Cara Mempromosikan Diri di Linkedin Agar Diterima Kerja

Teknatekno.com – Linkedin merupakan sebuah portal bagi para jobseekers dan juga profesional untuk mencari pekerjaan dan kesempatan baru dalam menaikkan karir mereka. Lalu, bagaimana cara mempromosikan diri di Linkedin agar profil kita bisa lebih banyak dilirik oleh para rekruiter?

Nah, kali ini Teknatekno akan menjelaskan beberapa fitur Linkedin yang bisa kamu gunakan untuk menambah pengunjung profil pribadi kamu.

Tips Mempromosikan Diri di Linkedin

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan diri di Linkedin:

Gunakan Update Sponsor yang disediakan Linkedin

Seperti iklan-iklan yang biasa kamu lihat di media sosial lain, Linkedin juga menyediakan beberapa pilihan update sponsor. Caranya, buuatlah sebuah postingan yang ingin kamu iklankan kemudian atur budget kamu kemudian dapatkan keuntungan dari lebih banyak orang yang akan melihat postinganmu.

Semua koneksi kamu dan juga orang lain yang tercapai oleh budget kamu. Siapa tau aja sampai ke HRD yang sedang merekrut. Kelebihan dari fitur ini adalah kamu bisa membayar untuk memilih target dimana diri kamu ingin mempromosikan diri sesuai dengan pilihan yang disediakan oleh Linkedin.

Hal yang kamu perlu lakukan adalah hana untuk mengunjungi halaman perusahaan Linkedin dan mengisi fitur business account for biling purposes. Setelah itu kamu bisa membuat kampanye promosi kamu dan memutuskan yang mana kamu ingin promosikan.

Familiarkan Diri dengan Analisis Linkedin

Apakah kamu tahu bahwa kamu bisa melacak pergerakan profil Linkedin kamu melalui Analytics for Publishing? Dengan Analytic for Publishing, ketika kamu membuat sebuah postingan, kamu memiliki akses ke sebuah grafik yang akan memberitahu kamu berapa banyak pengguna Linkedin yang melihat profil kamu.

Selain itu kamu juga bisa menemukan kategori demografik dari orang-orang yang melihat profil kamu. Demografik ini terbagi menjadi beberapa kategori, tetapi yang paling sering muncul adalah industri, jenis pekerjaan, lokasi, dan sumber atau asal profil yang melihat kamu.

Kamu juga bisa melihat berapa banyak like yang kamu dapatkan di postingan kamu. Dengan semua informasi ini, kamu bisa memperbaiki atau mengembangkan profil kamu sehingga mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

Kamu juga bisa melacak apakah postingan kamu sampai pada target audiens mu atau mencari tahu jaring laba-laba telah sampai dimana.

Memperkaya Profil Diri

Di tahun 2020, tercatat ada 347 juta pengguna Linkedin diseluruh dunia. Bagaimana kamu bisa bersaing jika kamu tidak tahu cara untuk marketing diri kamu dengan menarik.

Salah satu cara menarik untuk memberi lebih banyak warna atau visual terhadap profil kamu yaitu dengan menambahkan konten visual yang bisa membuat profil kamu terlihat lebih menarik. Baca bagaimana membuat foto profil dengan pencahayaan yang baik disini.

Selain foto yang profil yang bagus, kamu juga pasti ingin menghias background profil Linkedin kamu, jangan khawatir karena tidak memilik potret yang astetik, bisa baca disini untuk tips fotografi bagi pemula.

Linkedin menyediakan sebuah fitur yang bisa membantu kamu memposting karya kamu bagi para desainer digital agar kamu bisa memperlihatkan dan mempromosikan portofolio kamu dengan mudah.

Mengikuti Kelompok Diskusi

Salah satu cara yang bagus untuk membangun koneksi di Linkedin itu adalah mengikuti kelompok yang berhubungan dengan target industri kamu. Misalnya, kalau kamu tertarik dengan industri marketing, kamu bisa mengikuti kelompok seperti B2B Marketing, dan eMarketing Association Network.

Ketika kamu telah mengikuti kelompok dalam industri kamu, kamu perlu memanfaatkanya semaksimal mungkin, yaitu dengan ikut berdiskusi di forum yang menarik bagi kamu. Orang-orang yang berada dalam forum tersebut bisa melihat pengetahuan dan kemampuan kamu.

Jika tidak, kamu juga bisa belajar beberapa hal baru dalam dunia marketing. Peribahasanya sambil nyelam minum air. Sambil promosi diri, bisa sambil belajar hal baru.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara mempromosikan diri di Linkedin yang efektif dan agar banyak para rekruiter atau perusahaan yang melirik profil kamu. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Back to top button