Cara Jualan di Shopee untuk Pemula Lewat HP

Teknatekno.com – Kamu berencana ingin berjualan di Shopee, tapi tidak mengerti bagaimana cara jualan di Shopee yang menguntungkan? Jangan khawatir! Kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Berjualan di marketplace seperti Shopee kini cukup sederhana, dan salah satu caranya adalah dengan menggunakan HP. Cara jualan di Shopee menggunakan HP sebenarnya sangatlah mudah, hanya saja akan jauh lebih simpel jika menggunakan laptop atau PC (Personal Computer).

Tapi jangan khawatir! Karena aplikasi Shopee bisa kamu unduh dengan mudah di Play Store atau App Store. Cara menggunakannya pun juga tidak sesulit yang kamu bayangkan.

Bagaimana Cara Jualan di Shopee

Bagaimana Cara Jualan di Shopee?

Shopee adalah platform e-commerce yang sekarang bisa diakses sebagai aplikasi. Tidak mengherankan jika banyak orang ingin berjualan di salah satu platform e-commerce paling populer saat ini. Lalu, bagaimana cara jualan di Shopee menggunakan HP untuk pemula? Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Membuat Akun Shopee

Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi Shopee dan membuat toko online. Untuk membuat akun shopee, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Download aplikasi Shopee melalui Play Store dan App Store, atau kamu juga bisa mengaksesnya melalui website Shopee.
  2. Klik tombol “Daftar”
  3. Isi formulir dengan informasi pribadi kamu.
  4. Masukkan nomor telepon kamu, kode captcha, dan kode verifikasi, lalu klik “Daftar”
  5. Setelah itu, kamu harus memasukkan dan memvalidasi atau verifikasi nomor dan alamat email kamu.

2. Membuka Toko di Shopee

Langkah selanjutnya setelah membuat akun Shopee adalah membuka toko. Tentu saja, untuk menjual, kamu harus memiliki toko dengan nama yang sesuai dengan mereknya. Ada dua cara untuk membuka toko, yaitu melalui aplikasi dan melalui Seller Center. Berikut penjelasannya:

  • Melalui Aplikasi

Metode ini adalah yang paling sederhana, tetapi memiliki kelemahan tertentu. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mempelajari cara membuka toko di Shopee:

  1. Pertama, buka aplikasi Shopee.
  2. Setelah itu pilih menu “Saya”.
  3. Dilanjutkan dengan mengklik “Mulai Jual”.
  4. Setelah itu, klik “Tambah Produk”.
  5. Kemudian masukkan alamat toko.
  6. Setelah itu, pilih jasa kirim.
  7. Dilanjutkan dengan mengisi detail produk dengan benar.
  8. Jika sudah, klik “Simpan”.
  • Melalui Seller Centre

Ada keuntungan menggunakan metode ini, salah satunya fitur yang lebih lengkap. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mempelajari cara menggunakannya:

  1. Langkah pertama adalah buka Google Chrome.
  2. Kemudian, ketik website resmi Shopee.
  3. Setelah itu pilih “Seller Centre”.
  4. Langkah selanjutnya adalah login menggunakan username.
  5. Masukkan juga kata sandinya.
  6. Setelah itu, verifikasi akan dilakukan secara otomatis melalui SMS atau WhatsApp.
  7. Langkah selanjutnya adalah pilih mulai pendaftaran.
  8. Tentukan nama toko kamu.
  9. Isi alamat email.
  10. Masukkan nomor telepon kamu.
  11. Setelah itu, klik tombol Simpan.
  12. Lalu pilih menu lanjut.
  13. Tentukan jasa kirim.
  14. Jika sudah, klik tombol “Kirim”.

3. Mengatur Rekening Bank

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, selanjtunya adalah mengatur rekening bank. Kamu harus memasukkan informasi rekening bank kamu untuk melakukan pembayaran atau menerima uang penjualan nantinya, dengan cara sebagai berikut:

  1. Pilih menu Kartu/Rekening Bank.
  2. Nantinya, kamu akan diminta untuk memasukkan kata sandi akun Shopee kamu sebagai bagian dari prosedur verifikasi.
  3. Untuk menambahkan rekening bank, pilih Tambah Rekening Bank.
  4. Setelah itu, isi formulir dengan informasi rekening kamu dan klik Lanjut
  5. Selesai.

4. Menambahkan Rincian Produk

Toko kamu sekarang sudah selesai dan siap untuk mulai berjualan. Selanjutnya adalah menambahkan produk dengan cara berikut:

  1. Untuk mulai menjual, pilih opsi “Produk Saya” dengan mengeklik ikon kotak di sebelah nama akun.
  2. Untuk menambahkan produk jual, pilih “Tambah Produk Baru”.
  3. Tuliskan nama produk, merek, dan deskripsi, lalu pilih kategori yang sesuai untuk produk yang kamu jual, seperti Pakaian Wanita > Atasan > Kemeja.
  4. Kemudian klik tombol “Lanjut”.
  5. Setelah itu, isi informasi penjualan, termasuk harga dan jumlah stok produk.
  6. Tambahkan foto ke produk kamu untuk membuatnya lebih menarik (Shopee memungkinkan kamu untuk mengunggah foto sampai sembilan foto).
  7. Masukkan informasi pengiriman seperti berat produk, ukuran paket, dan ongkos kirim.
  8. Setelah selesai, klik Simpan dan Tampilkan.
  9. Ulangi langkah ini untuk menambahkan produk tambahan hingga semua produk jualan kamu telah diunggah ke Shopee.
  10. Selesai.

5. Promosikan Produk

Ketika prosedur verifikasi Shopee sudah selesai, produk kamu akan ditampilkan di etalase toko. Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah mempromosikan produk jualan kamu.

Tujuan dari promosi adalah untuk menarik calon pelanggan untuk melihat produk kamu. Shopee menawarkan penjual untuk ‘meningkatkan’ produk mereka setiap 4 jam. Kamu juga bisa meningkatkan penjualan dengan membagikan tautan toko dan produk di media sosial.

Strategi Jualan Online di Shopee yang Menguntungkan

Strategi Jualan Online di Shopee yang Menguntungkan

Cara jualan di Shopee harus didukung dengan strategi agar barang yang kamu tawarkan berhasil laku. Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan promosi produk kamu di Shopee:

1. Aktifkan Fitur Gratis Ongkir

Shopee menawarkan fitur gratis ongkir dengan minimum pembelian 0, Rp 30.000, Rp 90.000, atau Rp 200.000. Salah satu fitur yang paling menarik bagi pembeli adalah gratis ongkir.

Ada baiknya kamu segera mengaktifkan fitur tersebut. Yang dibutuhkan hanya foto KTP dan selfie dengan memegang KTP. Kamu tidak perlu membayar ongkos kirim ke jasa ekspedisi jika pelanggan menggunakan voucher gratis ongkir tersebut.

2. Perbanyak Produk

Tips kedua untuk berjualan di Shopee adalah menjual lebih banyak produk. Semakin banyak variasi produk di etalase kamu, maka semakin besar kemungkinan konsumen akan datang ke toko kamu.

Akan cukup sulit untuk mendapatkan konsumen jika toko kamu hanya memiliki kurang dari lima produk. Kamu tidak memerlukan banyak waktu untuk menambahkan produk, karena Shopee memiliki fitur untuk upload secara massal.

3. Perbanyak Jumlah Follower Toko

Seperti Instagram dan Twitter, Shopee juga memiliki fitur follower dan following. Hal ini memiliki dampak yang signifikan terhadap performa penjualan toko kamu.

Semakin banyak pengikut atau followers yang kamu miliki, semakin besar kemungkinan produk kamu akan sukses terjual. Kamu juga harus memprioritaskan perluasan jumlah follower di awal pendirian toko.

4. Ikuti Program Khusus dari Shopee

Shopee menawarkan beberapa program khusus untuk pejual. Flash sale adalah salah satunya. Flash sale adalah penjualan produk yang terjadi dalam waktu singkat dengan harga yang lebih murah.

Penawaran Flash Sale ini tersedia untuk semua pengguna Shopee. Berpartisipasi dalam program flash sale mungkin menjadi salah satu cara paling efektif untuk menarik konsumen.

5. Pilih Produk yang Banyak Dicari Pembeli

Tips selanjutnya untuk berjualan di Shopee adalah mengidentifikasi dan memilih produk yang diinginkan pembeli. Kamu harus mahir membaca tren saat ini. Jika kamu menjual produk yang dicari orang, penjualan kamu akan meroket.

Untuk bersaing dengan penjual lain yang menjual produk serupa, pertimbangkan untuk memberikan harga yang lebih murah. Pelanggan akan lebih memilih produk dagangan dari toko kamu dengan cara ini.

6. Rekap Penjualan

Meski berjualan di Shopee dilakukan secara online, namun rekap penjualan tetap diperlukan agar kamu bisa dengan mudah menilai hasil penjualan kamu. Kamu bisa menggunakan aplikasi pencatat penjualan untuk mempermudah dalam mencatat dan meringkas penjualan bisnis kamu.

Cara Berjualan di Shopee

FAQ

Berikut pertanyaan seputar jualan di Shopee.

  • Buka Toko di Shopee Bayar Berapa?

Membuka toko di shopee adalah gratis, kecuali saat jualan kamu ikut erpartisipasi dalam program extra atau cashback gratis, maka kamu bisa dikenakan biaya admin, seperti yang ditentukan oleh kebijakan shopee.

  • Jualan di Shopee Kena Potongan Berapa?

  1. Biaya administrasi Non-Star (Kategori A): Diskon 20% dari biaya normal sebesar 3,2%
  2. Biaya administrasi Star & Star+ (Kategori A): Diskon 20% dari biaya normal sebesar 4%
  3. Biaya layanan Gratis Ongkir XTRA untuk Penjual Non-Star (Kategori A): Diskon 20% dari biaya normal sebesar 5%
  4. Biaya layanan Gratis Ongkir XTRA untuk Penjual Star & Star+ (Kategori A): Diskon 20% dari biaya normal sebesar 4,5%
  • Apakah Ongkir Shopee Ditanggung Penjual?

Program Gratis Ongkir adalah program yang memungkinkan penjual memberikan gratis ongkos kirim khususnya kepada pembeli. Shopee akan menanggung biaya pengiriman gratis sesuai dengan Syarat & Ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu, tidak akan ada biaya tambahan yang dikenakan kepada penjual.

  • Apakah Jualan di Shopee Harus Bayar Pajak?

Sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang baik, pasti kamu memiliki NPWP sebagai tanda bahwa kamu adalah seorang Wajib Pajak yang taat. Jika penjual di marketplace Shopee memiliki omzet tahunan kurang dari Rp 4,8 miliar, pajak penjualan Shopee dikenakan Pajak Penghasilan Final dengan tarif 0,5 persen dari omzet.

  • Bagaimana Sistem Pembayaran di Shopee?

Shopee mendukung 13 jenis alternatif pembayaran, yaitu Kartu Kredit/Debit, Transfer Bank (Dicek Otomatis)/Virtual Account, Indomaret, ShopeePay, Alfamart, SPayLater, OneKlik, Cicilan Kartu Kredit, COD (Bayar di Tempat), Akulaku PayLater, Mitra Shopee, Agen BRILink, dan BNI Agen46.

BACA JUGA:

Cara Daftar Merchant Shopee Food dan Syaratnya
Aplikasi Marketplace Bukalapak Teratas di Indonesia
Apa Perbedaan Pemasaran dan Penjualan

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar cara jualan di Shopee untuk pemula di HP. Jadi, jika kamu ingin berjualan di Shopee, silakan buat akun Shopee terlebih dahulu. Setelah berhasil membuat akun, kamu bisa langsung mengatur toko menggunakan fitur Asisten Penjual, mengaktifkan pilihan pengiriman, membuat daftar produk, dan mengatur promosi untuk menarik minat Pembeli.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button