Apa itu Pay Per Click? Pengertian, Manfaat dan Jenisnya

Teknatekno.com – Apakah Teknozen pernah mendengar apa itu Pay Per Click atau PPC? Mungkin kamu pernah melihat hasil pencarian Google dengan tanda Ads di depannya. Jika kamu belum tahu, iklan yang berada di mesin pencarian adalah salah satu bentuk PPC yang paling populer.

Hal ini memungkinkan pemasar bersaing untuk penempatan iklan di tautan sponsor mesin pencari ketika seseorang mencari istilah yang relevan dengan penawaran bisnis mereka. PPC adalah salah satu taktik pemasaran internet yang paling banyak digunakan di antara berbagai jenis pemasaran digital.

Strategi marketing yang satu ini sangat cocok diterapkan di era digital, mengingat mayoritas masyarakat sudah terhubung dengan internet. Selain itu, model iklan ini juga lebih efektif, efisien, dan ekonomis daripada model iklan konvensional.

Pada dasarnya, PPC adalah metode tercepat untuk membeli kunjungan klien ke situs kamu daripada mencoba untuk mendapatkan kunjungan tersebut secara organik. Yuk simak di artikel berikut ini, kami akan membahas tentang apa itu PPC.

Apa itu Pengertian Pay Per Click

Apa itu Pengertian Pay Per Click?

Pengertian Pay Per Click (PPC) adalah frase iklan berbayar di mana pengiklan membayar biaya iklan kepada penyedia layanan periklanan untuk setiap klik pada iklan.

Jadi, setiap kali iklan yang kamu pasang diklik, itu mengarahkan orang ke situs web kamu, dan kamu kemudian harus membayar biaya iklan ke penyedia layanan periklanan. Oleh karena itu hal ini disebut “bayar setiap klik” atau dikenal dengan istilah Pay Per Click (PPC).

Semakin banyak orang yang mengklik iklan kamu, semakin banyak uang yang dapat kamu hasilkan. Agar uang yang kamu bayarkan pada penyedia iklan tersebut tidak sia-sia.

Apa Saja Manfaat Pay Per Click?

Dengan kemajuan era digital, hampir setiap manusia sekarang tidak dapat dipisahkan dari internet. Informasi dapat dengan mudah diakses kapan saja dan dari lokasi mana pun.

Manfaatkan kesempatan ini dengan memasang iklan di media sosial dan media digital lainnya. Berikut ini beberapa manfaat yang haurus kamu ketahui saat kamu menggunakan metode PPC:

1. Target Konsumen Lebih Fokus dan Relevan

Menempatkan iklan menggunakan strategi PPC memungkinkan kamu untuk menargetkan audiens kamu berdasarkan parameter target pasar bisnis kamu. Target audiens kamu untuk bisnis barang mainan anak adalah orang tua.

Selanjutnya, jumlah pemirsa iklan dapat disesuaikan dengan preferensi kamu. Semakin besar audiens target kamu, semakin banyak uang yang harus kamu keluarkan untuk iklan.

2. Budget dapat Disesuaikan

Sesuai dengan sistem pembayarannya kamu dapat mengontrol budget pengeluaran untuk pemasangan iklan di internet. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk memikirkan biaya pemasangan iklan yang relatif mahal.

Metode PPC membantu kamu untuk memilih pembayaran rutin secara harian hingga bulanan. Jika dengan metode ini iklan kamu mendapatkan hasil yang positif, kamu perlu mempertimbangkan untuk menambah budget.

Semakin banyak pengeluaran iklan kamu, semakin banyak iklan bisnis kamu akan ditampilkan di dunia maya.

3. Memberikan Dampak Positif untuk SEO

Menggunakan SEO dan PPC secara bersamaan akan memiliki pengaruh menguntungkan langsung pada bisnis kamu.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa PPC dapat digunakan sebagai alat penelitian untuk mengidentifikasi kata kunci yang sangat penting dalam meningkatkan jumlah pengunjung situs web. Peningkatan ini akan berdampak pada traffic website kamu.

4. Target Audiens Tidak Dapat Membedakan PPC dengan Organik

Pelaku bisnis khawatir iklan semacam ini bisa gagal karena beberapa konsumen sering mengabaikan iklan yang ditawarkan oleh Google, Instagram, Facebook, dan media lainnya. Memang benar, namun bukan berarti semua orang akan melewatkan iklan PPC.

Beberapa pengguna tidak dapat membedakan antara iklan PPC dan feed organik. Sehingga banyak orang yang terus mengklik iklan yang kamu pasang. Selanjutnya, platform media menjamin bahwa iklan kamu dikirim ke populasi target dan kriteria tertentu.

5. PPC Tidak Dipengaruhi Algoritma

Algoritme Google terus dimodifikasi, yang dapat mengubah sistem peringkat mesin pencari. Platform media sosial seperti Instagram dan Facebook, misalnya, memperbarui algoritme mereka berdasarkan aktivitas dan minat pengguna. Akibatnya, orang akan mengabaikan iklan media.

Namun, dengan motede PPC, kamu tidak perlu khawatir karena iklan yang ditampilkan mungkin masih dikirim ke demografi yang dituju karena algoritme tidak memengaruhi mereka.

Apa Saja Jenis-Jenis Pay Per Click

Apa Saja Jenis-Jenis Pay Per Click?

Setelah memahami pengertian PPC kemudian akan dijabarkan mengenai jenis-jenis PPC yang sering ditemui di dunia maya. Berikut penjelasannya yang perlu kamu ketahui:

1. Search Advertising

Jika kamu sering menemukan bertanda logo “Ad” atau “Iklan” di samping hasil pencarian, maka jenis iklan tersebut adalah search advertising. Jenis PPC ini sering muncul di Search Engine Result Page (SERP) seperti Google maupun Bing.

2. Social Advertising

Satu-satunya perbedaan antara ini dan iklan pencarian PPC adalah bahwa iklan ini secara tegas ditampilkan di situs media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya.

3. Remarketing

Pemasangan iklan dengan jenis PPC ini ditampilkan khusus untuk audiens website kamu sebelumnya. Jadi penggunaan ini lebih efektif karena menargetkan orang-orang yang sudah tertarik dengan website kamu.

4. Display Advertising

Kamu dapat memilih iklan teks atau grafik yang menarik secara visual seperti foto, film, dan bahkan GIF. Iklan bergambar akan tampil dalam bentuk iklan bergambar. Akibatnya, PPC semacam ini juga dikenal sebagai Google Display Network (GDN).

5. Google Shopping

Jenis PPC ini cocok untuk pemilik bisnis produk yang memiliki lapak penjualan online marketplace. Iklan ini akan menampilkan produk yang kamu jual beserta harganya di hasil pencarian Google.

Cara Membuat Iklan Pay Per Click

Cara Membuat Iklan Pay Per Click

Kamu harus menyadari bahwa membayar per klik iklan tidak terbatas pada Google. Hampir setiap situs jejaring sosial menawarkan struktur periklanan yang sama. Dari Facebook hingga Instagram hingga Google, mereka semua memperkenalkan sistem bayar per klik untuk beriklan di platform mereka sendiri.

Mereka menyediakan fungsi yang memungkinkan pemilik bisnis untuk menampilkan iklan di situs mereka. kamu dapat menggunakan salah satu atau semua layanan periklanan ini secara bersamaan.

Kamu dapat memanfaatkan semua platform ini jika audiens target kamu benar-benar menggunakan semuanya. Namun, sesuaikan dengan kebutuhan kamu agar tidak membebani anggaran perusahaan. Berikut ini adalah penjelasan bagaimana cara membuat iklan PPC pada ketiga platform tersebut:

1. Google Ads

Google Ads adalah alat Google yang menampilkan pencarian bersponsor atau iklan berbayar di hasil pencarian Google.

Kamu dapat menggunakan Google Ads untuk menampilkan iklan kamu di hasil penelusuran Google untuk kata kunci tertentu yang terkait dengan bisnis kamu. Google memiliki pangsa pasar yang lebih besar daripada mesin pencari lainnya.

Google memiliki 97,09 persen pangsa pasar mesin pencari di Indonesia saja. Sementara situs lain seperti Yahoo dan Bing masing-masing hanya menguasai 1,66 persen dan 0,77 persen pasar Indonesia.

Ini berarti bahwa jika kamu menggunakan Google bayar per klik, iklan kamu lebih mungkin menjangkau lebih banyak orang.

Selain itu, siapa pun bisa memanfaatkan Pay Per Click dari Google Ads karena cara membuatnya sangat mudah. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka Google Ads.
  • Buat akun Google.
  • Pilih goal yang sesuai dengan bisnis kamu.
  • Tentukan rentang situs yang ingin kamu targetkan.
  • Atur kategori bisnis yang kamu kelola untuk membantu Google menentukan audiens target kamu.
  • Buat salinan iklan Tetapkan anggaran yang akan kamu tawarkan.
  • Pilih metode pembayaran.

2. Facebook Ads

Mengingat jumlah pengguna Facebook yang sangat besar di Indonesia, kamu juga dapat menjelajahi Iklan Facebook Bayar per klik. Pada tahun 2017, Indonesia memiliki 130 juta pengguna aktif Facebook.

Ini menandakan bahwa aplikasi media sosial ini digunakan oleh lebih dari separuh penduduk Indonesia. Selanjutnya, orang Indonesia menghabiskan rata-rata 3 jam dan 23 menit setiap hari di media sosial.

Karena jumlah pengguna Facebook yang sangat besar di Indonesia, platform ini merupakan pendekatan yang efisien untuk menjangkau calon klien di dunia maya. Untuk dapat membuat Pay Per Click di Facebook Ads, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Buka Facebook Ads.
  • Pilih Pembuatan Iklan Terpadu.
  • Tentukan tujuan iklan yang ingin kamu capai.
  • Klik tujuan iklan mana yang paling cocok untuk bisnis kamu.
  • Pilih jenis iklan Facebook.
  • Tulis nama iklan dan pilih tujuan traffic.
  • Tampilkan promo atau penawaran.
  • Tentukan audiens target kamu. Pilih penempatan.
  • Tetapkan durasi iklan kamu.
  • Pilih format iklan.
  • Buat salinan untuk iklan kamu.
  • Pilih gambar, tulis judul, dan masukkan tautan.
  • Lakukan pembayaran.

3. Instagram Ads Platform

Iklan Instagram adalah opsi iklan terakhir. Jika kamu sudah nyaman membuat iklan di Facebook Ads, kamu tidak akan kesulitan memasang iklan di Instagram. Pasalnya, kedua sistem iklan tersebut telah tergabung dalam Facebook Ads Manager sejak bergabung dengan Facebook pada tahun 2012.

Alhasil, cara pembuatan Instagram Ads hampir sama dengan cara membuat Facebook Ads. kamu harus memiliki halaman Facebook sebelum membuat Iklan Instagram.

Sama seperti kamu harus memiliki halaman Facebook sebelum membuat Iklan Facebook. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat Instagram Ads :

  • Buka Facebook Ads.
  • Pilih pembuatan iklan terpadu.
  • Tentukan tujuan iklan yang ingin kamu capai.
  • Pilih tujuan iklan mana yang ideal untuk bisnis kamu.
  • Pilih jenis iklan Facebook.
  • Tulis nama iklan dan pilih tujuan traffic.
  • Tampilkan promo, pilih target audience, penempatan dan jadwal.
  • Hubungkan ke akun Instagram kamu.
  • Pilih format iklan.
  • Buat salinan untuk iklan kamu.
  • Pilih gambar, tulis judul, dan masukkan tautan.
  • Lakukan pembayaran.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu Pay Per Click hingga cara membuat iklan Pay Per Click yang terdapat di Indonesia.

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa apa itu pengertian Pay Per Click (PPC) adalah frase iklan berbayar di mana pengiklan membayar biaya iklan kepada penyedia layanan periklanan untuk setiap klik pada iklan.

Related Articles

Back to top button