Rangkaian Kegiatan Peringatan Harkitnas 2022

Teknatekno.comHari Kebangkitan Nasional 2022 sebentar lagi akan diperingati oleh seluruh bangsa Indonesia. Oleh karena itu rangkaian kegiatan peringatan Harkitnas ke 114 perlu di terbitkan sebagai pedoman penyelenggaraan peringatan salah satu hari besar nasional ini.

Terkait dengan hal tersebut, maka Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia telah menerbitkan Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022.

Penyampaian Pedoman Penyelenggaran Harkitnas 2022 tersebut tertuang dalam Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 549/M.KOMINFO/HM.04.01/05/2022 tertanggal 13 Mei 2022.

Isi Pedoman Penyelenggaran Harkitnas 2022

Latar Belakang

Kita dapat merasakan bahwa situasi saat ini sudah jauh membaik dibandingkan pada saat awal dunia diserang ganasnya Covid-19 hingga ditetapkan sebagai pandemi global.

Buah usaha dari berbagai pihak yang semakin sigap dalam menangani setiap kasus, kesadaran masyarakat yang terus meningkat untuk saling menjaga dengan menerapkan protokol kesehatan serta pemerintah yang terus bekerja dalam pemulihan ekonomi nasional.

Beberapa negara kini telah berdamai dengan pandemi dengan menganggap Covid-19 kini hanya seperti flu biasa. Sebuah berita yang sangat dinantikan oleh semua khalayak seakan dapat memperkuat rasa optimisme untuk keluar dari keterpurukan.

Roda yang dulu terhenti kini perlahan bergerak, kita yang sempat terpuruk kini mulai bertindak. Kita perlu satukan tekad bersama demi bangkit kembali.

Tahun ini kita akan memperingati Hari kebangkitan ke-114 yang jatuh pada tanggal 20 Mei 2022. Pada masanya, Dr Sutomo beserta para pelajar STOVIA mendirikan perhimpunan Budi Utomo untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dari bangsa-bangsa lain.

Kita pun harus memiliki semangat juang yang sama untuk membebaskan diri dari pandemi yang diakibatkan Covid-19. Kita harus mendukung pemerintah Indonesia agar mampu beradaptasi dengan cepat dan melewati masa-masa krisis.

Jangan biarkan keadaan membelenggu kita dalam masa-masa sulit. Kita tidak akan pernah bergerak dan berubah bila hanya saling menunjuk. “Ayo Bangkit Bersama” agar Indonesia kembali jaya, semangat ini lah yang akan kita bawa pada 114 Tahun Hari Kebangkitan.

Tujuan

Tujuan peringatan 114 Tahun rangkaian kegiatan peringatan. Kebangkitan Nasional Tahun 2022 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan.

Dan menguatkan semangat gotong-rotong kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, untuk mempercepat pulihnya bangsa kita dari pandemi Covid- 19 dalam “Ayo Bangkit Bersama”.

Tema

Tema rangkaian kegiatan peringatan 114 Tahun Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei 2022 adalah: “Ayo Bangkit Bersama”.

Tema Hari Kebangkitan Nasional 2022

Logo

Logo 114 Tahun Kebangkitan Nasional melambangkan semangat yang berkobar, kedamaian serta awal yang baru. Logo dapat di unduh melalui tautan berikut: https://komin.fo/logoharkitnas114

Arti Logo 114 Tahun Kebangkitan Nasional

  • Siluet Gunungan Merah Putih seperti roket yang melambangkan awal dan semangat kebangkitan Indonesia, seperti toket yang menjulang tinggi.
  • Angka 114 di dalam gunungan Merah Putih melambangkan sejak 114 tahun yang lalu Indonesia melindungi dan mengayomi rakyatnya dengan kedamaian.
  • Tagline ”Indonesia Bangkit” dengan font Bold melambangkan tekad bansa Indonesia untuk bangkit.
  • Warna merah melambangjan kuat, berani, dan semangat yang berkobar.
  • Warna putih melambangkan kedamaian dan awal yang baru.
  • Warna biru melambangkan perlindungan dan kenyamanan.

Pokok-Pokok Rangkaian Kegiatan Peringatan Harkitnas

1. Upacara Bendera secara Hybrid

Upacara bendera memperingati rangkaian kegiatan peringatan yang ke 114 Tahun Kebangkitan Nasional tahun 2022 dilaksanakan secara serentak dan terbatas pada hari Jumat tanggal 20 Mei 2022.

Oleh Kantor atau Lembaga dan Instansi Pemerintah pada daerah-daerah dengan status penularan Covid-19 yang sudah terkendali.

Upacara dilaksanakan secara Hybrid dengan peserta yang hadir secara fisik sangat dibatasi serta tetap menerapkan protocol kesehatan yang berlaku.

Tata Upacara Bendera

  1. Pengibaran Bendera Sang Saka Merah Putih
  2. Menyanyikan Lagu Kebangsaan lndonesia Raya
  3. Mengheningkan Cipta
  4. Pembacaan Naskah Pancasila
  5. Pembacaan Naskah Pembukaan UUD 1945
  6. Pembacaan naskah pidato Menteri Komunikasi dan Informatika
  7. Pembacaan Do’a

2. Ziarah ke Taman Makam Pahlawan

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk:

  1. Di Yogyakarta, dilaksanakan Ziarah ke Makam DR. Wahidin Soediro Hoesodo usai upacara bendera,
  2. Ziarah juga dilaksanakan di Surabaya ke Makam DR. Soetomo usai upacara bendera.
  3. Publikasi dan Dokumentasi.
  4. Televisi dan radio.
  5. Media sosial masing-masing Kementerian atau Lembaga atau Pemda.

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar rangkaian kegiatan peringatan Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas.

Hari Kebangkitan Nasional Ditetapkan Oleh Siapa?

Peringatan tersebut dibuat pertama kali pada tahun 1948 oleh Presiden Soekarno setelah Indonesia merdeka. Karena sejarah berdirinya organisasi Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908, maka tanggal 20 Mei ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Siapa Saja Tokoh yang Terlibat Dalam Kebangkitan Nasional?

  1. Wahidin Soedirohoesodo
  2. Soetomo
  3. H. O. S. Tjokroaminoto
  4. E. F. E. Douwes Dekker
  5. Tjipto Mangoenkoesoemo
  6. Soewardi Soerjaningrat

BACA JUGA:

Cara Edit Design Twibbon Peringatan Hari Guru Nasional
Apa itu Twibbon, Manfaat dan 3 Cara Membuatnya

Penutup

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa rangkaian kegiatan peringatan Harkitnas 2022 berdasarkan Pedoman Penyelenggaran Hari Kebangkitan Nasional 2022 yang ke 114. Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai rangkaian kegiatan peringatan Hartkitnas 2022. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button