Pengertian Teknologi Informasi Menurut Ahli

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan membahas seputar teknologi informasi, mulai dari pengertian teknologi informasi, ruang lingkup teknologi, fungsi, tujuan serta manfaat teknologi informasi yang perlu kamu ketahui.

Semakin berkembangnya teknologi maka juga semakin banyak bidang yang ada dan perlu untuk dikembangkan. Salah satunya adalah teknologi informasi. Ini merupakan bidang yang berkaitan erat dengan perkembangan teknologi. Tanpa adanya teknologi informasi mungkin perkembangan yang terjadi tidak akan semaju ini.

Sederhananya, pengertian teknologi informasi adalah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer terutama pada aplikasi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Lebih jelasnya lagi, yuk simak artikel dibawah ini.

Memahami Pengertian Teknologi Informasi

Secara umum, pengertian teknologi informasi adalah suatu studi tentang perencanaan, pengembangan, implementasi, dukungan atau manajemen sistem informasi dengan basis komputer, terutama pada perangkat keras ataupun perangkat lunak.

Berdasarkan ITTA, teknologi informasi adalah suatu perancangan, studi, implementasi, dukungan, pengembangan ataupun manajemen sistem informasi yang berbasis komputer, terutama pada aplikasi hardware ataupun software komputer.

Teknologi ini menggunakan komputer elektronik serta perangkat lunak komputer untuk mengubah, memproses, menyimpan, melindungi, mentransfer, dan mengakses informasi dengan aman.

Teknologi ini tidak hanya dapat digunakan sebagai cara komunikasi melalui sarana elektronik, tetapi juga merupakan alat penting yang dibutuhkan perusahaan untuk berkoordinasi dengan baik dan juga melakukan pengarsipan berbagai dokumen penting lainnya.

Teknologi tersebut diaplikasikan agar bisa mengelola informasi secara realtime, yang menjadi salah satu bagian penting karena meningkatnya tingkat kompleksitas dari tuga manajemen, pengaruh ekonomi globalisasi, dan penting response time yang lebih cepat, serta tekanan akibat adanya persaingan bisnis.

Memahami Pengertian Teknologi Informasi

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian teknologi informasi menurut beberapa ahli:

1. Teknologi Informasi Menurut Haag dan Keen (1996)

Pengertian teknologi informasi menurut Haag dan Keen adalah seperangkat alat yang membantu kamu bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

2. Teknologi Informasi Menurut Martin (1999)

Pengertian teknologi informasi menurut Martin adalah teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarluaskan informasi.

3. Teknologi Informasi Menurut Williams dan Sawyer (2003)

Pengertian teknologi informasi menurut Williams dan Sawyer adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.

4. Menurut Oxford English Dictionary (OED)

Pengertian teknologi informasi menurut Oxford English Dictionary adalah hardware dan software dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis atau usaha.

5. Menurut ITTA (Information Technology Association of America)

Pengertian teknologi informasi menurut ITTA adalah suatu studi, perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terkhususnya pada aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer.

6. Teknologi Informasi Menurut Lucas (2000)

Pengertian teknologi informasi menurut Lucas adalah segala bentuk teknologi yang dapat diterapkan untuk mengirimkan sebuah informasi melalui media elektronik.

7. Menurut Mc. Keown (2001)

Pengertian teknologi informasi menurut Mc. Keown adalah mengacu pada semua bentuk teknologi yang digunakan untuk bisa menciptakan, menyimpan, mengubah, dan juga menggunakan informasi tersebut dalam semua bentuknya.

8. Menurut Kenneth C. Loudon (2004)

Pengertian teknologi informasi menurut Kenneth C. Loudon adalah salah satu alat yang digunakan para manajer untuk bisa mengatasi perubahan yang terjadi. Dalam masalah ini perubahan yang dimaksud adalah perubahan informasi yang telah di proses dan dilaksanakan penyimpanan sebelumnya di dalam komputer.

9. Menurut Brown, DeHayes, Hoffer, dan Perkins (2005)

Pengertian teknologi informasi menurut Brown, DeHayes, Hoffer, dan Perkins adalah kombinasi dari teknologi komputer yang tersusun dari perangkat keras dan perangkat lunak untuk memproses dan juga menyimpan teknologi komunikasi informasi untuk melakukan distribusi informasi.

10. Teknologi Informasi Menurut Wikipedia

Pengertian teknologi informasi menurut Wikipedia adalah istilah umum untuk teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.

11. Teknologi Informasi Menurut Kamus Oxford (1995)

Pengertian teknologi informasi menurut Kamus Oxford adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar.

Ruang Lingkup Teknologi Informasi

Ruang Lingkup Teknologi Informasi

Secara garis besar, teknologi informasi dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian: perangkat lunak (sofware) dan perangkat keras (hardware). Perangkat keras rnenyangkut pada peralatan-peralatan yang bersifat fisik. seperti memori, printer, dan keyboard.

Adapun perangkat lunak terkait dengan instruksi-instruksi untuk rnengatur perangkat keras agar bekerja sesuai dengan tujuan instruksi-instruksi tersebut. Haag, dkk (2000) membagi teknologi informasi menjadi 6 kelompok, yaitu:

  1. Teknologi masukan (input technology).
  2. Teknologi keluaran (output technology).
  3. Teknologi perangkat lunak (sqftware technology).
  4. Teknologi penyinipan (storage technology).
  5. Teknologi telekomunikasi (telecommunication technology).
  6. Mesin pemroses (processing machine) atau lebih dikenal dengan istilah CPU.

Berikut penjelasan dari masing-masing ruang lingkup teknologi informasi tersebut:

1. Teknologi Masukan

Teknologi masukan adalah segala perangkat yang digunakan untuk menangkap data informasi dari sumber asalnya. Contoh teknologi ini, antara lain barcode scanner dan keyboard.

Barcode scanner merupakan contoh produk teknologi masukan yang biasa digunakan pada pasar swalayan untuk melakukan pemasukan data penjualan di kasa.

2. Teknologi Keluaran

Supaya informasi bisa diterima oleh pemakai yang membutuhkan, informasi perlu disajikan dalam berbagai bentuk. Dalam hal ini teknologi keluaran mempunyai andil yang cukup besar. Pada umumnya informasi disajikan dalam monitor.

Namun, kadang kala pemakai menginginkan informasi yang tercetak dalam kertas. Pada keadaan seperti ini, peranti printer berperan dalam menentukan kualitas cetakan. Dewasa ini, terdapat berbagai peranti yang mendukung penyajian informasi, ter­masuk dalam suara.

3. Teknologi Perangkat Lunak

Untuk menciptakan informasi diperlukan perangkat lunak atau sering kali disebut program. Program adalah sekumpulan instruksi yang digUna­kan untuk mengendaiihan perangkat keras komputer.

Pengolah kata (word processor) merupakan contoh program yang banyak digunakan oleh pemakai komputer untuk membuat dokumen.

4. Teknologi Penyimpan

Teknologi penyimpan menyangkut segala peralatan yang digunakan untuk menyimpan data. Tape, hard disk, disket, dan zip disk merupakan contoh media untuk menyimpan data

5. Teknologi Telekomunikasi

Teknologi telekomunikasi merupakan teknologi yang memungkinkan hubungan jarak jauh. Internet dan ATM merupakan contoh teknologi yang memanfaatkan teknologi telekomunikasi.

6. Mesin Pemroses

Mesin pemroses adalah bagian penting dalam teknologi informasi yang berfungsi untuk mengingat data/program (berupa komponen memori) dan mengeksekusi prograrn (berupa komponen CPU).

Fungsi Teknologi Informasi

Fungsi Teknologi Informasi

Teknologi informasi memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah:

1. Menangkap (Capture)

Dalam hal ini, menangkap diartikan sebagai melakukan penginputan. Contohnya menerima input dari keyboard, scanner, mic, dan lain-lain. Fitur ini kemungkinan sudah tidak asing lagi untuk kita yang menggunakannya untuk menyimpan beberapa informasi khusus.

2. Pengolah (Processing)

Fungsi ini berkaitan dengan menggabungkan catatan aktivitas secara detail. Seperti menerima input dari keyboard, scanner, mic, dan masih banyak lagi. Dengan adanya fungsi ini, maka kamu akan menjadi lebih mudah dalam mengolah file ataupun data kamu.

3. Mengolah atau Memproses Data

Pengolahan atau pemrosesan suatu data bisa berbentuk konversi, analisis, sintesis, perhitungan dalam segala bentuk data dan juga informasi. Dengan adanya fungsi ini, maka pengguna akan lebih dimudahkan.

4. Menghasilkan (Generating)

Artinya, teknologi ini memiliki peran penting sebagai suatu alat guna mengorganisasikan suatu informasi ke dalam suatu bentuk yang lebih terarah dan juga lebih mudah untuk dipahami, contoh sederhananya adalah seperti suatu tabel ataupun grafik.

5. Penyimpan (Storage)

Fungsi teknologi informasi selanjutnya adalah untuk merekam ataupun menyimpan data dan juga informasi dalam suatu media yang mudah untuk digunakan untuk keperluan lainnya. Contohnya seperti disimpan ke dalam harddisk, disket, tape, CD, dan media lainnya.

6. Mencari Kembali (Retrieval)

Dalam hal ini, teknologi ini berfungsi untuk menelusuri, memperoleh kembali informasi ataupun menyalin data dan juga informasi yang sebelumnya sudah tersimpan. Contohnya seperti mencari data pemasok yang sudah lunas, dll.

Data yang sudah berhasil disimpan terkadang sulit untuk ditemukan karena sudah terlalu penuh, tapi dengan adanya fungsi ini, maka akan mempermudah pengguna dan juga menghemat waktu.

7. Transmisi (Transmission)

Teknologi berfungsi untuk mengirim data dan juga informasi dari suatu lokasi lain dengan menggunakan jaringan komputer. Contohnya seperti mengirim data penjualan dari pengguna X ke pengguna Y. Sehingga, mereka tidak perlu lagi menyalin satu per satu lagi, mereka hanya perlu membagikan file tersebut saja.

Tujuan Teknologi Informasi

Tujuan Teknologi Informasi

Tujuan Teknologi Informasi adalah untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan.

Jadi dapat dikatakan karena dibutuhkannya pemecahan masalah, membuka kreativitas dan efisiensi manusia dalam melakukan pekerjaan, menjadi penyebab atau acuan diciptakannya teknologi informasi.

Dengan adanya teknologi informasi membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien. Dengan kata lain, karena sangat solusi, kreativitas, efektivitas dan efisiensi dibutuhkan dalam sebuah sistem kerja maka teknologi informasi ini kemudian diciptakan.

Manfaat Teknologi Informasi

Manfaat teknologi informasi dalam aktivitas sehari-hari sangat penting. Manfaat ini bisa digunakan sebagai penunjang kehidupan yang lebih baik dikarenakan ada teknologi informasi yang bisa membantu aktivitas menjadi lebih efektif dan efisien. Berikut manfaat teknologi informasi di kehidupan sehari-hari antara lain:

1. Untuk Pendidikan

Dengan adanya teknologi informasi di dunia pendidikan terutama komputer, membuat siswa lebih efektif dalam belajar. Komputer adalah sarana yang memudahkan dalam menumbuhkan kreatifitas siswa.

2. Untuk Industri dan Manufaktur

Teknologi informasi dapat membantu membuat rancangan design sebuah produk yang akan di keluarkan pada industri serta bisa mengontrol mesin produksi dengan ketepatan yang baik.

3. Untuk Bisnis dan Perbankan

Dengan adanya teknologi informasi, maka akan membantu pengguna dalam melakukan transaksi, menyimpan file secara aman dan sistem perbankan pun akan menjadi lebih maju. Selain itu, aksesnya juga lebih mudah dikontrol hanya dengan menggunakan teknologi.

4. Untuk Militer

Dengan teknologi informasi yang maju, bisa dimanfaatkan untuk navigasi pada kapal selam, mengendalikan pesawat luar angkasa dengan kemudi atau tanpa kemudi.

5. Untuk Teknik dan Pengetahuan

Teknologi informasi bisa digunakan untuk mempelajari struktur tanah, cuaca dan juga angin. Selain itu teknologi tersebut juga bisa membantu perhitungan.

Saat ini, akses pada ilmu pengetahuan bisa kita akses di banyak tempat secara mudah dengan menggunakan jaringan internet. Begitupun sama halnya dalam bidang teknik dan juga berbagai proyek tertentu.

6. Untuk Kedokteran

Teknologi informasi bisa digunakan untuk melakukan diagnosa suatu penyakit dan mengambil gambar seluruh organ tubuh manusia dengan menggunakan komputer.

Bahkan, saat ini teknologi informasi adalah suatu bagian yang sulit untuk dipisahkan dalam dunia kedokteran, contohnya seperti melakukan scanning, radiologi, dan juga USG.

7. Untuk Pemerintahan

Teknologi informasi dapat diaplikasikan dalam mengolah suatu data dan informasi yang di tujukan kepada masyarakat. Bisa meningkatkan hubungan diantara pemerintah dan masyarkatnya.

8. Untuk Hiburan dan Permainan

Teknologi pada komputer bisa dimanfaatkan untuk pembuatan animasi, desain grafis, periklanan, serta audiovisual agar tampak lebih menarik dan lebih baik. Saat ini bahkan sudah banyak programmer yang menciptakan lapangan pekerjaan.

9. Untuk Bidang Kriminal

Teknologi bisa membuat mudah aparat dalam menyelesaikan permasalahan, bisa dengan mudah terdeteksinya pelanggaran demi pelanggaran lalu lintas dan sidik jari.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa pengertian teknologi informasi adalah ilmu yang mempelajari tentang perencanaan, pengembangan, implementasi, dukungan atau pengelolaan sistem informasi berbasis komputer.

Teknologi ini tidak hanya dapat digunakan sebagai alat komunikasi melalui sarana elektronik, tetapi juga merupakan alat penting yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai pengertian teknologi informasi secara umum maupun menurut beberapa ahli serta ruang lingkup teknologi informasi, fungsi, tujuan dan juga manfaatnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya.

Pencarian Populer

10 Contoh Teknologi Informasi- Contoh Teknologi Informasi - Jurusan Teknologi Informasi - Perkembangan Teknologi Informasi - Prospek Kerja Teknologi Informasi - Teknologi Informasi Dan Komunikasi -

Related Articles

Back to top button