Apa itu Card Reader? Definisi, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Teknatekno.com – Buat Teknozen yang memiliki perangkat elektronik dengan media penyimpanan bernama memori card, kamu pasti tahu apa itu card reader. Alat inilah yang mempunyai peranan penting ketika kamu ingin melihat isi memori card kamu di komputer.

Mengenal Apa itu Card Reader

Apa itu car reader? Card reader bisa didefinisikan sebagai perangkat keras (hardware) komputer yang fungsi utamanya adalah sebagai media pengakses (pembaca) memori card. Bisa pula menyebut card reader sebagai perangkat kecil yang punya fungsi membaca kartu media portabel melalui sambungan USB.

Kalau Wikipedia memberi definisi card reader atau lengkapnya memory card reader sebagai Pembaca kartu memori. Alat ini memilifi fungsi untuk membaca kartu memori yang umumnya menggunakan sambungan USB di komputer.

Perlu kamu ketahui bahwa card reader itu memiliki kemampuan untuk menerima satu atau lebih jenis kartu media. Misalnya saja SD, xD atau CompactFlash.

Jika komputer kamu tidak memiliki card reader secara built-in, maka kamu butuh yang namanya card reader jika ingin transfer data dari memori card ke hard drive atau juga sebaliknya.

Untuk kecepatan aksesnya sendiri, card reader bisa diandalkan. Kecepatan bacanya hingga mencapai rata-rata 37,4MB/s sementara untuk kecepatan menulis rata-rata mencapai 17,6MB/s. Jadi sudah cukuplah bisa kamu andalkan.

Fungsi Card Reader

Dari penjelasnya sudah sangat jelas apa itu fungsi memori card. Memori card berfungsi sebagai media perantara yang memiliki kemampuan untuk membaca memori. Untuk lebih detailnya, berikut fungsi card reader:

1. Media Penghubung dan Pembaca

Card reader memiliki kemampuan untuk menghubungkan kartu memori dengan komputer melalui sambungan USB. Misalnya saja kamu punya data yang tersimpan di memori card handphone, kamera atau lainya. Maka kamu bisa lihat data yang ada di dalam memori tersebut di komputer.

Cukup kamu ambil memori card-nya, lalu pasang di slot card reader lalu hubungkan kabel Usb card reader ke komputer. Data yang tersimpan di memori card, bisa pula kamu hapus, copy dan lainya.

2. Penyimpan Data

Card reader juga bisa berfungsi sebagai media penyimpan data. Syaratnya harus ada kartu memori yang terpasang di card reader. Jadi kalau hanya kartu memori saja, tentu kamu tidak bisa memindahkan data dari komputer ke memori card. Card reader disini akan berperan sebagai media penyimpanan.

Dibanding dengan lainya, menggunakan card reader sama artinya tidak memerlukan perangkan asli untuk mengakses isi memori card dan menghemat daya baterai.

Manfaat Card Reader

Hanya dengan membawa card reader dan memori card, berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan:

  • Bisa menyimpan data
  • Bisa memindahkan data dari satu komputer ke kompuiter lain
  • Bisa mengedit data dari satu media digital ke komputer atau sebaliknya.

Dengan adanya card reader, tentunya ini sangat berguna untuk kehidupan zaman sekarang. Apalagi ukuranya yang kecil sehingga bisa dibawa kemana-mana tanpa memerlukan ruang yang besar.

Cara Kerja Card Reader

Setelah memahami apa itu cara reader, lalu bagaimana cara kerja card reader? Card reader bekerja dengan cara yang sederhana:

  1. Ketika kamu menghubungkan card reader dengan memori card terpasang di dalamnya, komputer langsung mengaksesnya. Seketika itu pula, card reader akan langsung mengirimpkan sinyal listrik ke memori card lewat kontak yang berada di ujung casing kartu.
  2. Sama seperti cara kerja yang ada pada memori solid-state, memori card juga menggunakan rangkaian transistor dalam merekam data. Transistor inilah yang mewakili data biner, yang tidak lain adalah bentuk basic semua file komputer.
  3. Kemudian bila arus listrik dari kartu pembaca USB mampu melewati transistor, maka bagian tersebut akan dibaca jadi 1 (satu). Sementara kalau tidak mampu melewati transistor, maka akan dikembalikan jadi 0 (nol). Pembaca kartu akan mengirimkan hasilnya ke program komputer.

Jenis Card Reader

Sebelumnya, card reader hanya mampu membaca satu jenis memori saja. Misalnya hanya SD saja atau CF saja. Berbeda dengan saat ini, kamu bisa dengan mudah menemukan card reader yang bisa mengakses berbagai macam memori card atau yang disebut multi card reader. Sehingga menurut tipenya, card reader dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

1. Single Slot

Single slot yang sering pula disebut dengan card reader 2in1, 3in1, 5in1 dan seterusnya. Sebagaimana namanya, jenis card reader ini hanya punya satu lubang dan hanya bisa membaca satu jenis memori tertentu saja, misalnya T-Flash, Nokia, MMC, SD Card, RSMMC dan RSMMCDV.

2. Multi Slot

Multi slot atau card reader yang punya empat lubang/slot. Jenis ini, sering pula disebut sebagai Ia juga dikenal dengan sebutan 9in1, 12in1, 15in1 dan seterunya. Hanya saja untuk saat ini lebih akrab disebut dengan “All in One”.

Hal ini karena jenis kartu ini bisa untuk banyak jenis memori card, mulai dari Memory Stick Duo (SD), CF, XD, Stick Pro Duo, MicroDrive, Secure Media dan lain-lain.

Untuk sekarang ini, kebanyakan pengguna card reader lebih memilih card reader jenis multi slot. Karena jenis ini bisa digunakan untuk beragam jenis memori. Sehingga satu card reader bisa untuk banyak kartu.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu card reader beserta fungsi, cara kerja dan jenis-jenisnya. Buat Teknozen yang sedang mencari rekomendasi card reader, kami sarankan agar memilih card reader yang benar-benar bagus dan berkualitas ya. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button