Pengertian Marketing Plan, Manfaat dan Unsur-Unsurnya

Teknatekno.com – Pengertian marketing plan secara umum adalah suatu hal yang sangat penting. Tanpa adanya marketing plan, perusahaan akan sulit untuk mencapai target-target penjualan. Dengan kata lain, goals tidak akan sesuai ekspektasi tanpa adanya marketing plan yang bagus.

Rencana pemasaran memiliki banyak bagian, salah satunya adalah kegiatan yang akan dilakukan perusahaan untuk mencapai target pasar. Berikut ini adalah artikel pengertian, tujuan, manfaat, unsur-unsur, cara menyusun marketing plan yang perlu kamu ketahui lebih dalam.

Memahami Pengertian Marketing Plan

Pengertian Marketing Plan atau rencana pemasaran adalah semacam proses manajemen yang mengarah pada strategi pemasaran, yang tujuan utamanya adalah untuk mencapai tujuan pemasaran untuk melaksanakan rencana pemasaran.

Pada serangkaian proses yang sistematis serta melalui koordinasi untuk memperoleh keputusan rencana pemasaran. Istilah marketing plan mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalangan pebisnis.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa keterampilan dalam menyusun rencana pemasaran sangat penting untuk pencapaian tujuan perusahaan, yaitu untuk memaksimalkan keuntungan.

Perusahaan yang dapat mengembangkan strategi pemasaran yang solid dan strategis dapat meningkatkan pendapatan dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

Yang termasuk marketing plan dalam bisnis diantaranya adalah seperti pengumpulan informasi, penyebarluasan informasi, dan juga strategi promosi serta koordinasi pemasaran. Semua elemen ini juga merupakan contoh metode perusahaan untuk memaksimalkan penggunaan sumber daya.

Memahami Pengertian Marketing Plan

Pengertian Marketing Plan Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami pengertian marketing plan, berikut ini pengertian marketing plan menurut para ahli, yang perlu kamu ketahui:

1. Kurowski dan Sussman

Menurut Kurowski dan Sussman, marketing plan adalah sebuah dokumen yang terdiri dari analisis dari situasi marketing saat ini dalam bentuk analisis peluang dan risiko, tujuan pemasaran, strategi pemasaran, kemudian program aksi dan pendapatan yang diperkirakan.

2. Malcolm McDonald

Menurut Malcolm McDonald, rencana pemasaran adalah proses manajemen yang mengarah pada perencanaan pemasaran. Perencanaan ini adalah urutan logis dan serangkaian tindakan yang berhubungan dengan tujuan pemasaran dan membangun rencana untuk mencapainya.

3. Adzaniah Dinda (2013)

Menurut Adzania Dinda, rencana pemasaran adalah strategi untuk mencapai tujuan atau sasaran perusahaan.

Tujuan Marketing Plan

Banyak pemilik perusahaan membuat marketing plan tetapi tidak pernah menerapkannya. Akan tetapi, rencana pemasaran merupakan peta jalan yang memberi arahan guna mencapai tujuan bisnis sebuah organisasi.

Marketing plan harus menjadi rujukan serta dinilai hasilnya secara berkala. Berikut ini adalah tujuan marketing plan yang perlu kamu ketahui:

  1. Mengembangkan kontak dan jaringan yang lebih luas dengan organisasi lain.
  2. Memahami dan menyebarluaskan informasi tentang perkembangan pasar dan pesaing.
  3. Keuntungan dapat ditingkatkan dengan upaya yang efisien dan efektif.
  4. Sebagai semacam adaptasi bisnis.

Manfaat Marketing Plan

Membuat marketing plan secara terperinci adalah hal terpenting untuk bisnis. Pemasaran sama pentingnya dengan produk atau layanan. Berikut ini manfaat marketing plan yang perlu kamu ketahui:

  1. Dapat menentukan tingkat perkembangan perusahaan.
  2. Dapat mengidentifikasi tingkat pengembangan perusahaan.
  3. Menjadi referensi untuk bagaimana bisnis perlu berubah.
  4. Dapat digunakan untuk mencegah perselisihan tentang bagaimana perusahaan bergerak.
  5. Sebagai sumber informasi bagaimana membangun atau mengubah kebijakan perusahaan.
  6. Menjadi referensi bagi manajer untuk bergerak dan bahkan berpikir lebih sistematis.

Marketing plan menawarkan manfaat tambahan untuk bisnis:

  1. Memberikan kejelasan tentang siapa target pasar kamu sehingga kamu dapat menemukan pelanggan dan pelanggan lebih mudah jika kamu tahu siapa mereka.
  2. Membantu dalam pembuatan pesan pemasaran yang efektif. Mengetahui apa yang dapat dicapai produk atau layanan kamu untuk mengembangkan target pasar kamu adalah penting untuk pemasaran. Pesan dapat dikirim ke pasar secara langsung.
  3. Memberikan perhatian yang tidak terbagi. Email, blog, media sosial, iklan, surat langsung, dan bentuk komunikasi lainnya Akibatnya, kamu memiliki banyak kemungkinan pemasaran yang dapat kamu gunakan, dan kamu akan memerlukan rencana untuk menggambarkan aktivitas komersial kamu.

Unsur-Unsur Dalam Membuat Marketing Plan

Unsur-Unsur Dalam Membuat Marketing Plan

Agar marketing plan dapat memberikan tujuan, manfaat seperti beberapa hal yang diuraikan di atas tentu harus memenuhi beberapa unsur yang harus dipertimbangkan. Berikut ini beberapa unsur penting yang perlu diperhatikan dari perencanaan marketing yaitu:

1. Memahami Visi Misi dan Tujuan Perusahaan

Salah satu unsur yang sebaiknya harus diperhatikan sebelum mulai membuat marketing plan adalah memahami visi, misi dan tujuan perusahaan dengan baik. Sehingga lebih jelas dan detail apa yang ingin dicapai perusahaan.

2. Menentukan Pencapaian Target Usaha

Setelah memahami visi, misi, dan tujuan perusahaan, maka aspek kedua adalah menetapkan pencapaian target bisnis yang ingin dicapai perusahaan. Menentukan tujuan dan kriteria pencapaian target bisnis yang dituju agar perusahaan dapat mengukur keberhasilan target bisnis yang diinginkan secara lebih sederhana.

3. Menentukan Sasaran Target Pasar Yang Dituju

Unsur ketiga yang perlu dipertimbangkan ketika mengembangkan rencana pemasaran adalah memilih target pasar. Hal ini dilakukan untuk memudahkan dalam mengembangkan dan memutuskan jenis materi yang akan dipublikasikan untuk pemasaran.

4. Menentukan Jenis Konten Yang Dipakai Untuk Promosi

Unsur keempat yang perlu dipertimbangkan ketika mengembangkan rencana pemasaran adalah jenis konten yang akan digunakan untuk promosi sambil tetap mengingat target pasar yang ditargetkan. Sesuaikan pengembangan materi promosi dengan target pasar yang diinginkan agar lebih dapat diterima pasar.

5. Mengenali Pesaing Secara Detail

Unsur berikutnya yang tidak kalah penting yang sebaiknya diperhatikan sebelum membuat perencanaan marketing adalah mengenali siapa pesaing atau kompetitor usaha. Mengenali pesaing perusahaan akan mempermudah pembuatan rencana pemasaran yang lebih jelas dan lengkap.

6. Menetapkan Prioritas

Unsur selanjutnya yang harus diperhatikan adalah menetapkan prioritas yang ingin dicapai. Ini dapat membantu kamu memenuhi tujuan pemasaran kamu meskipun kamu memiliki banyak ide, tetapi kamu harus memprioritaskan apa yang ingin kamu lakukan. Alhasil, upaya pemasaran akan lebih terarah.

7. Menetapkan Besarnya Budget Yang Digunakan

Unsur lain yang juga sebaiknya diperhatikan adalah menetapkan besarnya budget yang akan digunakan agar pekerjaan marketing dapat berjalan lancar sesuai dengan harapan. Akibatnya, kamu harus menetapkan jumlah anggaran yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

8. Menentukan Hal Hal Yang Tidak Diperlukan

Unsur selanjutnya yang harus diperhatikan dalam membuat perencanaan marketing adalah menentukan hal hal yang tidak diperlukan. Hal ini sebaiknya perlu diperhatikan terutama oleh semua tim marketing.

Hal ini dilakukan agar semua upaya pemasaran dapat terkonsentrasi hanya pada visi, misi, dan tujuan perusahaan.

Cara Menyusun Marketing Plan

Cara Menyusun Marketing Plan

Adapun cara atau langkah-langkah pokok menyusun marketing plan yang perlu kamu ketahui:

1. Melakukan Analisis Situasi

Pada titik ini, analisis yang dilakukan yaitu analisis SWOT (streghts, weaknesses, opportunities dan threats). Analisis ini mencakup kemungkinan dan masalah yang ditimbulkan oleh tren dan keadaan pembeli dan pesaing.

Serta pengeluaran dan peraturan. Selanjutnya, penelitian ini membahas tentang kekuatan dan kelemahan perusahaan.

2. Menetapkan Tujuan atau Sasaran

Tujuan atau sasaran ditetapkan secara spesifikasi dan mengidentifikasi tingkat kinerja yang diharapkan dapat dicapai organisasi pada titik tertentu di masa depan dengan mempertimbangkan realitas masalah dan peluang lingkungan, serta kekuatan dan keterbatasan perusahaan.

3. Menyusun Strategi dan Program

Pengambil keputusan kemudian mengembangkan strategi atau tindakan jangka panjang untuk mencapai tujuan, serta program atau tindakan jangka pendek tertentu untuk melaksanakan rencana, berdasarkan tujuan yang ditentukan.

Hasil dari perencanaan pemasaran yang berfokus pada konsumen. Hal ini dapat menyebabkan keunggulan kompetitif dalam bentuk penetapan harga yang lebih murah daripada pesaing untuk keunggulan yang sama atau manfaat unik yang dapat mengimbangi biaya tinggi.

Tanya Jawab Marketing Plan

Berikut ini adalah tanya jawab seputar marketing plan, yaitu:

1. Apa Saja Contoh Marketing Plan?

Contoh Marketing Plan Perusahaan Barang

  • Tipe : Perusahaan mie instan.
  • Visi : Menjadikan mi instan sebagai masakan bergizi.
  • Misi : Memperluas kolaborasi dengan produsen bahan organik.
  • Target pasar : Milenial dari kelas menengah ke atas adalah target pasarnya.
  • Kompetitor : Perusahaan mi instan lainnya adalah pesaing.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai pengertian marketing plan, tujuan, manfaat, unsur-unsur, cara menyusun marketing plan yang terdapat di Indonesia.

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa pengertian marketing plan atau rencana pemasaran adalah semacam proses manajemen yang mengarah pada strategi pemasaran, yang tujuan utamanya adalah untuk mencapai tujuan pemasaran untuk melaksanakan rencana pemasaran.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button