Pengertian Wirausahawan, Ciri-Ciri dan Contoh

Teknatekno.com – Pengertian wirausahawan secara umum adalah merupakan sebutan bagi orang yang mencetuskan sebuah bisnis baru yang belum ada sebelumnya, wirausahawan bisa juga disebut sebagai orang yang menciptakan lapangan pekerjaan.

Wirausahawan umumnya mereka yang memiliki potensi yang luar biasa karena mereka memikirkan dari nol usaha yang akan mereka lakukan hingga menjadi sebuah bisnis yang besar dan berkembang. Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak artikel dibawah ini.

Memahami Pengertian Wirausahawan

Memahami Pengertian Wirausahawan

Pengertian wirausahawan adalah orang yang menjalankan bisnis atau usaha dengan ilmu yang sudah didapat untuk mengkaji produk baru, produksi produk sampai memikirkan modal.

Wirausahawan harus memiliki kecerdasan atau bakat untuk mengenali produk baru yang akan dikembangkan. Jadi wirausahawan bukanlah penjual, tetapi wirausahawan adalah yang menciptakan kegiatan usaha.

Pengertian Wirausahawan Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian wirausahawan menurut para ahli yang perlu kamu ketahui:

1. Pengertian Wirausahawan Menurut Thomas W. Zimmerer dan Norman M. Scarbrough,

Wirausahawan adalah seseorang yang memulai bisnis baru dengan menanggung risiko dan ketidakpastian untuk memperoleh dan memperluas dengan menemukan kemungkinan dan menggabungkan sumber daya yang dibutuhkan untuk membangunnya.

2. Pengertian Wirausahawan Menurut Zimmerer

Wirausahawan adalah orang-orang yang dapat memulai perusahaan baru, dan orang-orang yang umumnya langsung dihadapkan pada risiko dapat mendeteksinya agar berhasil.

3. Pengertian Wirausahawan Menurut Hisrich

Kewirausahaan adalah proses menghasilkan sesuatu yang unik dan berharga dengan mendedikasikan waktu dan usaha yang diperlukan, menimbulkan risiko finansial, psikologis, dan sosial yang terkait, dan sebagai konsekuensinya menuai kesenangan dan kemandirian finansial dan pribadi.

4. Pengertian Wirausahawan Menurut John J. Kao

Wirausahaan adalah usaha untuk menghasilkan nilai dengan memperkenalkan kemungkinan bisnis, mengelola risiko yang tepat, dan memobilisasi manusia, uang, bahan baku, atau sumber daya lain yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek dengan sukses.

5. Pengertian Wirausahawan Menurut David E. Rye

Wirausahawan adalah sebuah perusahaan baru diatur dan diarahkan oleh seorang pengusaha.

Ciri-Ciri Wirausahawan

Ciri-Ciri Wirausahawan

Wirausahawan juga memiliki ciri-ciri khusus, terutama bagi wirausahawan sejati. Jadi jika kamu ingin memulai bisnis, pastikan jenis usaha yang dibuat sudah benar dan tidak melanggar aturan. Berikut ini adalah ciri-ciri yang dimiliki oleh wirausahawan yang perlu kamu ketahui:

1. Berorientasi Pada Hasil

Menjadi seorang wirausahawan mengharuskan kamu untuk selalu berorientasi pada hasil. Ini penting karena pasti akan ada hambatan dalam bisnis yang dapat mendorong kamu untuk berhenti. Rintangan ini juga akan membuat kamu merasa tertantang untuk mencapai tujuan yang diperlukan tepat waktu.

2. Berani Mengambil Risiko

Seorang wirausahawan tidak pernah takut untuk mengambil risiko. Karena risiko ini selalu ada dalam setiap pilihan yang kamu buat, terlepas dari seberapa besar atau kecil potensi risiko tersebut. Kecelakaan, kebakaran, kegagalan, dan bahkan kebocoran adalah semua potensi bahaya di dunia bisnis.

Jika kamu berisiko, kamu juga harus tenang dan mencoba mencari jalan keluar. Karena semakin tinggi dan semakin besar aktivitasnya, semakin besar pula risikonya. Semakin besar perusahaan, semakin besar pula keuntungannya.

3. Selalu Percaya Diri

Berpikir positif saja tidak cukup kamu juga harus berani dan percaya diri. Kamu mungkin yakin bahwa perusahaan kamu akan berhasil. Ini dapat membantu tugas yang dilakukan dengan tingkat kepercayaan yang tinggi. Alhasil, jiwa lebih terinspirasi untuk mendirikan bisnis yang sukses.

4. Memiliki Jiwa Pemimpin

Seorang wirausaha juga harus memiliki jiwa kepemimpinan. Bagaimana jika kamu mendirikan bisnis tetapi tidak memiliki kepemimpinan? Apakah bisnis yang dikelola tidak dapat dioperasikan? Karena menjadi pengusaha seketika menjadikan kamu bos.

Jika masalah muncul secara tak terduga, kamu harus bangun dan menghadapinya. kamu juga harus menyusun solusi untuk masalah ini. kamu juga harus melatih staf, terutama jika kamu ingin meningkatkan kinerja perusahaan.

5. Selalu Menatap Masa Depan

Pengusaha sejati selalu memikirkan masa depan. Misalnya, saat mencari prospek masa depan untuk mengembangkan perusahaan yang menguntungkan.

Akibatnya, untuk menghasilkan konsep-konsep baru di masa depan, seorang wirausahawan harus memiliki intuisi yang kuat.

6. Selalu Berpikir Positif

Berpikir positif menjadi penting ketika kamu ingin memulai seorang pengusaha. Berpikir positif sangat penting bagi kamu yang membuat keputusan di perusahaan.

Terutama dalam wirausaha ada kemungkinan gagal. Ini menakutkan banyak orang untuk memulai bisnis. Jika kamu berpikir secara tidak langsung positif, ketakutan ini berubah menjadi sikap optimis bahwa upaya yang dilakukan akan berhasil. Ini juga membuat kamu lebih bersemangat menjalankan bisnis.

Tujuan Wirausahawan

Tujuan Wirausahawan

Wirausahawan memiliki tujuan yaitu sebagai berikut:

  1. Tujuan seorang wirausahawan adalah untuk tetap fokus dan memperluas jumlah wirausahawan papan atas. Tujuannya adalah untuk menyatukan calon pengusaha lain guna membangun jaringan bisnis yang lebih kuat.
  2. Tujuan wirausahawan yakni untuk dapat berpartisipasi dalam pengembangan dan pertumbuhan kesadaran serta dalam orientasi kewirausahaan yang kuat.
  3. Tujuan wirausahawan ialah untuk mengembangkan suatu bentuk kreasi dan inovasi dengan tujuan menciptakan dinamika kewirausahaan atau dalam dunia bisnis yang pada akhirnya mengarah pada kemakmuran.
  4. Tujuan kewirausahaan berkontribusi pada kemampuan pengusaha lain untuk mempromosikan kekayaan dan kesejahteraan dalam masyarakat dan bangsa.
  5. Tujuan wirausahawan untuk dapat memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan meningkatkan kesadaran akan tujuan wirausaha yang solid.
  6. Tujuan wirausahawan untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi untuk mencapai dinamika wirausaha atau wirausaha yang menciptakan kekayaan

Hal-Hal Yang Perlu Dilakukan Wirausahawan

Seringkali seseorang yang sedang memulai wirausaha lupa perlunya hal-hal berikut ini yang perlu kamu ketahui:

1. Menggali Potensi

Setiap orang memiliki kepribadian, potensi, dan kemampuan yang unik; untuk menjadi seorang wirausahawan, seseorang harus menemukan potensi yang ada pada diri mereka masing-masing. Jangan hanya fokus pada bisnis apa yang sedang berkembang, tetapi juga apakah kita bisa mengelolanya.

Potensi diri merupakan aspek penting dalam pertumbuhan bisnis yang akan dilakukan karena ketika seseorang memahami apa kemampuannya dan di mana potensinya, menjalankan bisnis akan lebih sederhana dan lebih cepat berkembang. Wirausahawan perlu memiliki enam karakter utama yaitu:

  • Focus : Berfokus pada satu bisnis yang memiliki pengaruh paling menguntungkan.
  • Advantage : Keuntungan adalah tujuan akhir dari wirausahawan.
  • Creativity : Kemampuan untuk berpikir kreatif tentang peluncuran produk dan persaingan pasar.
  • Ego : Kemampuan untuk mengelola ego sendiri, mengatasi tantangan, dan sebagainya.
  • Team : Dalam berwirausaha tetap diperlukannya kerjasama tim yang struktural untuk menunjang pengelolaan usaha.
  • Social : Semangat sosial diperlukan agar barang siap diterima oleh masyarakat yang lebih besar.

2. Memulai Usaha

Terdapat empat kategori untuk menjadi wirausahawan, yaitu:

  • Penemu : Menjadi otak pemikir dalam berwirausaha, meliputi konsep, dan metodologi.
  • Inovator : Inovator memecahkan masalah baru dan menciptakan teknologi baru.
  • Marketer : Menganalisis dan mendeteksi permintaan pasar, dan mengelola sedemikian rupa sehingga item baru atau produk alternatif memenuhi kebutuhan pasar secara lebih efektif.
  • Oportunis : Kemampuan untuk menyeimbangkan keinginan dan layanan yang tersedia.

3. Kemampuan yang Diperlukan

Keterampilan yang dibutuhkan wirausahawan biasanya dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:

  1. Menulis, mendengarkan, mempresentasikan, pembinaan pengorganisasian, bekerjasama.
  2. Managemen, yaitu memulai, pengembangan, serta pengelolaan perusahaan seperti, membuat keputusan, memasarkan, pengelolaan keuangan, produksi dan sebagainya.
  3. Kewirausahaan membutuhkan kemampuan seperti disiplin, pengambilan risiko, pemikiran inventif, kepemimpinan, dan kemauan untuk beradaptasi.

Kesalahan Seorang Wirausahawan

Wirausahawan memulai bisnis sering mengalami kesalahan manajemen mulai dari mengelola bahan baku, sumber daya manusia, makanan, kontrol keuangan hingga memperkuat kepercayaan konsumen.

Ketika tantangan tak terduga terjadi, persiapan yang kurang persuasif sering dilakukan, sehingga perencanaan pembangunan menjadi kurang matang.

Penentuan peran seringkali menjadi penghambat keberhasilan perusahaan. Pengusaha yang belum berpengalaman kurang akurat dalam hal penawaran dan persaingan, selain kurangnya pemahaman tentang analisis daya beli pelanggan di sekitarnya.

Contoh Wirausahawan

Contoh Wirausahawan

Berikut ini contoh-contoh wirausahawan yang dapat kamu tiru:

  1. Membuka toko. Seperti toko baju, sayuran, snack.
  2. Membuka bengkel.
  3. Membuka salon.
  4. Membuka bimbingan belajar. Seperti H. Sony Sugema, MBA. yaitu Sony Sugema College.
  5. Jual beli properti. Seperti BRANZ BSD Marketing Building.
  6. Usaha dibidang kuliner. Seperti Ririn Ekawati (Kopi lain hati) atau Geprek Bensu (Roben Onsu).

Kelebihan Wirausahawan

Kelebihan yang biasanya akan dimiliki atau diperoleh seseorang ketika memulai berwirausaha, yaitu:

  1. Kemungkinan untuk mencapai atau mewujudkan cita-cita
  2. Banyak memiliki kesempatan mengembangkan ide-idenya.
  3. Dapatkan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan kamu.
  4. Mendapat pengakuan atas usaha yang dimiliki.
  5. Keuntungan mungkin sangat besar.
  6. Memberikan kontribusi kepada masyarakat.
  7. Bebas melakukan apa yang diinginkan namun tidak melupakan aturan.

Kekurangan Wirausahawan

Dibalik kelebihan yang akan didapat, wirausahawan juga bisa mendapatkan kekurangan dari berwirausaha yang perlu kamu ketahui antara lain:

  1. Ketidakpastian tentang pendapatan seseorang.
  2. Tidak ada kepastian untuk bertahan hidup.
  3. Resiko terjadi kegagalan dalam berwirausaha.
  4. Jam kerja yang tidak efisien.
  5. Kualitas hidup yang tidak pasti sampai bisnis yang mapan menjadi menguntungkan.
  6. Merasa sendiri ketika ingin mengembangkan ide-idenya.
  7. Tanggung jawab yang lebih berat.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai pengertian wirausahaan hingga kelebihan dan kekurangan wirausahaan yang terdapat di Indonesia.

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa pengertian Wirausahaan didefinisikan sebagai bahan atau perdebatan tentang wirausahawan dan wirausahawan, atau sebagai penggunaan kecerdikan dan kreativitas seseorang dalam mempraktikkan wirausaha untuk memecahkan masalah dan membantu sebagai kemungkinan wirausaha.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button