saat membayar tagihan listrik, kami sarankan untuk terlebih dahulu melakukan pengecekan.

Pengecekan tagihan listrik pasca bayar dapat dilakukan secara online dengan ponsel Android. Saat ini terdapat berbagai aplikasi yang dapat digunakan untuk cek tagihan listrik setiap bulannya. Selain itu kamu juga bisa melakukan pengecekan melalui SMS dan telepon.

Cara Cek Tagihan Listrik

Nah untuk mengetahui cara cek tagihan listrik lewat Hp, simak caranya berikut ini:

1. Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Android

Untuk mengecek tagihan listrik, Teknozen bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile, yang merupakan aplikasi resmi PLN. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk memeriksa tagihan listrik yang belum dibayarkan.

Selain itu, tersedia pula beragam fitur lainnya, seperti transaksi token, riwayat pemakaian kwh listrik, lokasi pembayaran melalui banking terdekat serta info status/progres permohonan dan pengaduan.

Cara Menggunakan Aplikasi PLN Mobile

  1. Silahkan download dan instal terlebih dahulu aplikasi PLN Mobile
  2. Kemudian buka aplikasi PLN Mobile. Saat pertama kali membukanya kita disuruh login terlebih dahulu.
  3. Silahkan sobat mendaftar akun PLN Mobile atau memilih menu Masuk Tanpa Login agar tidak perlu mendaftar terlebih dahulu
  4. Kemudian buka menu “Informasi“, lalu pilih “Informasi Tagihan dan Token Listrik“.
  5. Selanjutnya akan muncul menu pop untuk mengisikan nomor Id pelanggan atau nomor meteran.
  6. Setelah diisi, kemudian klik tombol “Cek Tagihan” dan akan muncul informasi mengenai tagihan listrik yang belum dibayar.

1 2Next page

Related Articles

Back to top button