Tips Mengetahui dan Memilih Tenor Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Tenor Kredit Tanpa Agunan Pendek

  • Tenor pendek adalah kata yang lebih sering karena jumlah kreditnya tidak terlalu besar. Jangka waktu pengembalian minimal 1 (satu) tahun.
  • Tenor pendek cocok untuk Anda yang ingin cepat melunasi utang dan memiliki penghasilan yang stabil dengan tingkat penghasilan di atas rata-rata.
  • Jumlah pembayaran setiap bulan akan lebih tinggi tetapi pada akhirnya total pinjaman akan lebih rendah dari jangka waktu jangka panjang.
  • Seperti halnya tenor jangka panjang, tenor pendek yang dikombinasikan dengan tingkat suku bunga dan biaya tambahan yang dikenakan oleh bank akan mempengaruhi total jumlah pinjaman.
  • Contoh perhitungan total kredit menggunakan contoh yang sama seperti sebelumnya, pinjaman sebesar Rp. 12 juta dengan bunga flat 12 persen per tahun.

Namun, dengan jangka waktu pinjaman satu tahun, pembayaran cicilan sebesar Rp1.120.000 setiap bulan selama 12 bulan akan menghasilkan total pengembalian sebesar Rp13.440.000

Dari kelebihan dan kekurangan masing-masing tenor, Anda harus menyadari bahwa bukan hanya jumlah angsuran yang harus diperhatikan, tetapi jumlah total pinjaman secara keseluruhan serta tingkat pendapatan dan kemampuan Anda untuk membayar angsuran sangat mempengaruhi pilihan tenor.

Jika penghasilan Anda di atas rata-rata, Anda dapat memilih tenor yang lebih pendek sehingga total akhir akan lebih sedikit. Sebaliknya, jika Anda memiliki penghasilan yang lumayan, pilihlah tenor yang lebih panjang.

Lebih baik lambat daripada terlambat

Selain aspek durasi pinjaman, saat memilih KTA, Anda juga harus memperhatikan suku bunga, limit kredit, biaya tambahan dan lain sebagainya.

Alangkah baiknya jika Anda bisa memilih tenor pinjaman yang lebih pendek sehingga Anda akan lebih cepat terbebas dari utang.

Namun, ubah kemampuan pembayaran Anda dengan tenor yang akan Anda pilih. Lebih baik untuk meminimalkan risiko keterlambatan atau pembayaran default karena ini dapat menyebabkan total pinjaman yang lebih tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal program Telegram di smartphone Anda.

Kesimpulan:

KTA (Kredit Tanpa Agunan) adalah jenis kredit yang diberikan oleh bank-bank Indonesia dimana nasabah tidak memerlukan agunan (collateral) untuk menerima uang pinjaman. Setiap bank akan memberikan KTA dengan suku bunga yang bervariasi, biaya dan jumlah pinjaman yang berbeda.

Jangka waktu pinjaman dapat bervariasi berdasarkan jumlah pinjaman dan kemampuan pembayaran peminjam. Tenor pendek cocok untuk Anda yang ingin cepat melunasi utang dan memiliki penghasilan yang stabil dengan tingkat penghasilan di atas rata-rata.

Tenor pendek yang dikombinasikan dengan suku bunga dan biaya tambahan yang dikenakan oleh bank akan mempengaruhi jumlah total pinjaman. Lebih baik untuk meminimalkan risiko keterlambatan atau pembayaran default karena ini dapat menyebabkan total pinjaman yang lebih tinggi.

Pages: 1 2Show All

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like