Pengertian Peripheral, Fungsi dan Contohnya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Pernahkah kamu mendengar istilah apa itu peripheral? Berikut penjelasan mulai dari pengertian peripheral, fungsi, jenis, macam-macam, contoh, serta cara kerja peripheral yang perlu kamu ketahui.

Secara umum pengertian peripheral adalah hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral wireless.

Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing. Peripheral merupakan kebutuhan perangkat pendukung yang dibutuhkan oleh sebuah PC agar dapat berfungsi secara efisien.

Memahami Pengertian Perupheral

Memahami Pengertian Perupheral

Pengertian peripheral adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut perangkat komputer tambahan. Perangkat ini terhubung ke komputer, tetapi bukan bagian dari inti arsitektur komputer.
Komputer adalah mesin atau device yang melakukan proses, perhitungan, dan operasi berdasarkan.

Instruksi yang diberikan oleh program perangkat lunak maupun perangkat keras.
Komputer memiliki kemampuan untuk menerima, memproses, dan menghasilkan sebuah data.

Komputer juga dapat menyimpan data untuk digunakan kapanpun dengan menggunakan perangkat penyimpanan yang sesuai. Komputer modern bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti menulis dokumen, mengedit video, membuat aplikasi, bermain game, hingga terhubung dengan jaringan internet.

Dalam dunia IT, perangkat keras komputer dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya yakni perangkat peripheral. Meskipun perangkat ini bukan merupakan komponen kritis, namun komponen lain harus ada saat menjalankan komputer, sehingga tidak dapat dipisahkan dalam sebuah sistem komputer.

Fungsi Peripheral

Fungsi Peripheral

Perangkat peripheral komputer dibagi menjadi dua kelompok menurut fungsinya, yakni peripheral utama dan juga peripheral pendukung. Yang pasti keduanya sangat berbeda, berikut penjelasannya:

1. Peripheral Utama

Peripheral utama merupakan peripheral yang utama yang dapat membantu perangkat komputer dan harus mendorong kinerja komputer mengingat fungsinya sebagai perangkat utama.

2. Peripheral Pendukung

Berbeda dengan peripheral utama yang wajib membantu kinerja komputer, peripheral membantu kinerja komputer hanya digunakan bila diperlukan.

Jenis – Jenis Peripheral

Perangkat peripheral komputer terbagi ke dalam tiga jenis. Perbedaan tersebut juga berkaitan dengan kegunaannya masing-masing. Tiga jenis perangkat peripheral antara lain peripheral input, peripheral output, dan peripheral penyimpanan. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pembahasan berikut!

1. Perangkat Peripheral Input

Perangkat peripheral input merupakan perangkat keras yang biasanya berguna dalam menyediakan sebuah data maupun sinyal kendali pada suatu perangkat komputer, contohnya keyboard dan mouse.

2. Perangkat Peripheral Output

Perangkat peripheral output merupakan perangkat keras dari sebuah komputer yang memerlukan suatu data dan juga sebuah perintah yang berasal dari perangkat komputer untuk mengerjakan dan juga melakukan suatu tugas.

Perangkat peripheral output memiliki kemampuan yakni dapat membantu mengubah informasi yang diperoleh melalui elektronik yang kemudian bentuknya menjadi mudah dibaca oleh manusia.

Hal tersebut masuk dalam kegiatan pengolahan data yang terjadi dengan bantuan sistem pengolahan suatu informasi seperti komputer. Contoh perangkat peripheral output yang biasa kita jumpai adalah printer dan juga LCD monitor.

3. Perangkat Peripheral Penyimpanan atau Storage Device

Perangkat peripheral penyimpanan merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi dalam pekerjaan penyimpanan data dan informasi, pemetaan serta pengeekstraksian sebuah file data maupun objek.

Perangkat peripheral penyimpanan ini dapat membantu menyimpan sebuah informasi dalam waktu sementara dan juga selamanya. Sifat dari penyimpanan peripheral ini dapat secara internal maupun eksternal pada komputer, server, maupun jenis – jenis perangkat komputasi yang lainnya.

Bahkan, perangkat peripheral penyimpanan ini digolongkan ke dalam lebih dari satu kategori. Contohnya adalah drive DVD-ROM, kita bisa memakai untuk membaca data serta musik (input) yang mana bisa juga menggunakan DVD-ROM dalam menulis data pada DVD (output).

Macam-Macam Peripheral

Macam-Macam Peripheral

Berikut ini adalah macam-macam dari peripheral yang perlu kamu ketahui:

1. Peripheral Utama (Main Peripheral)

Peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer.

2. Peripheral Pendukung (Auxillary Peripheral)

Peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu.

Contoh Perangkat Peripheral

Perangkat peripheral dapat kalian temui dalam kegiatan sehari-hari ketika mengoperasikan sebuah komputer.

Beberapa contoh perangkat peripheral ini antara lain adalah sebagai berikut:

1. Keyboard

Salah satu perangkat peripheral dan yang pasti kalian temui ketika sedang mengoperasikan komputer adalah keyboard. Jenisnya meliputi serial, USB, PS2, wireless.

Keyboard adalah jenis perangkat peripheral yang berfungsi untuk memberi input pada komputer dengan cara menekan kombinasi beberapa tombol.

2. Mouse

Mouse juga merupakan salah satu perangkat peripheral yang fungsinya adalah untuk mengendalikan kursor di layar monitor.

Kursor bisa bergerak mengikuti pergerakan mouse, baik itu maju, mundur maupun ke arah samping. Jenisnya mouse meliputi serial, USB, PS2, dan wireless.

3. Monitor

Monitor adalah perangkat peripheral yang menampilkan proses dan hasil operasi komputer. Monitor adalah layar komputer yang selalu kita lihat. Jenis monitor meliputi CRT monitor, LCD monitor, dan touchscreen monitor.

4. Printer

Printer adalah perangkat peripheral yang mengubah data digital dari komputer menjadi bentuk fisik di atas kertas atau media lain. Jenisnya meliputi Dot-matrix printer, inkjet printer, laser printer, dll..

5. Scanner

Scanner merupakan perangkat komputer yang berfungsi untuk menerima bentuk fisik (cetakan) baik berupa gambar, foto maupun tulisan.

Kemudian hasil tersebut diolah dan ditampilkan dalam bentuk output yang ada di layar komputer. Jenisnya scanner seperti handy scanner dan flatbed scanner.

6. Modem

Fungsi utama dari modem adalah untuk mengubah komunikasi dua arah dari sinyal digital ke analog atau sebaliknya. Setelah itu, dilakukan proses transmisi melalui kabel telepon lalu ditransmisikan lagi ke komputer.

Jenis modem ada dua yakni modem internal dan modem eksternal. Modem juga masih termasuk perangkat keras jaringan.

7. LCD Proyektor

LCD proyektor memiliki fungsi antara lain adalah untuk menampilkan gambar secara besar di layar dengan cara memproyeksi gambar.

Ada 2 jenis LCD proyektor, yaitu tipe LCD proyektor yang menggunakan teknologi DLP, dan yang satu lagi menggunakan teknologi 3 LCD.

Cara Kerja Peripheral

Terdapat beberapa cara kerja suatu perangkat peripheral yakni sebagai berikut :

  1. Pertama dan terpenting, perangkat eksternal terhubung ke komputer.
  2. Kemudian, dilakukan dari link yang ada dalam modul I/O yang ada dalam komputer, lalu dilanjut dengan pertukaran kontrol, status, hingga data perangkat eksternal yang telah terhubung dengan perangkat komputer.
  3. Data yang ada di dalam dan berbentuk bit tersebut dikirim menuju modul I/O untuk diproses serta diolah untuk dijadikan sebuah laporan pada sinyal kontrol.
  4. Sinyal kontrol kemudian akan menentukan tugas yang harus dilakukan oleh perangkat, seperti mengirimkan data atau membaca data, menerima data dan informasi dari modul output atau menulis data, dan melaporkan status sambil menghasilkan fungsi kontrol tambahan.
  5. Jika semua sudah selesai, maka perangkat telah siap untuk digunakan.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai peripheral, mulai dari pengertian peripheral, fungsi, jenis, macam-macam, serta cara kerja peripheral yang perlu kamu ketahui.

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa pengertian peripheral adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut perangkat komputer tambahan. Perangkat ini terhubung ke komputer, tetapi bukan bagian dari inti arsitektur komputer.

Komputer modern bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti menulis dokumen, mengedit video, membuat aplikasi, bermain game, hingga terhubung dengan jaringan internet.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button