Mengenal Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Risiko Kredit Tanpa Agunan

Setiap produk pinjaman atau kredit pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika Anda baru mengetahui keuntungan dari kredit tanpa agunan, Anda belum benar-benar mengetahui kredit tanpa agunan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui risiko yang harus Anda ambil jika memutuskan untuk mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) (KTA).

Bunga Pinjaman  Kredit Tanpa Agunan Lebih Tinggi

Bunga yang diberikan oleh produk KTA cukup tinggi. Jangan kaget dengan risiko yang satu ini tentunya. Hal ini merupakan salah satu cara bagi bank atau pemberi pinjaman lainnya untuk mengurangi kerugian akibat pemberian KTA.

Ini masuk akal karena kredit tanpa jaminan tidak memerlukan aset peminjam sebagai jaminan. Pada produk kredit dengan agunan, risiko yang ditanggung oleh bank atau pemberi pinjaman hampir 0 persen. Oleh karena itu, pemberi pinjaman menawarkan bunga pinjaman yang besar dan kuat. Tentu hal ini menjadi beban yang lebih besar ketika Anda harus membayar cicilan KTA.

Tenor atau Jangka Waktu Pinjam Lebih Pendek

Risiko lain yang perlu Anda perhatikan saat mengajukan KTA adalah jangka waktu pinjaman yang lebih pendek. Jangka waktu pinjaman atau pinjaman tanpa jaminan lebih pendek dari instrumen kredit yang dijaminkan.

Hal ini dilakukan oleh calon debitur untuk memprediksi kredit yang buruk atau default. Tentunya dengan jangka waktu pinjaman yang pendek, jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan juga lebih besar. Biasanya, tenor pinjaman tanpa agunan maksimal lima tahun.

Jumlah Pinjaman yang Lebih Rendah

Selain suku bunga yang lebih tinggi dan tenor yang lebih pendek, ada kerugian tambahan untuk pinjaman tanpa jaminan. Jika Anda ingin mengajukan KTA, Anda memiliki batas pinjaman. Ini menyiratkan bahwa ada batasan jumlah pinjaman yang dapat Anda peroleh.

Ini juga merupakan bentuk antisipasi dari calon debitur terhadap pinjaman yang buruk atau default. Jika Anda ingin memperoleh uang melalui KTA, jumlah maksimum uang yang dapat Anda pinjam adalah 200 juta Rupiah. Jika jumlah pinjaman yang ingin Anda peroleh lebih besar dari 200 juta Rupiah, Anda perlu mencari opsi pinjaman lain.

Kesimpulan:

KTA memang harus dilakukan oleh pengusaha seperti Anda. Pinjaman atau pinjaman tanpa agunan mungkin menawarkan manfaat yang signifikan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Dalam produk kredit dengan agunan, Anda perlu menyiapkan aset yang akan dijadikan agunan. Pada produk KTA, waktu pencairan pinjaman tanpa agunan lebih cepat. Tidak ada proses penilaian agunan karena tidak ada aset yang perlu dievaluasi.

Bunga yang diberikan oleh produk KTA cukup tinggi. Hal ini merupakan salah satu cara bagi bank untuk mengurangi kerugian akibat pemberian KTA. Pada produk kredit dengan agunan, risiko yang ditanggung oleh bank atau pemberi pinjaman hampir 0 persen.

Oleh karena itu, pemberi pinjaman menawarkan bunga pinjaman yang besar dan kuat. Jangka waktu pinjaman atau pinjaman tanpa jaminan lebih pendek dari instrumen kredit yang dijaminkan.

Pages: 1 2Show All

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like