Ini Dia Perbedaan Spesifikasi Huawei P50 dan Huawei P50 Pro

Teknatekno.com – Berbeda dengan generasi sebelumnya yang menghadirkan varian hingga Pro+, saat ini Huawei P50 Series hanya tersedia pada varian Huawei P50 dan Huawei P50 Pro biasa.

Sistem operasi Huawei baru, HarmonyOS, memberi daya pada seri flagship ini, menjadikannya salah satu perangkat Huawei pertama yang membuang Android sepenuhnya.

Sejauh ini, Huawei memiliki dua seri flagship yang mungkin selalu menjadi portofolio kebanggaan setiap tahunnya. Pada tahun 2020 kita telah menyaksikan sendiri betapa hebatnya Huawei P40 dan Mate 40 Series dalam hal performa fotografi dan performa gaming.

Pada tahun 2021, Huawei kembali mengumumkan Seri P50 dengan spesifikasi yang ditingkatkan. Seri chipset Qualcomm juga disertakan untuk pertama kalinya sebagai pengganti seri prosesor HiSilicon Kirin eksklusif Huawei di Seri P.

Kamera pada Huawei P50 Series juga telah ditingkatkan untuk menangkap rentang warna yang lebih luas untuk gambar yang lebih realistis. Dimungkinkan juga untuk meningkatkan kecepatan rana sambil tetap mempertahankan ketajaman detail yang sangat baik.

Hadir dalam dua varian, pasti tak sedikit yang ingin tahu apa saja sih perbedaan antara Huawei P50 dan Huawei P50 Pro ini? Mari kita lihat perbedaan spesifikasi keduanya di bawah ini.

Perbedaan Huawei P50 dan Huawei P50 Pro

Dari segi tampilan, sepertinya tidak ada banyak perbedaan antara kedua varian ini. Tapi, Huawei P50 dan P50 Pro punya beberapa perbedaan spesifikasi yang perlu Teknozen ketahui, yaitu sebagai berikut:

1. Refresh Rate 90 Hz vs 120 Hz

Pilihan refresh rate atau kecepatan refresh yang tinggi bukan lagi fenomena baru dalam bisnis smartphone. Ini sangat baik untuk membuat gerakan atau transisi pada layar terlihat lebih halus dan mulus.

Baik 90 Hz dan 120 Hz adalah kecepatan refresh yang khas. Hanya ponsel gaming seperti ZTE Nubia red Magic 6 Pro yang memiliki kecepatan refresh 144 Hz dan 165 Hz.

Refresh rate 90 Hz sendiri lebih sering digunakan pada ponsel di segmen harga entry level dan mid-range. Namun, saat ini bahkan ada 3 juta ponsel yang ditawarkan dengan 120 Hz, seperti Redmi Note 10 Pro misalnya.

Ya, teknologi layar benar-benar berkembang seiring waktu. Apa yang sebelumnya merupakan domain eksklusif dari puluhan juta pelanggan HP tiba-tiba masuk ke pasar kelas bawah. Menariknya, Huawei P50 standar tampaknya mempertahankan kecepatan refresh 90 Hz karena alasan tertentu.

Sebagai salah satu seri smartphone flagship Huawei, refresh rate 90 Hz dengan harga 10 jutaan cukup membuat kita bingung. Huawei tampaknya berusaha mengurangi spesifikasi tertentu untuk mengalihkan upayanya ke bidang lain, termasuk sebagai kamera, yang merupakan nilai jual utama HP.

Dengan adanya refresh rate 90 Hz, layar Huawei P50 bisa menampilkan transisi layar sebanyak 50% lebih mulus ketimbang 60 Hz konvensional. Baik itu saat melakukan scrolling ataupun saat bermain game. Selain itu, layar Huawei P50 juga bisa merekam lebih banyak sentuhan per detiknya berkat touch sampling rate sebesar 300 Hz.

Berbeda dengan Huawei P50 Pro. Jika edisi Pro ini, telah memperkenalkan kecepatan refresh 120 Hz yang pada kenyataannya dua kali lebih besar dari 60 Hz biasa. Sementara itu, tingkat pengambilan sampel standar 300 Hz dipertahankan untuk sentuhan.

Layar OLED pada kedua ponsel sama, namun ukurannya berbeda. Huawei P50 Pro memiliki layar 6,6 inci, sedangkan Huawei P50 memiliki layar 6,5 inci.

Kedua layar ponsel dilengkapi dengan gamut warna DCIE-P3 dan menawarkan sebanyak 1,07 miliar warna. Memberikan akurasi warna kelas layar profesional yang biasanya digunakan di bioskop.

P50 Pro Huawei telah dipuji oleh DxOMark sebagai ponsel dengan layar terbaik. Kedipan pada layar jarang terjadi, layar mudah dilihat dalam cahaya redup, dan kecerahan cukup untuk menonton materi video HDR10.

2. Varian Chipset

Performa prosesor Huawei yang luar biasa adalah salah satu dari banyak keunggulan seri ini. Selama ini Huawei P Series selalu memamerkan prosesornya sendiri, yakni HiSilicon Kirin.

Hal itu terlihat dari sejumlah seri yang mendahului Huawei P50 Series, seperti Huawei P20 Pro yang mengusung Kirin 970, Huawei P30 Pro dengan Kirin 980, dan Huawei P40 Pro dengan Kirin 990 5G.

Kirin 9000, prosesor generasi berikutnya perusahaan, sekarang mendukung Seri Huawei P50. Kirin 9000, di sisi lain, hanya tersedia sebagai model normal.

Huawei P50 biasa juga tersedia dengan prosesor Snapdragon 888 4G selain Kirin 9000. Sementara itu, Huawei P50 Pro tidak menampilkan model Kirin 9000 tetapi hanya menyediakan opsi Snapdragon 888 4G.

Baik Huawei P50 maupun P50 Pro tidak mendukung jaringan 5G dan hanya bisa digunakan di jaringan 2G hingga LTE. Pembatasan perdagangan dengan Amerika Serikat dan kekurangan global chipset harus disalahkan untuk ini.

Pada chipset HiSilicon Kirin 9000 yang memiliki fabrikasi 5 nm, tersedia konfigurasi delapan inti dalam tiga cluster yaitu 1 inti utama ARM Cortex A77 pada kecepatan clock 3,13 GHz, 3 inti berupa ARM Cortex A77 dengan frekuensi sebesar 2,54 GHz, dan efisiensi core sebanyak 4 core berupa ARM Cortex A55 pada frekuensi 2,05 GHz.

Snapdragon 888 4G memiliki kecepatan clock 2,84 GHz, sedangkan Kirin 9000 memiliki kecepatan clock 3,13 GHz. Chipset Qualcomm di seri Huawei P juga merupakan yang pertama kali disediakan Huawei.

Snapdragon 888 4G tampaknya menjadi opsi yang dipilih dibanding Kirin 9000. Snapdragon 888 4G memberikan manfaat tambahan dalam hal pengoptimalan aplikasi dan game daripada hanya kecepatan clock yang lebih lambat. Juga, SoC ini menawarkan bandwidth memori yang lebih besar daripada Kirin 9000.

3. Varian RAM

Berada di sektor andalan membuat kedua ponsel ini hadir dengan perpaduan pilihan RAM dan kapasitas internal yang besar.

Huawei P40 reguler, yang sebenarnya merupakan versi “ringan” dari edisi Pro, hadir dengan RAM yang lebih sedikit dan kapasitas penyimpanan internal yang lebih rendah, dengan memori internal UFS 3.1 128 GB atau 256 GB dan RAM LPDDR5 8 GB.

Selain memberikan kombinasi di atas, Huawei P50 Pro juga dibekali pilihan memori internal 512 GB dan RAM 12 GB. Keduanya juga didukung oleh slot memori eksternal pada tipe Nano Memory hingga kapasitas 256 GB.

Sayangnya, karena kedua perangkat memiliki slot SIM hybrid, kartu SIM kedua harus dikorbankan untuk menyertakan Memori Nano.

4. Triples vs. Quad Camera

Performa kamera Huawei P Series adalah fitur penjualan utama, seperti yang dinyatakan sebelumnya. Di sini, Huawei P50 dan P50Pro mengikuti warisan Seri P dengan mengadopsi lensa dari Leica, bisnis manufaktur lensa Jerman dengan standar kualitas terbaik.

Seri Huawei P dan Mate juga selalu memenangkan urutan kamera terbaik nomor satu versi DxOMark selama perilisannya, tak terkecuali Huawei Mate P50 dan P50Pro.

Huawei P50Pro memiliki peringkat kamera keseluruhan yang lebih tinggi daripada Xiaomi Mi 11 Ultra, dengan skor 144, menurut ulasan.

Dengan susunan Quad Camera yang tak tertandingi serta fitur dan spesifikasi yang tiada duanya, Huawei P50Pro memang pantas mendapatkan pujian setinggi itu. Sedikit banyak perbedaan antara Huawei P50Pro dan P50 biasa tidak jauh berbeda dengan Huawei P40 Pro dan P40 biasa.

Varian Pro terdiri dari kamera utama 50 MP f/1.8 Omnivision OV50A pada fungsi sudut lebar, sensor B/W Omnivision OV40A pada resolusi 40 MP, lensa periskop telefoto 64 MP Omnivison OV64B pada aperture f/3.4.

Ukuran piksel 0,70 m, dengan dukungan zoom optik hingga 3,5x dan zoom total 200x, serta sensor ultrawide 13 MP f/2.2 pada panjang fokus 13 mm.

Sebaliknya, Huawei P50 biasa hanya menawarkan Triple Camera dengan lensa utama Omnivision OV50A sudut lebar 50 MP dengan ukuran sensor 1/1,28 inci dan ukuran piksel 1,22µm. Sensor periskop telefoto 12 MP f/3.4 dengan panjang fokus 125mm dan zoom optik 5x disertakan di dalam lensa kedua.

Terakhir, tersedia lensa 13 MP dengan kemampuan ultrawide untuk mengambil bidikan lanskap dengan perspektif yang lebih luas. Sensor telefoto dan optical image stabilization (OIS) juga disertakan pada kedua ponsel untuk meminimalkan keburaman dalam foto dan film.

Bicara soal perekaman video, cukup menarik, kedua ponsel ini hanya menawarkan resolusi maksimal 4K saja, bukan 8K seperti ponsel flagship lainnya. Meski begitu, video ditampilkan pada frame rate 60 frame per detik dalam 4K.

Resolusi Huawei P50Pro yang lebih tinggi dan peningkatan jumlah kamera memberikan foto yang lebih baik, terutama saat memperbesar.

5. Kapasitas Baterai

Ternyata, hadir di kategori harga teratas tidak membuat Huawei P50 dan P50Pro hadir dengan baterai besar. Huawei P50 standar memiliki kapasitas baterai 4.100 mAh, dan versi Pro memiliki kapasitas baterai 4.360 mAh, yang mengecewakan untuk perangkat dengan harga ini.

Ini jelas bukan kapasitas maksimal dalam bisnis smartphone, apalagi mengingat ukuran ponsel yang menggunakan layar OLED.

Namun, ukuran 4.000 mAh setidaknya masih cukup untuk menjalankan ponsel seharian penuh. Kamu masih bisa diekspektasikan menuju hari kedua setelah sekali pengisian daya, tergantung dari penggunaan.

Ada konektor pengisian USB Type-C 3.1 tunggal pada Huawei P50Pro dan Huawei P50, meskipun kapasitas baterai agak bervariasi pada setiap perangkat. Kedua ponsel dilengkapi dengan HUAWEI 66W SuperCharge yang dapat mengisi baterai dengan cepat.

6. Ketersediaan Infrared Port

Ketika datang ke ketersediaan port inframerah, pikiran kita mungkin dengan cepat pergi ke perangkat Xiaomi. Sebagai hasil dari portofolio Xiaomi yang selalu up-to-date, smartphone dapat diubah menjadi remote TV dan AC hanya dengan memasang port inframerah pada mereka.

Jika Teknozen benar-benar membutuhkan smartphone yang mendukung inframerah, pilihan kamu harus jatuh pada Huawei P50Pro. Ya, versi standar tidak menyertakan port inframerah yang membantu. Sebenarnya, kebutuhan inframerah cenderung rendah untuk ponsel kelas atas harga.

Fitur infrared pada iPhone mungkin cukup diganti dengan Smart Universal Hub, yaitu gadget khusus untuk mengoperasikan semua peralatan listrik seperti AC, TV, dan TV box sekaligus.

Itu sebabnya, tidak semua pemasok smartphone berbondong-bondong untuk memasukkan infra merah di setiap produknya, dan cenderung dipegang oleh ponsel entry-level dengan kelompok sasaran yang memiliki daya beli besar.

7. Ketersediaan Wireless Charging

Huawei P50Pro dan P50 sudah pasti dibekali dengan daya fast charging yang sama, yakni 66 W. Namun, hanya satu dari keduanya yang dibekali wireless charging. Hanya Huwaei P50 Pro yang memiliki pengisian nirkabel cepat, pada 55 W.

Kalau Teknozen hanya gunakan varian yang reguler, maka jenis pengisian daya yang bisa dilakukan hanyalah wired charging biasa menggunakan daya 66 W. Sekarang Teknozen yang tentukan, apakah absennya wireless charging pada Huawei P50 reguler jadi sebuah kekurangan yang deal-breaker?

Kesimpulan

Nah itulah perbedaan antara Huawei P50 dan Huawei P50Pro. Berbeda dengan generasi sebelumnya, tidak ada ponsel andalan Huawei yang mampu mengakses internet 5G. Hadir dengan gaya desain yang mencolok, modul kamera berkontur untuk menampung Triple (P50 biasa) dan Quad Camera (P50Pro).

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like