Strategi Promosi dalam Meningkatkan Brand Awareness Sebuah Bisnis

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali Teknatekno akan memberikan kamu beberapa tips, cara atau strategi promosi untuk meningkatkan brand awareness dalam bisnis yang akan atau sedang kamu jalani.

Brand awareness merupakan hal yang sangat penting bagi setiap bisnis agar dikenal oleh banyak orang.

Jika kamu bekerja dengan modal yang terbatas, tapi ingin bersaing dengan beberapa bisnis di bidang yang sama dengan kamu, maka kamu perlu mengetahui strategi promosi brand awareness dibawah ini.

Startegi Promosi Tingkatkan Brand Awareness

Berikut adalah beberapa strategi promosi untuk meningkatkan Brand Awareness dalam bisnis kamu:

Inbound Marketing

Mulai dikenal sejak tahun 2006, metode ini menjadi metode paling efektif di era pemasaran digital sekarang ini. Bahkan perusahaan besar pun menggunakan metode marketing yang sedang hits ini. Kami menulis buku khusus untuk membahas metode marketing Inbound Marketing ini. Kamu bisa mendownload nya secara gratis di sini.

Pemasaran Konten

Melakukan promosi melalui konten marketing telah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Namun hingga saat ini masih banyak bisnis yang belum memanfaatkan konten marketing sebagai alat utama untuk mempromosikan brand mereka.

Hal ini sangat disayangkan karena konten marketing memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan traffic sebuah website, menghasilkan lebih banyak prospek, memperpendek siklus penjualan, dan hal lain sebagainya.

Jika kamu ingin membangun sebuah brand awareness, maka membuat konten yang berkualitas secara teratur bisa menjadi taktik yang sangat berpengaruh untuk perkembangan brand kamu.

Selain konten yang berkualitas, ternyata memiliki website yang responsif dan menarik juga bisa membuat para pelanggan tertarik untuk membacanya.

Kamu bisa menyewa jasa pembuat konten atau jasa pembuatan website atau menggunakan jasa pembuatan website Spica untuk pembuatan website yang sudah teroptimasi dengan SEO agar bisa membantu sebuah konten untuk bersaing dengan ribuan bisnis lain yang sudah aktif melakukan strategi tersebut.

Memanfaatkan Media Sosial

Menemukan waktu yang tepat untuk membagikan tulisan dan promosi tentang bisnis kamu di media sosial bisa menjadi seuatu tantangan tersendiri, tetapi jika kamu melakukannya, kamu harus benar benar secara aktif berkomitmen untuk memposting dan berinteraksi dengan audien secara berkala.

Dengan memposting konten yang relevan dan on-topic maka kamu akan mengumpulkan banyak audiens yang bisa menjadi prospek bagi bisnis kamu.

Selain itu, jangan lupa untuk merespon para audiens kamu yang berguna untuk menambah pengikut (follower) di sosial media kamu. Ini berarti kamu harus menanggapi komentar di halaman media sosial kamu pada waktu yang tepat dan melibatkan mereka dalam percakapan.

Gunakan facebook ads untuk mempercepat proses peningkatan brand awareness. Download video training Facebook Ads untuk pemula secara gratis di sini.

Menggelar Event

Apapun jenis bisnis yang kamu jalani, mengadakan sebuah event adalah cara yang bagus untuk mendapatkan perhatian dari para klien kamu. Ini bisa menjadi sebuah ajang promosi untuk pengembangan bisnis seperti peluncuran produk atau promosi produk baru.

Kamu bahkan bisa mengadakan sebuah workshop untuk berbagi keahlian profesional kamu bagi para pengunjung event tersebut.

Dengan menggelar live event bisa memberi kamu waktu yang berharga dengan calon pelanggan dan menawarkan kesempatan kepada mereka untuk lebih mendalami produk dan juga brand kamu.

Selain itu, kamu juga bisa memakai beberapa tema yang sedang tren untuk menarik lebih banyak pelanggan untuk datang ke event kamu.

Tunjukkan Indentitas Brand

Membuat sebuah pameran bisa menjadi stratei promosi yang sangat efektif untuk mempromosikan brand kamu kepada ratusan orang di pasar sasaran kamu.

Namun, biaya yang dibutuhkan bisa terbilang cukup mahal, jadi kamu harus mempersiapkannya dengan cermat untuk memastikan kamu mendapatkann keuntungan dari acara tersebut.

Tak hanya itu, dengan mengorganisir sebuah kompetisi atau mengadakan giveaway merupakan beberapa cara yang bagus untuk menarik perhatian mereka.

Siapa yang tidak suka mendapatkan sesuatu dengan cuma cuma? Berikan hadiah yang terdapat brand kamu di barang tersebut seperti contohnya peralatan makan dan minum, yang akan digunakan sehari hari sehingga mereka akan merasa familiar dengan brand kamu.

Kolaborasi dengan Bisnis Lain

Jika kamu bisa mengidentifikasi bisnis lain yang menargetkan jenis pelanggan yang sama seperti kamu, namun tidak bersaing secara langsung, maka ada kesempatan untuk kamu bergabung dan saling menguntungkan satu sama lain.

Misalnya jika kamu seorang penjual bunga kamu bisa menawarkan diskon eksklusif untuk pelanggan toko pengantin yang ada di area kamu. Bagi kamu, ini cara yang bagus untuk menarik pelanggan baru.

Mensponsori Sesuatu

Menjadi sponsor suatu acara atau produk merupakan cara lain yang telah terbukti untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan brand awareness.

Mensponsori sebuah acara bisa memberi perusahaan waktu yang berharga untuk bertatap muka secaa eksklusif dengan peserta serta memberikan peluang bagi brand kamu untuk dikenal lebih dalam.

Berinvestasi pada Merchandise

Memberikan merchandise adalah salah satu cara untuk berterima kasih kepada para pelanggan atas kontribusi mereka pada bisnis kamu dan juga cara untuk memperkuat brand awareness.

Kamu bisa memberikan pena yang terdapat brand kamu dan rincian produk pada pelanggan sehingga mereka akan membuat produk kamu menjadi bagian sehari hari dalam kehidupan mereka.

Semakin kreatif kamu dengan hadiah (merchandise) yang kamu berikan maka akan semakin baik. Sesuatu yang tidak biasa atau dipersonalisasi akan menyenangkan si penerima dan bisa menyebabkan mereka mengeposkan tentang merchandise tersebut di media sosial sehingga brand awareness bisnis kamu akan meningkat.

Pemasaran Melalui Video

Pemasaran melalui video terus meningkat popularitasnya, seperti contohnya video Facebook Live sekarang dilaporkan mencapai 8 miliar tayangan setiap harinya, bahkan melebihi jumlah tayangan YouTube sebanyak 5 miliar per hari.

Ini berarti jika kamu memiliki konten video yang berkualitas tentang brand kamu, ada kemungkinan kamu akan memiliki banyak audiens yang ingin menontonnya dan meningkatkan follower dan jumlah like pada page media sosial kamu.

Kesimpulan

Itulah beberapa strategi promosi atau cara untuk membangun brand awareness pada bisnis kamu. Dengan sedikit imajinasi dan pemahaman tentang pelanggan kamu, maka bisnis yang sedang kamu jalankan akan berkembang dengan pesat dalam waktu yang cukup singkat.

Related Articles

Back to top button