Cara Membuat Rekening BNI TabunganKu

Teknatekno.com -Di antara berbagai produk tabungan yang ditawarkan oleh bank, seperti BNI TabunganKu. Terkadang kita bingung harus memilih yang mana yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Setiap produk tabungan yang ditawarkan oleh bank tentunya beragam, serta memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga sebaiknya Anda memilih jenis produk tabungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Nah, bagi yang ingin menabung di bank BNI perlu mengetahui produk tabungan apa saja yang tersedia. Ada banyak produk tabungan BNI, mulai dari rekening fee hingga yang gratis atau biaya administrasi.

Oleh karena itu, Anda dapat memilih rekening jenis TabunganKu. Permintaan produk ini semakin meningkat karena selain bebas administrasi bulanan juga memiliki persyaratan yang mudah. Ini adalah fiturnya.

Apa itu TabunganKu BNI_

Apa itu BNI TabunganKu?

Produk TabunganKu sendiri tidak hanya dirilis oleh BNI, tetapi juga dapat ditemukan di bank-bank lain di Indonesia.

Awalnya, program TabunganKu diluncurkan oleh pemerintah dan diperkenalkan pertama kali pada tahun 2010, dengan harapan dapat menarik minat masyarakat untuk sadar akan pentingnya hidup hemat melalui menabung.

Apakah Tabunganku hanya produk dari BNI saja? jawabannya tidak, TabunganKu tidak hanya dimiliki oleh BNI tetapi juga bank-bank lain seperti Tabunganku BRI, Tabunganku BCA, dan masih banyak lagi bank yang menawarkan produk tersebut.

Program TabunganKu, sesuai aturan yang ditetapkan Bank Indonesia (BI), memiliki fitur standar (wajib), yaitu penerapan fitur produk yang akan distandarisasi oleh setiap bank yang meluncurkan produk. Berikut adalah fitur standar TabunganKu:

  • Bebas dari biaya administrasi
  • Setoran awal minimum Rp20.000 untuk bank umum (seperti BNI) dan Rp10.000 untuk bank syariah dan Bank Umum Beirut.
  • Saldo minimum untuk bank umum adalah Rp20.000 (misalnya BNI) dan Rp10.000 untuk bank syariah/Bank Umum Beirut
  • Minimal tarik tunai di bank umum adalah Rp20.000 (misalnya BNI) dan Rp50.000 di Bank Umum/Bank Syariah Beirut

Suku bunga TabunganKu di bank umum atau bonus setoran di bank syariah dihitung berdasarkan saldo harian dan tidak progresif, serta dibayarkan sesuai dengan jangka waktu pembayaran yang berlaku di masing-masing bank. Sedangkan saldo minimum BNI bermacam – macam tergantung dari jenis tabungannya.

Selain fitur wajib, BI juga mengimplementasikan fitur opsional (custom) yang dapat dipilih oleh bank dalam pelaksanaan program TabunganKu. Misalnya kartu ATM, rekening koran, buku tabungan, atau jasa lainnya sepanjang tidak melanggar kesepakatan yang telah disepakati bersama.

Poin terakhir ini sering kita jumpai, mengapa setiap bank memiliki aturan dan ketentuan yang berbeda dalam membuat rekening TabunganKu. Untuk TabunganKu, BNI sendiri juga memiliki syarat dan aturan yang bersifat opsional, dan baik BNI konvensional maupun BNI Syariah memiliki aturan yang berbeda.

Syarat Buka Rekening Tabunganku

TabunganKu merupakan program pemerintah, dimana sasaran utamanya adalah masyarakat umum yang ingin menabung. Karena jenis rekening ini hanya untuk tabungan, bukan untuk keperluan bisnis atau transaksi. Jadi, persyaratannya sangat sederhana dan mudah.

Dengan cara ini, siapa saja dapat membuka rekening TabunganKu jenis ini. Lantas, apa saja syarat buka rekening TabunganKu BNI? Sangat sederhana, yaitu:

  • Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) asli
  • Setoran awal tunai Rp 20.000

Karena pemerintah sudah resmi menerapkan e-KTP, jadi kalau pakai KTP biasa (KTP lama), sekarang sudah tidak bisa lagi. Tidak ada syarat lain, seperti saat membuka rekening publik harus membawa Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dll. Oleh karena itu, persyaratan pembukaan rekening TabunganKu sangat mudah dan sederhana.

Cara Membuat Rekening Tabunganku

Nah, untuk cara membuat Tabunganku BNI juga terbilang mudah dan tidak jauh berbeda ketida mengajukan buka rekening baru Tabungan BNI lainnya di Bank. Anda dapat mendatangi kantor cabang BNI terdekat dan menanyakan ke bagian customer service.

Setelah customer service menjelaskan fitur dan software rekening TabunganKu BNI, Anda akan diminta untuk menyediakan dua persyaratan yaitu e-KTP dan uang tunai Rp. 20.000 sebagai setoran awal.

Setelah mengisi Formulir Pembukaan Rekening BNI TabunganKu dan membayar setoran awal di teller, proses selesai dan rekening siap dibawa pulang untuk dijadikan buku tabungan.

Keuntungan BNI TabunganKu

Semakin banyak masyarakat yang memahami manfaat produk TabunganKu, maka semakin banyak nasabah yang mendaftar untuk produk ini. Ada banyak fitur unggulan dari BNI TabunganKu, antara lain:

  • Setoran awal yang sangat ringan untuk siapa saja
  • Nasabah akan mendapatkan bukti kepemilikan berupa buku TabunganKu
  • Tidak ada biaya administrasi bulanan
  • Penggantian gratis dari buku besar baru
  • Penarikan uang gratis atau gratis hingga dua kali sebulan

Jika Anda melakukan transaksi penarikan lebih dari dua kali dalam satu bulan, Anda akan dikenakan biaya transaksi yang juga sangat ringan yaitu hanya Rp1.000.

Seluruh operasional transaksi, baik penarikan, setoran tunai maupun pemindahbukuan, dapat dilakukan melalui teller di kantor cabang utama atau service desk di bawah ini.

  • Saldo minimal hanya Rp 20000
  • Minimal penarikan Rp 200.000 (tidak termasuk closing book)
  • Biaya penutupan buku berdasarkan permintaan pelanggan adalah Rp 20.000

FAQ

Berikut pertanyaan seputar BNI TabunganKu.

Berapa Potongan BNI TabunganKu Perbulan?

Setiap nasabah pemegang rekening BNI Taplus dikenai biaya administrasi sebesar Rp 11.000 per bulan. Sementara, untuk rekening TabunganKu BNI, tidak dikenai biaya administrasi bulanan sama sekali alias gratis.

Berapa Bunga TabunganKu BNI?

Berikut ini suku bunga per tahun bagi pemilik saldo BNI TabunganKu:

  1. Kurang dari Rp500.000 : 0,01%
  2. Lebih dari Rp 500.000 sampai Rp1.000.000 : 0,15%
  3. Lebih dari Rp1.000.000 : 0,25%

Apa Bedanya BNI Taplus dan BNI TabunganKu?

Minimal setoran awal pada BNI TabunganKu hanya Rp 20.000, sedangkan setoran awal BNI Taplus yaitu sebesar Rp 250.000 sampai Rp 500.000.

Kesimpulan

Ada banyak produk tabungan BNI, mulai dari rekening berbayar hingga yang gratis atau biaya administrasi. Program TabunganKu diluncurkan oleh pemerintah dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010. Permintaan akan produk ini semakin meningkat karena bebas administrasi bulanan dan persyaratan yang mudah.

TabunganKu merupakan program pemerintah, dimana sasaran utamanya adalah masyarakat umum yang ingin menabung. Jenis rekening ini hanya untuk tabungan, bukan untuk keperluan bisnis atau transaksi.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button