Mengenal Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Teknatekno.com – Pinjaman atau kredit tanpa agunan mungkin menawarkan manfaat yang signifikan untuk mengembangkan bisnis Anda. Namun, tidak serta merta mengandung risiko yang perlu Anda ketahui.

Sebelum mengenal pinjaman tanpa agunan lebih teliti, ketahuilah kapan Anda perlu mendapatkan uang tambahan bisnis. Agar tidak salah paham, Anda bisa membaca artikelnya di sini.

Sekarang Anda perlu tahu apa itu pinjaman atau kredit tanpa agunan (KTA), manfaat, dan risiko untuk bisnis Anda. Simak uraian berikut ini.

Pengertian Kredit Tanpa Agunan

Hal pertama yang perlu Anda ketahui tentang kredit tanpa jaminan adalah pemahaman. Kredit Tanpa Agunan atau sering disingkat KTA adalah produk pinjaman yang memungkinkan Anda untuk meminjam uang tanpa persyaratan untuk memberikan aset sebagai jaminan.

Jika Anda tidak perlu mengatur aset sebagai jaminan? Bagaimana pemberi pinjaman ingin memberikan uang?

Pengertian Kredit Tanpa Agunan

Anda tidak diharuskan untuk menyiapkan aset untuk mendapatkan kredit tanpa jaminan. Namun, pemberi pinjaman akan menawarkan pinjaman tergantung pada pinjaman atau riwayat kredit Anda. Mereka akan memeriksa riwayat kredit motor atau kendaraan Anda, hipotek, dan juga riwayat kartu kredit yang Anda miliki.

Kredit alternatif ini pasti menarik perhatian Anda bukan? Tidak hanya tanpa agunan, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan jika mengajukan pinjaman dalam bentuk kredit tanpa agunan.

Manfaat Kredit Tanpa Agunan

Anda sekarang mungkin tertarik untuk mengajukan kredit tanpa jaminan. Sebelumnya, Anda perlu tahu lebih banyak tentang kredit tanpa agunan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang mungkin Anda dapatkan dengan mendapatkan kredit tanpa agunan.

Persyaratan Pengajuan Kredit Relatif Lebih Mudah

Persyaratan untuk mengajukan pinjaman dalam bentuk kredit tanpa agunan jelas lebih mudah. Hal ini karena Anda tidak perlu memiliki aset yang dapat digunakan sebagai jaminan pinjaman Anda. Hal ini sangat memudahkan bagi Anda yang tidak memiliki rumah atau mobil yang biasa dijadikan jaminan dalam pinjaman.

Dalam mengajukan kredit tanpa jaminan, Anda cukup menyediakan dokumen yang menunjukkan riwayat kredit Anda. Dokumen-dokumen tersebut antara lain fotokopi kartu kredit, fotokopi buku tabungan, serta dokumen lain yang menunjukkan kredit Anda saat ini atau sebelumnya.

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan dokumen seperti KTP atau KITAS, Kartu Keluarga, slip gaji atau bukti penghasilan, dan juga NPWP. Persyaratan ini tentunya lebih mudah untuk Anda persiapkan bukan?

Tidak Perlu Melakukan Penilaian Jaminan

Dalam produk kredit dengan agunan, Anda perlu menyiapkan aset yang akan dijadikan agunan. Oleh karena itu, evaluasi terhadap agunan menjadi penting untuk dilakukan. Harta yang dijadikan agunan akan dinilai nilainya. Dengan begitu, pemberi pinjaman dapat menilai apakah aset tersebut memiliki nilai yang sama atau lebih besar dari jumlah kredit yang Anda ajukan.

Jika Anda menerima produk kredit tanpa agunan, proses penilaian ini tidak diperlukan. Tentu saja karena tidak ada aset yang perlu dievaluasi. Tanpa adanya proses penilaian agunan, pencairan dana akan lebih cepat.

Periode Pencairan Lebih Cepat

Dibandingkan dengan produk kredit lainnya, waktu pencairan pinjaman tanpa agunan lebih cepat. Proses pencairan bisa memakan waktu sekitar satu sampai tujuh hari. Dalam waktu yang lebih singkat, Anda dapat memperoleh uang yang Anda butuhkan untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Mengapa proses pencairan kredit tanpa agunan begitu cepat? Hal ini karena tidak ada proses penilaian agunan. Dengan proses yang tidak perlu dilakukan, pencairan dana akan lebih cepat.

Meski begitu, masih ada proses yang harus diselesaikan sebelum Anda mendapatkan uang dari kredit tanpa agunan. Hal ini dikarenakan calon debitur membutuhkan proses verifikasi terhadap dokumen yang Anda berikan. Di sisi lain, kelengkapan dokumen yang dibutuhkan mempercepat proses pencairan dana. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengajukan kredit tanpa agunan, usahakan untuk segera melengkapi dokumen yang diperlukan.

Bisa digunakan untuk dana darurat

Keuntungan lain dari kredit tanpa jaminan adalah Anda dapat menggunakan kredit tanpa jaminan sebagai cadangan darurat. Hal ini dikarenakan proses pencairan yang cukup cepat sehingga memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan darurat Anda secara langsung.

Misalnya, ada keluarga Anda yang sedang dirawat karena cedera dan membutuhkan dana operasi. Dana dari pinjaman tanpa agunan ini bisa menjadi alternatif pinjaman yang Anda pilih. Selain itu, pinjaman tanpa agunan juga dapat dimanfaatkan sebagai modal usaha atau dana pendidikan.

Anda dapat memperolehnya dari bank yang berbeda

Selain item yang disebutkan di atas, ada satu keuntungan tambahan yang Anda dapatkan dari kredit tanpa jaminan. Anda dapat memperoleh kredit tanpa jaminan dengan cepat karena hampir semua bank menawarkan opsi ini. Mulai dari bank BUMN hingga bank swasta yang menyediakan produk KTA.

Pinjaman KTA ditawarkan oleh bank melalui pemasaran yang sangat luas. Dengan begitu Anda dapat memilih produk kredit tanpa agunan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, Anda juga perlu mengevaluasi kemampuan Anda untuk mendapatkan dana pinjaman dari pinjaman tanpa jaminan.

1 2Next page

Related Articles

Back to top button