Tips Mengetahui dan Memilih Tenor Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Teknatekno.com – KTA (Kredit Tanpa Agunan) adalah jenis kredit yang diberikan oleh bank-bank di Indonesia dimana nasabah tidak memerlukan agunan (collateral) untuk menerima uang pinjaman.

Tentunya setiap bank akan memberikan KTA dengan suku bunga, biaya dan jumlah pinjaman yang bervariasi, selain itu jangka waktu pinjaman juga akan beragam.

Tenor pinjaman adalah jangka waktu pinjaman di mana Anda harus melakukan cicilan bulanan. Jangka waktu pinjaman dapat bervariasi berdasarkan jumlah pinjaman dan kemampuan pembayaran peminjam.

Jika nominal pinjaman besar dan kemampuan pengembalian modal Anda kecil, tenor pinjaman akan lebih lama. Sebaliknya, jika nominal pinjaman sedikit, tenor pinjaman akan lebih pendek.

Kesimpulannya, tenor pinjaman harus disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Namun bagaimana cara terbaik untuk mengetahui tenor pinjaman yang sesuai untuk Anda.

Kelihatannya mudah, tetapi sebenarnya ini adalah hal yang sangat penting ketika Anda ingin melakukan pinjaman dari bank dan membantu Anda.

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Masing-masing Tenor Kredit Tanpa Agunan

Berikut kelebihan dan kekurangan masing-masing tenor.

Tenor Kredit Tanpa Agunan Panjang

  • Tenor panjang dengan jangka waktu paling lama 3 (tiga) tahun karena jumlah pinjaman tidak terlalu besar karena tidak adanya agunan. Bank tidak akan mengambil risiko untuk memberikan jumlah pinjaman yang terlalu besar.
  • Biasanya diberikan jika Anda adalah seorang karyawan yang memiliki penghasilan tetap, dimana hal ini sangat dibutuhkan oleh pihak bank untuk meminimalisir resiko kegagalan pembayaran (kredit jelek) (kredit macet)
  • Biasanya jumlah cicilan atau cicilan yang harus dibayar setiap bulannya akan lebih sedikit, namun total pengembaliannya akan lebih besar.
  • Jumlah pinjaman akan bervariasi dan dipengaruhi oleh variabel lain seperti suku bunga dan biaya lain yang dikenakan oleh bank.
  • Contoh perhitungan jumlah total pinjaman di KTA adalah jika Anda mengajukan KTA dan berhasil mendapatkan total pinjaman sebesar Rp. 12 juta dengan tingkat bunga tetap 12 persen per tahun dan tenor pinjaman 2 (dua) tahun, kemudian dengan angsuran bulanan sebesar Rp. 620.000, selama 24 bulan, total pinjaman Anda menjadi Rp 14.880.000

Pages: 1 2

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like