Maksimal Top Up DANA di Alfamart, M Banking dan ATM, Ketahui Limit Transfer Per Hari

Teknatekno.com – Hai Teknozen, tahukah kamu berapa maksimal top up DANA dan batas limit transfer DANA per hari? Sebelum kalian memutuskan untuk berbelanja menggunakan aplikasi DANA,  nah dalam artikel ini akan dibahas mengenai limit transfer serta limit top up DANA per hari. Kamu akan mengetahui batasan maksimum dalam melakukan transfer dan top up di aplikasi DANA. Silahkan simak untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

DANA merupakan aplikasi e-wallet yang semakin populer di Indonesia. Selain sebagai alat pembayaran yang mudah dan cepat, DANA juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti transfer uang, top up pulsa, dan membayar tagihan. Namun, seperti halnya layanan keuangan lainnya, DANA juga memiliki batasan-batasan dalam penggunaannya.

Salah satu batasan yang perlu Teknozen ketahui adalah limit transfer dan saldo maksimal top up DANA per harinya. Nah, dalam artikel ini, Teknatekno akan membahas secara lengkap mengenai batasan-batasan tersebut.

Sekilas Tentang DANA

DANA adalah platform pembayaran dan transfer uang digital yang dikembangkan oleh PT Espay Debit Indonesia Koe (DANA). Platform ini memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai transaksi keuangan secara mudah dan aman melalui aplikasi DANA yang bisa diunduh di perangkat Android dan iOS.

DANA menyediakan fitur transfer uang ke sesama pengguna DANA, transfer uang ke rekening bank, pembayaran tagihan listrik, air, telepon, pembelian pulsa, top up saldo, dan layanan tambahan seperti pemesanan tiket kereta api dan pesawat, pembelian voucher game, dan layanan kesehatan seperti pembelian obat dan booking dokter.

Selain itu, DANA dilengkapi dengan teknologi keamanan canggih seperti enkripsi data dan otentikasi pengguna serta telah memenuhi standar dan persyaratan yang ditetapkan oleh otoritas keuangan Indonesia.

DANA juga terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga pengguna bisa merasa aman dan nyaman dalam melakukan transaksi keuangan melalui platform ini. Dalam mengoperasikan platformnya, DANA terus mengembangkan layanan dan fiturnya dengan menawarkan promo, cashback, dan program reward yang menarik bagi pengguna.

Dengan kelebihan-kelebihannya, DANA menjadi salah satu platform pembayaran digital terpopuler dan terkemuka di Indonesia yang semakin banyak digunakan oleh masyarakat.

Jumlah Batasan Saldo Maksimal TopUp Dana

 

Batas Maksimal Top Up DANA dan Transfer

Setelah mengetahui tentang aplikasi DANA, kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan, seperti transfer dan top up. Namun, kamu juga harus memperhatikan batasan-batasan yang diberlakukan oleh DANA terkait limit transfer dan saldo maksimal top up DANA per hari. Berikut pembahasan lebih lanjut mengenai limit transfer dan top up DANA.

1. Limit dan Biaya Transfer DANA

No.Jenis TransferMinimal TransferMaksimal TransferBiaya Admin
1Sesama Pengguna DANARp 1Rp 2.000.000Gratis
2Sesama Pengguna DANA PremiumRp 10.000.000Gratis
3Ke Rekening Bank dan e-walletRp 10.000Rp 2.000.000
4Ke Rekening Bank dan e-wallet DANA PremiumRp 10.000.000
5Ke Sesama Pengguna DANA melalui chatGratis
6Ke Rekening BankRp 10.000Rp 2.000.000Rp 4.500
7Ke Rekening Bank>Rp 50.000Gratis

Catatan:

  • Biaya admin transfer DANA ke sesama pengguna DANA Premium dan transfer DANA ke rekening bank dan e-wallet DANA Premium tidak tertera karena tidak dikenakan biaya.
  • Biaya admin transfer saldo DANA ke rekening bank hanya dikenakan jika transfer di bawah Rp 50.000.

2. Batas Top Up DANA

No.Metode PembayaranMinimal
Top Up
Maksimal
Top Up
Biaya Admin Top Up
1Rekening BankRp 10.000Rp 2 juta – Rp 10 juta (dengan DANA Premium)Gratis
2Ramayana RobinsonRp 10.000Rp 2 juta – Rp 10 juta (dengan DANA Premium)Gratis
3Mini MarketRp 50.000Rp 500.000Gratis
4PegadaianRp 50.000Rp 500.000Gratis
5Pos IndonesiaRp 50.000Rp 500.000Gratis

Catatan:

  • Untuk top up DANA melalui rekening bank, batas maksimal top up tergantung pada status akun DANA (regular atau premium).
  • Biaya admin top up DANA via merchant, bank, dan agen tidak dikenakan biaya.

Cara Melakukan Top Up DANA

Salah satu fitur utama DANA adalah kemampuan untuk melakukan top up saldo, yang bisa dilakukan melalui berbagai cara termasuk melalui Alfamart, Mobile Banking, dan ATM. Berikut adalah cara-cara top up saldo DANA yang bisa kamu lakukan:

1. Melalui Alfamart

Mungkin kamu bertanya, minimal top up DANA di Alfamart berapa sih? Perlu kamu ketahui, bahwa limit minimal top up DANA di Alfamart yang bisa kamu pilih yaitu sebesar Rp 50 ribu, sedangkan batas maksimal top up DANA di Alfamart yaitu sebesar Rp 1 juta dengan kelipatan Rp 50 ribu.

Jadi, jika kamu ingin mengisi saldo sebesar Rp 1,5 juta, kamu perlu melakukan dua kali transaksi. Pertama, transaksi sebesar Rp 1 juta, kedua, transaksi sebesar Rp 200 ribu, dan seterusnya sesuai dengan kebutuhan.

Kamu harus memperhatikan nominal batas top up DANA di Alfamart ini ketika ingin melakukan top up DANA. Jika saldo yang kamu masukkan melebihi batas maksimum, maka transaksi kamu akan ditolak.

Berikut adalah cara top up DANA di Alfamart:

  • Kunjungi gerai Alfamart terdekat di kota kamu.
  • Sampaikan ke kasir bahwa kamu ingin melakukan top up saldo DANA.
  • Berikan nomor ponsel yang terdaftar sebagai akun DANA dan nominal saldo yang ingin diisikan.
  • Bayar sesuai dengan total yang tertera.
  • Simpan struk pembayaran dari kasir sebagai bukti dan tunggu beberapa saat untuk mengecek apakah saldo DANA kamu sudah terisi.

2. Via Mobile Banking

Kamu bisa menggunakan aplikasi m-banking yang kamu miliki untuk melakukan top up DANA dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi DANA dan pilih menu “Top Up”.
  • Pilih “Bank Transfer” dan pilih bank yang ingin digunakan sebagai metode pembayaran.
  • Salin nomor Virtual Account (VA) yang muncul di layar.
  • Buka aplikasi mobile banking yang kamu miliki.
  • Pilih menu “m-Transfer”.
  • Pilih “Ke Rekening Virtual Account”.
  • Tempelkan nomor VA yang telah kamu salin sebelumnya.
  • Masukkan nominal saldo yang ingin kamu top up.
  • Ikuti instruksi yang muncul di layar untuk menyelesaikan transaksi.
  • Cek aplikasi DANA untuk memastikan saldo telah masuk dengan benar.

3. Via ATM

Dalam mengisi saldo aplikasi DANA, kamu bisa memilih metode top up yang beragam. Salah satunya adalah melalui mesin ATM bank yang bekerja sama dengan DANA. Agar proses top up bisa berjalan dengan lancar, kamu perlu memperhatikan beberapa langkah berikut ini.

Sebelum pergi ke mesin ATM, pastikan kamu sudah mengetahui nomor Virtual Account (VA) dari DANA. Untuk mendapatkan nomor VA ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi DANA di ponsel dan pilih menu ‘Top Up’.
  • Pilih ‘Bank Transfer’ lalu masukkan nama bank yang akan kamu gunakan.
  • Salin dan simpan nomor Virtual Account akan muncul di layar.

Setelah mendapatkan nomor VA, kamu bisa langsung menuju mesin ATM yang bekerja sama dengan DANA. Berikut adalah langkah-langkahnya untuk beberapa bank yang umumnya digunakan:

a. Top Up DANA via ATM BCA

  1. Masukkan kartu ATM BCA, lanjutkan dengan PIN.
  2. Pilih ‘Transaksi Lainnya’.
  3. Pilih ‘Transfer’.
  4. Pilih ‘BCA Virtual Account’ dan ketikkan nomor VA yang kamu simpan.
  5. Masukkan nominal saldo yang diinginkan.
  6. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan transaksi.
  7. Cek aplikasi DANA untuk memastikan saldo telah berhasil masuk.

b. Top Up DANA via ATM Mandiri

  1. Masukkan kartu ATM Mandiri, pilih Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, lanjutkan dengan PIN.
  2. Pilih ‘Pembayaran/Pembelian’.
  3. Pilih ‘Multi Payment’ dan ketikkan nomor VA yang kamu simpan.
  4. Masukkan nominal saldo yang diinginkan.
  5. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan transaksi.
  6. Cek aplikasi DANA untuk memastikan saldo telah berhasil masuk.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Teknozen bisa dengan mudah mengisi saldo aplikasi DANA melalui mesin ATM yang tersedia. Namun, pastikan juga untuk selalu memeriksa nomor VA yang digunakan agar tidak terjadi kesalahan saat melakukan transaksi.

Batasan Limit Saldo Maksimal Top Up DANA

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar saldo top up DANA.

1. Top Up DANA Bisa Melalui Apa Saja?

Top Up DANA dapat dilakukan melalui berbagai platform, termasuk aplikasi SpeedCash, ATM, transfer bank, dan minimarket Indomaret dan Alfamart.

2. Apakah Bisa TopUp DANA di Alfamart?

Layanan topup DANA maksimal Rp 500.000 telah tersedia di minimarket Alfamart, Alfamidi, dan toko-toko Pegadaian terdekat. Adapun syarat topup atau isi ulang DANA di Alfamart, Alfamidi, dan Pegadaian minimal Rp 50.000, Rp 100.000, serta kelipatan Rp 50.000.

3. Top Up DANA Paling Kecil Berapa?

Harap diingat bahwa kamu hanya bisa mengisi saldo minimal Rp 10.000. Namun, saat ini ada berbagai transaksi bank yang membutuhkan saldo setoran minimal Rp 20.000. Sementara itu, saldo minimum yang disetor untuk mengisi saldo DANA di gerai minimarket adalah Rp 50.000.

4. Batas Maksimal Top Up DANA Jam Berapa?

Bagi yang bertanya top up DANA di Alfamart sampai jam berapa, berikut ini jadwal jam top up DANA di Alfamart:

  • Senin 06.00 – 22.00 WIB.
  • Selasa 06.00 – 22.300 WIB.
  • Rabu 06.00 – 22.00 WIB.
  • Kamis 06.00 – 22.00 WIB.
  • Jumat 06.00 – 22.00 WIB.
  • Sabtu 06.00 – 22.00 WIB.
  • Minggu 06.00 – 22.00 WIB.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, DANA adalah aplikasi yang memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai transaksi keuangan. Adanya limit transfer dan saldo maksimal top up DANA per hari bertujuan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna dalam menggunakan platform keuangan.

Teknozen bisa meningkatkan limit transfer dan saldo maksimal top up dengan melakukan verifikasi akun, menggunakan fitur DANA Premier, atau mengajukan permohonan peningkatan limit.

Namun, kamu juga harus memperhatikan kebijakan yang berlaku terkait limit transfer dan saldo maksimal top up agar tidak terkena sanksi dari DANA. Demikianlah penjelasan dari Teknatekno, semoga informasi bisa bermanfaat bagi kamu. Terima kasih sudah membaca!

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja.Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita.Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like