Pengertian Microsoft Onenote, Fungsi, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan

Teknatekno.com – Kemajuan teknologi semakin canggih. Kegiatan sekecil apapun, saat ini dapat dilakukan secara online. Salah satu contoh dari aplikasi pencatatan adalah Microsoft OneNote. Pengertian Microsoft OneNote adalah salah satu aplikasi Microsoft Office yang berfungsi seperti buku catatan (notebook)

Tempat kamu dapat menulis, menggambar, mencorat-coret, menyisipkan file, audio, dan media lainnya, dan membagikannya kepada semua orang. Nah, Lantas sebenarnya apa sih itu Microsoft OneNote? kamu bisa simak artikel dibawah ini.

Memahami Pengertian Microsoft OneNote

Pengertian Microsoft OneNote adalah alat pencatat yang memungkinkan kolaborasi multi-pengguna. Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini untuk berbagai tugas seperti memproses catatan, foto, tangkapan layar, dan komentar suara. Catatan yang dibuat dapat dibagikan dengan pengguna OneNote lainnya melalui internet.

Diketahui juga, Microsoft OneNote ini sebelumnya merupakan bagian dari suite Microsoft Office. Namun, Microsoft akhirnya menghasilkan versi aplikasi Windows 10 UWP-App (Universal Windows Platform). Selain itu, beberapa fungsi telah disederhanakan dan dioptimalkan untuk layar sentuh.

Kemudian, sebagai aplikasi mandiri, Microsoft meluncurkan versi Microsoft OneNote. Tentu saja, ini gratis untuk digunakan di berbagai platform, termasuk macOS, Windows RT, Windows Phone, iOS, dan Android. Selanjutnya, sebagai bagian dari OneDrive dan Office untuk web, Microsoft menawarkan versi berbasis web dari OneNote.

Memahami Pengertian Microsoft OneNote

Fungsi Microsoft OneNote

Tentu saja, berbagai fungsi tersedia dalam perangkat lunak Microsoft Office. Sebagai contoh, perhatikan Microsoft Word, yang merupakan aplikasi pengolah kata. Namun, tidak demikian halnya dengan Microsoft OneNote.

Arti dari perangkat lunak pencatat sendiri adalah aplikasi yang didesain untuk membuat sebuah catatan. Dengan bantuan program ini, kamu akan diberikan kemudahan dalam melakukan pencatatan.

Dalam catatan tersebutpun kamu dapat menyertakan tabel, gambar, video, atau link website. Untuk lebih detail mengenai fungsi Microsoft OneNote, dapat kamu simak pada berikut ini.

  1. Untuk menuliskan pikiran.
  2. Untuk membuat to-do list.
  3. Membuat rencana project plan.
  4. Membuat Resep.
  5. Buat daftar belanja.
  6. Menulis Quick Notes.

Manfaat Microsoft OneNote

Berikut penjelasan beberapa manfaat dari aplikasi Microsoft OneNote yang perlu kamu ketahui.

1. Mengatur File Dengan Rapi

Salah satu manfaat adalah kamu dapat mengatur file dengan benar. Sebuah notebook digital dapat mencakup berbagai file dengan ekstensi powerpoint, word, excel, audio, foto, video, link internet, dan lain-lain.

Dengan cara ini, kamu akan memiliki semua catatan penting dan keseluruhan dalam Buku Catatan. Agar file tersebut tidak tercampur dengan yang lainnya.

2. Dapat Berkolaborasi

Manfaat lain adalah kamu dapat bekerja sama dengan rekan kerja atau teman sekelas. Kemampuan OneNote mencakup kemampuan untuk bertukar pekerjaan atau tugas proyek dengan orang lain.

Tentunya dengan menggunakan sistem berbasis cloud. kamu dapat berkolaborasi dengan teman-teman kamu tanpa perlu bertemu langsung.

3. Mendukung Dibeberapa Device

Aspek yang paling menarik dari aplikasi OneNote ini adalah fleksibilitasnya. Artinya kamu tidak memerlukan PC atau laptop untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Microsoft OneNote dapat digunakan di berbagai platform, termasuk Android, iOS, dan Windows Phone. Dengan begitu, kamu dapat mengaksesnya dari mana saja. Tentu akan sangat luar biasa jika aplikasi OneNote ini bisa sinkron dengan internet.

Fitur Didalam Microsoft OneNote

Fitur Didalam Microsoft OneNote

Dikutip dari situs resmi Microsoft OneNote, beberapa fitur utama di dalam aplikasi satu ini adalah:

1. Organize

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Microsoft OneNote memungkinkan kamu membuat catatan digital tampak dan terasa seperti buku asli. kamu dapat kembali ke halaman tertentu, membagikan apa yang telah kamu hasilkan, atau bahkan memulai buku catatan baru.

Fitur ini tidak hanya membuat pencatatan lebih menyenangkan, tetapi juga membuatnya lebih teratur dan teratur. Seperti setiap catatan, ada penjelasan rinci. Misalnya, beberapa catatan untuk pengeluaran bulanan, sementara yang lain untuk tempat kerja.

2. Tag

Fitur Microsoft OneNote berikut menyediakan berbagai tag yang dapat digunakan untuk mengatur konten catatan.

Misalnya, membuat to-do list, menandakan mana yang harus dikirim melalui email, dan masih banyak lagi. Intinya, tag ini menunjukkan apa yang dijelaskan oleh catatan yang dihasilkan. Ini mungkin dianggap sebagai simbol.

3. Ink

Bosan mengetik dan lebih suka menggambar saja? Tentu bisa, dong. OneNote memiliki fitur ink(tinta) yang memungkinkan kamu menggambar dengan jari atau pena dengan bebas.

4. Mix Media

Fitur lain dari Microsoft OneNote yang tak kalah menarik adalah mix media. Kamu bisa memasukkan foto, video (bisa dari online), dokumen seperti e-book, atau bahkan merekam audio biasa atau membuat catatan.

Cukup tekan tombol mikrofon, ucapkan apa yang ingin kamu ingat, dan OneNote akan secara otomatis menyalin ucapan kamu ke dalam bentuk tertulis. Bukankah itu menarik? Sayangnya, saat ini tidak ada pilihan bahasa Indonesia.

5. Share

Fitur terakhir adalah kemampuan untuk berbagi notebook kamu dengan teman, keluarga, atau kolega. Alat ini, bila digunakan dengan benar, dapat benar-benar mendorong kolaborasi antara kamu dan rekan kerja kamu.

Jadi, jika kamu memiliki persyaratan, buatlah daftar tugas bersama; semuanya dapat diselesaikan dengan menggunakan OneNote ini. Untuk memberi kamu pemahaman yang lebih baik, tonton video di bawah ini dari Tech Insider, yang menjelaskan cara menggunakan OneNote dan kemampuannya.

Kelebihan Microsoft OneNote

Kelebihan Microsoft OneNote

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari Microsoft OneNote yang perlu kamu ketahui:

1. Mudah Berkolaborasi

Kamu dapat menggunakan OneNote untuk mengomunikasikan berbagai file tentang bisnis atau persyaratan lain dengan teman tanpa perlu bertemu langsung.

2. Bisa Sinkron dengan Microsoft OneDrive

Jika kamu menggunakan OneNote edisi Office 365, itu akan disinkronkan dengan OneDrive secara otomatis.

3. Dapat Memasukkan Elemen Apapun

Kamu juga dapat menambahkan foto, tulisan tangan, gambar, musik, video, tangkapan layar, grafik, dan objek ke OneNote.

4. Terintegrasi dengan Microsoft Office

Saat menulis di OneNote, kamu dapat menyisipkan dokumen dari aplikasi Microsoft Office lainnya, termasuk sebagai Word, Excel, dan PowerPoint, ke dalam Outlook.

5. Support untuk Banyak Perangkat

Tools ini support untuk banyak perangkat, seperti Windows, iOS, hingga Android.

Kekurangan Microsoft OneNote

Kurang begitu populer dan belum banyak orang mengerti, tidak seperti Microsoft Word dan aplikasi Notes bawaan ponsel. Untuk mengakses fitur tambahan, kamu harus membayar terlebih dahulu. Biaya untuk mendapatkan fitur berbayar berkisar dari $69,99 dan 139,00, tergantung pada paket yang dipilih.

Cara Mendownload Ms. OneNote

Berikut ini ada dua cara mendownload Microsoft OneNote yang perlu kamu ketahui:

1. Menggunakan OneNote di Web

Saat kamu tidak memiliki akses ke perangkat lunak OneNote di komputer, kamu dapat menggunakan OneNote untuk web untuk mengakses semua buku catatan berbasis cloud dari mana saja di dunia.

Dengan browser web apa pun saat ini, terlepas dari sistem operasi tempat komputer atau perangkat dipinjam atau disewa.

OneNote untuk web fitur antarmuka pita satu baris di dekat bagian atas layar. Saat panel Navigasi muncul, panel ini menampilkan tab bagian buku catatan berwarna secara vertikal di sisi kiri layar. Daftar tab halaman langsung diperlihatkan di sisi kanan tab bagian.

Versi online OneNote memiliki antarmuka pita satu baris di bagian atas layar. Saat panel Navigasi terbuka, tab bagian buku catatan berwarna diperlihatkan secara vertikal di sisi kiri layar. Di sisi kanan tab bagian, daftar tab halaman aktif ditampilkan.

  • Tempat Mendapatkannya

Kunjungi www.onenote.com browser web modern apa pun, lalu klik tombol Masuk berwarna ungu untuk masuk dengan akun Microsoft atau akun kantor atau sekolah kamu. Tidak perlu mengunduh atau menginstal OneNote untuk web karena selalu siap digunakan.

  • Cara Memperbaruinya

Karena OneNote untuk web kamu adalah layanan berbasis web dan bukan program yang diinstal, itu diperbarui secara otomatis setiap kali kamu menggunakannya.

2. Menggunakan OneNote untuk Android

OneNote untuk Android dapat diunduh dari Google Play Store dan digunakan di setiap ponsel atau tablet Android yang kompatibel dan dapat menjalankan Android 5.0 atau yang lebih baru. OneNote untuk Android memungkinkan kamu menampilkan, mengedit, menyinkronkan, dan mencari buku catatan berbasis cloud.

Perangkat lunak ini juga memungkinkan kamu untuk melihat dan mengelola peringatan Catatan Tempel, serta mengonfigurasi opsi navigasi dan tampilan serta mengontrol pengaturan privasi kamu.

  • Tempat Mendapatkannya

Install Microsoft OneNote untuk Android Ketuk tautan ini di ponsel atau tablet Android kamu untuk menginstal OneNote sebagai aplikasi mandiri gratis.

  • Cara Memperbaruinya

Tetap OneNote dan aplikasi lainnya tetap diperbarui tidak hanya memastikan kamu akan mendapatkan akses ke fitur terbaru, tapi kamu juga akan mendapatkan manfaat dari pembaruan keamanan terbaru.

  1. Buka aplikasi Play Store di ponsel atau tablet Android kamu.
  2. Ketuk tombol menu di sudut kiri atas, lalu pilih Aplikasi dan game saya.
  3. Temukan OneNote, lalu ketuk tombol Perbarui di sampingnya, jika tersedia.

Tanya Jawab Tentang Microsoft One Note

Berikut ini adalah tanya jawab seputar Microsoft One Note yaitu:

1. Apakah Microsoft One Note berbayar?

OneNote (sebelumnya dikenal sebagai “OneNote 2016”) adalah program desktop gratis yang disertakan dengan Office 2019 dan Microsoft 365 yang beroperasi pada semua versi Microsoft Windows yang didukung.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai pengertian Microsoft OneNote hingga cara mendownload Microsoft OneNote . Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan.

Microsoft OneNote adalah alat pencatat yang memungkinkan kolaborasi multi-pengguna. Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini untuk berbagai tugas seperti memproses catatan, foto, tangkapan layar, dan komentar suara.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button