Rekomendasi Aplikasi Password Manager Terbaik dan Aman

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan memberikan kamu beberapa rekomendasi aplikasi password manager yang bisa kamu manfaatkan untuk mengamankan akun kamu.

Demi keamanan, kita memang sering disarankan untuk menggunakan password yang rumit dan berbeda-beda antara satu akun dan yang lainnya. Kerumitan password memang penting demi keamanan. Tapi efeknya, kita kesulitan untuk mengingatnya.

Sebelum kita membahas rekomendasi aplikasi password manager, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian dan juga manfaat yang diberikan oleh aplikasi ini. Simak berikut ini!

Apa itu Aplikasi Password Manager?

Password manager adalah tool yang berguna untuk menyimpan semua password akun pengguna. Mulai dari password email, media sosial, aplikasi ecommerce, mbanking, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan password manager, kita tidak lagi terjebak masalah dengan takut lupa password saat membuat kata sandi yang berbeda-beda untuk setiap akun.

Kombinasi password yang rumit memang disarankan untuk meningkatkan keamanan akun kita. Password yang rumit akan membuat orang semakin sulit menebak password kita.

Kita bisa menggunakan analogi cara kerja password manager ini sebagai sebuah brankas. Semua password kita akan berada dalam satu tempat yang aman dan dikunci dengan protokol canggih dengan nama Advanced Encryption Standard (AES) 256 bit.

Kita hanya perlu mengingat-ingat satu “kunci” saja untuk membuat brankas tersebut. Kunci ini bisa kita sebut sebagai master password yang pertama kali kita atur saat menggunakan password manager.

Jadi daripada harus mengingat semua password yang sulit dan berbeda-beda untuk sebuah akun, disini kita hanya perlu menggunakan satu master password kita saja. Menarik bukan?

Manfaat Password Manager

Sebagai aplikasi pengelola password, banyak tool manajer password yang menawarkan fitur lebih dari sekedar menyimpan password. Berikut adalah beberapa manfaat dari password manager:

1. Menyimpan Data Penting Lainnya

Aplikasi pengelola password ini bukan hanya untuk menyimpan password saja, namun juga informasi penting lainnya. Mulai dari informasi data diri (tanggal lahir, kota, gender, dsb), jawaban pertanyaan pemulihan akun, nomor kartu kredit, hingga resep obat sekalipun.

Semua informasi penting kita akan aman dengan perlindungan enkripsi AES 256 bit. Selain itu, data kita juga tidak akan tercecer dan dikelola dalam satu tempat.

2. Menciptakan Password yang Sangat Aman

Aplikasi password manager yang berkualitas mempunyai fitur auto generated password. Dengan fitur ini, kita bisa membuat password baru secara acak.

Password acak ini tentunya mempunyai kerumitan tinggi sesuai rekomendasi keamanan. Bukan hanya kombinasi angka saja, tapi juga huruf besar dan kecil, serta karakter spesial. Kita pun bisa dengan mudah menciptakan password yang sangat aman dan sulit dibobol.

3. Terhubung dengan Berbagai Perangkat

Kelebihan selanjutnya dari password manager adalah memungkinkan perisai keamanan kita terhubung ke berbagai perangkat dalam satu akun. Kita bisa memasangnya pada browser di komputer dan berbagai perangkat lain yang sama-sama siap digunakan.

Artinya, kita bisa login dengan aman dan cepat menggunakan perangkat apapun. Karena, brankas keamanan kita sudah terhubung ke berbagai perangkat dalam satu akun password manajer yang sama.

4. Perlindungan dari Serangan Phising

Phishing adalah salah satu metode cyber crime yang populer dan bisa menyerang siapa saja. Saat menjadi calon korban kejahatan siber ini, pelaku akan mengarahkan kita masuk ke website palsu yang mempunyai tampilan mirip dan meminta kita untuk login.

Saat berada di website palsu ini, password manager tidak akan bisa melakukan autofill karena mereka tidak mengenali identitas website tersebut. Dengan begitu, kita akan lebih mudah mengenali website palsu dan terhindar dari kejahatan phising.

9 Rekomendasi Aplikasi Password Manager

Dari sekian banyak aplikasi manager password, berikut ini rekomendasi aplikasi password manager yang Teknatekno rangkum untuk kamu coba:

1. LastPass

LastPass merupakan salah satu pelopor dalam aplikasi password manager dengan jumlah pengguna lebih dari 25 juta di seluruh dunia. Aplikasi manajer password ini tersedia dalam bentuk ekstensi browser dan aplikasi untuk Windows, Android, Mac dan iOS.

Kelebihan LastPass

LastPass bisa kita gunakan secara gratis atau berbayar. Versi gratis sendiri menyajikan fitur keamanan kata sandi yang melimpah. Mulai dari menyimpan password tidak terbatas, password generator, mengisi password otomatis, dan tambahan keamanan melalui scan sidik jari atau wajah dengan multi-factor authentication (MFA).

Saat mendaftar pertama kali, fitur yang pengguna peroleh sudah termasuk free trial 30 hari dari versi premium. Artinya, kita bisa mencoba fitur premium secara tidak langsung sejak awal menggunakan.

Menariknya, fitur yang melimpah ini tidak membuat tampilan LastPass versi ekstensi kurang intuitif. LastPass dalam versi extension bahkan disebut mempunyai UX dan UI yang sangat baik.

Kekurangan LastPass

Kekurangan tool ini terletak pada versi aplikasi yang membutuhkan banyak perbaikan agar lebih ramah pengguna. Untuk saat ini versi aplikasi mash kurang intuitif, meski tidak mengurangi manfaat dari aplikasi ini.

2. 1Password

Sama seperti LastPass, 1Password juga termasuk tool pelopor dalam hal password manager. Hanya saja, versi berbayar 1Password hanya menyediakan free trial selama 14 hari untuk penggunanya.

Kelebihan 1Password

1Password mempunyai banyak fitur canggih untuk menjamin keamanan password akun. Misalnya saja Watchtower yang bekerja mengirimkan informasi kepada kita saat terjadi kebocoran data di dunia maya.

Ada juga Travel Mode yang bisa menghapus sementara data pribadi kita saat bepergian, sehingga tetap aman saat perangkat kita hilang.

1Password sangat bisa diandalkan untuk kebutuhan password manajer keluarga atau bisnis. Untuk keluarga, pricing yang mereka set mendukung hingga 5 keluarga. Kita bisa bebas mengatur brankas pribadi, brankas keluarga, dan hak akses masing-masing anggota keluarga.

Sedangkan untuk bisnis, versi Starter Pack 1Password memungkinkan kamu untuk mengatur perisai keamanan hingga untuk 10 tim. Setiap personel bisa mempunyai 1GB untuk penyimpanan dokumen dan mengatur hak akses masing-masing personil.

Kekurangan 1Password

Yang menjadi kekurangan dari aplikasi yang satu ini adalah sampai saat ini 1Password tidak menyediakan versi gratis untuk penggunaannya.

3. KeePass

Manajer password ini adalah tool open source, yang sangat ringan dan mudah digunakan. Kita tidak perlu membayar apapun untuk mendapat fitur manajer password standar untuk kebutuhan sehari-hari, karena aplikasi ini 100 persen gratis.

Kelebihan KeePass

Menggunakan KeePass 100% gratis dan sangat ringan. Berikut adalah beberapa fitur penting yang ada di aplikasi password manager ini :

  • Penyimpanan password, secara online dan offline.
  • Password generator.
  • Sangat ringan, sehingga cocok untuk berbagai perangkat.
  • Bersifat portabel, sehingga tidak perlu instal di perangkat dan bisa dibawa kemana-mana.
  • Kemudahan ekspor data ke Txt, HTML, XML dan CSV.
  • Auto-type password.

Kekurangan KeePass

Keepas tersedia dalam berbagai pilihan versi yang bisa membuat penggunanya bingung. Selain itu, tool ini juga mempunyai interface yang tidak intuitif.

4. Bitwarden

Selanjutnya, ada Bitwarden yang mempunyai fitur standar keamanan yang cukup lengkap. Bitwarden memungkinkan penggunanya untuk menyimpan password tidak terbatas, sinkronisasi berbagai perangkat, dan juga penyimpanan kata sandi secara offline yang terenkripsi.

Kelebihan Bitwarden

Bitwarden juga menyediakan fitur unggulan password manager. Mulai dari kode OTP enam digit, 2FA, sinkronisasi perangkat, laporan kesehatan brankas, dan masih banyak lagi.

Bitwarden juga menawarkan beberapa versi penggunaan yang menarik. Selain versi gratis, ada juga versi premium, dan juga sharing (2 orang dan family sharing). Versi premium dari Bitwarden juga merupakan salah satu yang termurah dari banyak tool premium password manager.

Kekurangan Bitwarden

Bitwarden disebut mempunyai fitur autofill yang agak ribet dan mengharuskan pengguna untuk klik beberapa kali. Selain itu, tidak ada penjelasan fitur di aplikasi mereka, sehingga kita perlu mengunjungi situs web Bitwarden lebih dulu.

5. RoboFarm

Robofarm mempunyai kemampuan autofill yang sangat menakjubkan. Bukan hanya autofill password saja, RoboForm juga bisa mengisi otomatis berbagai form yang kompleks.

Kelebihan RoboFarm

Dari kompetitor, Roborm unggul dalam kemampuan autofill password dan berbagai formulir online.

Jika sering mengisi formulir secara online dengan informasi data diri, penggunaan RoboForm akan sangat membantu. Cukup dengan satu klik saja, formulir akan terisi otomatis sesuai data yang kita miliki.

Roboform juga memungkinkan kita untuk membuat beberapa identitas form ke delapan kategori berbeda. Mulai dari login media sosial, kartu kredit, paspor, hingga data kendaraan.

Password manager ini juga mempunyai fitur Manage Bookmark yang memudahkan kita untuk sinkronisasi bookmark ke berbagai browser dan perangkat yang kita gunakan.

Kekurangan RoboFarm

Sayangnya sampai saat ini RoboForm masih belum menyediakan fitur 2FA. RoboForm juga belum mendukung sinkronisasi data ke berbagai perangkat.

6. NordPass

NordPass sebenarnya termasuk pemain baru. Namun popularitasnya melesat cukup pesat berkat tingkat keamanan canggih yang mereka tawarkan. Saat password manager pada umumnya menggunakan metode enkripsi AES, Nordpass pilih menggunakan metode XChaCha20.

Keunggulan NordPass

NordPass menggunakan metode enkripsi XChaCha20 yang dianggap lebih aman dan mudah diimplementasikan. Metode ini juga lah yang digunakan perusahaan sekelas Google untuk perisai keamanan mereka. NordPass juga menerapkan zero-knowledge protocols dalam keamanan super canggih mereka.

Selain itu, tool manajer password ini juga mempunyai fitur MFA yang lengkap. MUlai dari sidik jari, face recognition, hingga TouchID. Interface mereka juga cukup intuitif untuk pemula.

Kekurangan NordPass

NordPass menyediakan versi gratis dan juga berbayar. Sayangnya, versi gratis hanya bisa kita gunakan untuk satu perangkat aktif saja. Sedangkan fitur berbagi password tidak mengizinkan pengguna untuk mengedit folder.

7. Sticky Password

Sticky Password mempunyai interface yang sederhana dengan penawaran beberapa fitur unik. Selain bisa menyimpan secara offline, tersedia juga versi portable untuk Windows yang bisa kita simpan di USB dan memory card.

Kelebihan Sticky Password

Selain penyimpanan offline dan USB, Sticky Password juga mendukung autofill form atau pengisian form otomatis. Sticky Password juga mendukung sinkronisasi cloud dan Wifi lokal di semua perangkat.

Kekurangan Sticky Password

Sticky Password sudah dibekali dengan AES 256bit untuk tingkat keamanan yang canggih. Sayangnya, proteksi tersebut tidak berlaku untuk versi portablenya. Pengguna perlu ekstra hati-hati jika menggunakan versi tersebut. Selain itu, Sticky Password juga mempunyai tampilan yang kurang intuitif.

8. Keeper Security

Keeper adalah password manager yang menawarkan tingkat keamanan yang tinggi dan fitur yang lengkap. Karena dua faktor ini, tidak heran jika Keeper hanya tersedia dalam versi berbayar. Ya, mereka tidak menyediakan versi gratis.

Kelebihan Keeper Security

Seperti yang sempat Panda sebutkan, Keeper menawarkan tingkat keamanan yang sangat tinggi dan fitur yang lengkap. Mulai dari fitur standar seperti penyimpanan password dan sinkronisasi tak terbatas, AES 256 bit, MFA, Zero knowledge protocol, hingga aplikasi pesan bernama KeeperChat.

KeeperChat sendiri adalah salah satu aplikasi yang dianggap paling aman di dunia. Alasannya karena fitur ini mempunyai enkripsi end-to-end, brankas digital yang bisa hancur dengan sendirinya saat terjadi serangan, dan galeri yang privat.

Kekurangan Keeper Security

Keeper tidak menyediakan versi gratis untuk saat ini. Selain itu, mereka juga menjual fitur tambahan (add-on) secara terpisah. Misalnya saja untuk perlindungan dari dark web, ada tambahan biaya $1,67/bulan.

9. Dashlane

Dashlane pertama rilis pada tahun 2021 silam. Kendati begitu, Dashlane cepat populer dan menjadi salah satu manajer password terbaik di pasaran.

Salah satunya karena Dashlane mempunyai fitur untuk mengganti banyak password sekaligus. Dan fitur ini bukan hanya untuk website populer seperti Netflix dan Facebook saja.

Keunggulan Dashlane

Selain mengganti banyak password sekaligus, Dashlane juga menawarkan VPN unlimited. Mereka juga mempunyai interface yang intuitif untuk penggunanya.

Selain itu, Dashlane juga menawarkan kualitas keamanan yang sangat baik. Yaitu dengan fitur keamanan AES 256 bit, Zero-knowledge protocols dan 2FA. Dengan fitur keamanan tinggi ini, dipastikan data pribadi kita akan sangat aman.

Kekurangan Dashlane

Dashlane menyediakan versi gratis untuk manajemen password yang sederhana dan versi berbayar untuk fitur yang lebih premium. Kendati begitu, harga termurah mereka cenderung lebih mahal daripada kompetitor.

Kesimpulan

Demikianlh rekomendasi aplikasi password manager yang bisa Teknatekno rangkum untuk kamu. Masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Jadi tinggal Teknozen pilih yang sesuai dengan keinginan kamu dan sesuai budget, karena beberapa aplikasi ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button