Ide Bisnis Digital Terbaik 2022 yang Menjanjikan

Teknatekno.com – Apa saja bisnis digital yang menjanjikan di tahun 2022 ini? Pilihannya banyak sekali. Di artikel ini, kami telah merangkumnya untuk Anda. Membangun bisnis digital memiliki kendala tersendiri.

Namun, jika Anda memulai dengan baik, proses selanjutnya akan berjalan lebih lancar untuk Anda. Bagaimana caranya? Semuanya dimulai dengan sebuah ide. Hasil terbaik tidak di luar jangkauan jika Anda dapat menemukan ide bisnis digital yang ideal dan kemudian membangunnya dengan benar.

Sebelum membahasnya lebih jauh, mari kita pelajari dulu apa itu bisnis digital dan apa saja kelebihannya.

Apa itu Bisnis Digital

Apa itu Bisnis Digital?

Bisnis digital adalah jenis bisnis jasa yang menciptakan keunggulan bersaing melalui penciptaan value yang unik bagi pelanggan dengan cara melakukan digital transformation.

Bisnis digital, berbeda dengan apa yang kita yakini sebelumnya, tidak terbatas pada penjualan produk tidak berwujud seperti perangkat lunak. Produk digital, seperti ebook, bukan satu-satunya fokus perdagangan digital (buku elektronik).

Lebih dari itu, segala bentuk usaha yang menjual produknya secara online, baik yang memanfaatkan website maupun aplikasi, termasuk dalam area bisnis digital. E-commerce adalah salah satu contohnya.

Padahal, banyak contoh perusahaan digital yang terbukti mampu menciptakan omzet yang menguntungkan. Ade Iskandar adalah contoh utama. Dialah orang di balik kesuksesan Datangya.com, sebuah website yang menawarkan jasa pembuatan undangan online.

Ide yang dimilikinya sangat inventif, berawal dari keinginan untuk membatasi penggunaan kertas undangan yang akhirnya disia-siakan, ia mengembangkan usahanya dari nol.

Bagaimana pendapat orang tentang bisnis ini? Sangat bagus! Pada jumlah ini, ada 190.000 undangan yang dikeluarkan di seluruh negeri.

Artinya, siapa pun dapat memasuki bisnis digital dan masih banyak prospek bisnis yang tersedia bagi mereka yang melakukannya. Dan anda memiliki potensi untuk menjadi tokoh besar berikutnya.

Ide Bisnis Digital Terbaik

Baiklah, berikut beberapa konsep bisnis digital yang dapat Anda terapkan pada tahun 2022:

1. Membuat Toko Online

Membuat toko online melibatkan pembuatan website atau platform sebagai sarana untuk transaksi pembelian produk secara online. Karena besarnya potensi bisnis e-commerce di Indonesia, berjualan online menjadi salah satu ide bisnis digital teratas.

Anda mungkin langsung membayangkan portal e-commerce seperti Tokopedia, bukan? Anda tidak salah. Namun, ada satu hal yang perlu Anda ingat: membangun toko online Anda sendiri adalah keputusan yang baik. Apakah ada manfaatnya?

Pertama, toko online Anda akan memiliki desain baru. Baik dalam hal pengenalan merek maupun dalam hal kepercayaan yang dimiliki pelanggan terhadap Anda. Anda memiliki kendali penuh atas bagaimana produk disajikan.

Selain itu, menjalankan toko online yang sukses menunjukkan bahwa Anda adalah profesional e-niaga yang berpengalaman. Kesan ini kurang mungkin terbentuk saat memasuki pasar.

Kedua, Anda tidak bergantung pada pihak lain. Anda memiliki kendali penuh atas masalah apa pun yang mungkin berkembang jika Anda menjalankan toko online Anda sendiri. Selain itu, Anda juga dapat mengembangkan bisnis Anda sesuai dengan strategi Anda.

Ketiga, membuat toko online Anda sendiri itu mudah. Tanpa keahlian pemrograman apa pun, Anda dapat membuat toko online profesional. Saat ini, ada beberapa platform manajemen konten yang menggunakan hosting WordPress yang memudahkan pembuatan situs web bahkan untuk pemula.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang cara membuat situs web toko online, panduan ini mungkin dapat membantu Anda.

2. Menekuni Bisnis Afiliasi

Afiliasi adalah praktik mempromosikan barang orang lain dengan imbalan komisi. Tiga komponen utama meningkatkan operasi jaringan afiliasi. Pertama, Anda bergabung untuk jaringan afiliasi dan kemudian mendapatkan kode rujukan atau tautan unik.

Kedua, Anda memasarkan produk menggunakan website atau media sosial Anda. Ketiga, Anda akan mendapatkan persentase dari hasil penjualan jika pembeli menggunakan kode atau tautan yang Anda berikan.

Jika Anda sukses menekuni bisnis digital ini, Anda mungkin akan sukses seperti Hadi Hartono dan Pat Flynn. Di situs webnya, Pat Flynn menyatakan pendapatan dari bisnis digitalnya mendekati $ 2 juta. Luar biasa!

Ada ribuan program afiliasi yang dapat Anda ikuti, seperti Afiliasi Amazon yang menawarkan produk asing kepada klien global. Berikut panduan tentang afiliate marketing yang dapat Anda pelajari lebih lanjut.

3. Menjadi Youtuber

Berapa banyak uang yang bisa dapat Anda hasilkan sebagai YouTuber? Rp. 43 miliar setahun! Ya, Anda membacanya dengan benar. Youtuber yang mendapatkan penghasilan dari ini adalah Ria Ricis.

Dedikasinya dalam menghasilkan konten menarik di saluran YouTube-nya telah membuatnya mendapatkan hingga 17 juta pengikut. Membuat dan memelihara saluran YouTube dengan berbagai konten asli mungkin merupakan bisnis digital yang menguntungkan.

Satu hal yang menarik dari YouTube adalah setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk meraih kesuksesan. Anda hanya perlu memikirkan apa keahlian Anda dan juga menarik untuk membuat konten.

Apa sumber pendapatan yang Anda miliki? Mungkin melalui iklan atau dari review sponsor yang Anda lakukan.

4. Bisnis Dropship

Dropship adalah bisnis digital yang memungkinkan Anda untuk menjual produk tanpa repot dengan pergudangan dan pengiriman. Jadi, Anda hanya bergantung pada kemampuan menjual Anda saja. Inilah yang paling membedakan antara dropship dan reseller.

Dropship berbeda dari pemasaran afiliasi, di mana Anda adalah orang yang benar-benar menjual produk dan menerima pembayaran dari pelanggan, sedangkan dengan pemasaran afiliasi Anda hanya seorang pemasar.

Penghasilan bisnis dropship timbul dari selisih uang yang Anda dapatkan dari pembeli dengan jumlah uang yang Anda bayarkan kepada produsen barang. Salah satu aspek yang paling menarik tentang dropshipping adalah produsen yang bertanggung jawab untuk mengangkut barang ke pelanggan.

Bisa dikatakan dropshipper berperan sebagai perantara antara dua pihak yang terlibat dalam pembeli barang. Dropshipping mungkin merupakan bisnis digital yang menarik karena Anda dapat memulai tanpa uang tunai dan menentukan sendiri produk apa pun yang ingin Anda jual.

5. Menjadi Blogger Terkenal

Anda pasti ingat sosok Raditya Dika, seorang penulis buku dan aktris film. Jalur kesuksesannya dimulai dengan blogging di halaman blognya sendiri pada saat itu: goatjantan.com.

Jika Anda sudah memiliki blog, pastikan untuk mengisinya dengan konten yang bermanfaat dan menarik yang akan membuat pengunjung baru. Panduan lengkap membuat blog ini dapat membantu Anda memulai jika Anda belum memilikinya.

Tahap selanjutnya adalah menjadikan blog Anda sebagai sumber penghasilan. Metode? Seperti blogger terkenal Iwan Banaran, Anda dapat menyewa ruang iklan di blog Anda.

1 2Next page

Related Articles

Back to top button