Pola Candle Stick Pengertian dan Cara Membacanya

Teknatekno.com – Pola candle stick adalah bagian dari analisis teknikal dalam perdagangan saham, forex, dan perdagangan komoditas lainnya. Ada berbagai jenis pola candle stick dan memungkinkan investor dan pedagang untuk membaca prakiraan harga untuk waktu tertentu.

Pola candle stick atau candlestick pattern populer di Jepang pada abad ke-17. Saat itu, pionir metode analisis Munehisa Homma menetapkan pola ini untuk mengamati fluktuasi harga beras.

Meskipun penampilannya menakutkan, belajar membacanya sebenarnya agak sederhana. Alasan untuk ini adalah karena salah satu asumsi dalam analisis teknis berpendapat bahwa pola harga masa lalu harus mereplikasi diri di masa depan.

Untuk mengamati tren historis, pola candlestick cukup bisa diandalkan oleh para pedagang. Ingin tahu jenis dan cara membaca polanya? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Pola Candle Stick

Dalam trading, salah satu pendekatan untuk melihat kemungkinan harga adalah dengan menggunakan pola candle stick, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Jadi, apa yang dimaksud dengan candle stick? Untuk meningkatkan ketepatan perhitungan, metode grafik pola candlestick Jepang kuno masih digunakan sampai sekarang.

Metode ini mengukur pengaruh mood investor terhadap harga. Analisis ini sering dilakukan untuk menemukan waktu yang optimal untuk masuk dan keluar dari suatu transaksi.

Salah satu cara terbaik untuk berinvestasi, metode ini “penting” untuk dipahami oleh investor dan pedagang. Bagaimanapun, penting untuk diingat bahwa pola ini termasuk dalam kelompok analisis terarah.

Artinya, analisis ini juga tergantung pada pengertian subjektif pedagang dalam menafsirkan pola yang berbeda. Metode ini dapat menghasilkan keuntungan reguler jika dilengkapi dengan keahlian dan jam terbang pedagang.

Pengertian Pola Candle Stick

Cara Membaca Grafik Pola Candle Stick

Membaca pola candle stick adalah langkah pertama dalam memahami berbagai macam pola candle stick. Empat tempat harga, rona merah dan hijau, dan orientasi sumbu semuanya berperan dalam menentukan cara membaca pola ini.

Berikut ini penjelasannya:

1. Candlestick Menawarkan Empat Posisi Harga

Sebelum kita melanjutkan mempelajari pola candle stick, mari kita pahami dulu bagaimana cara membaca candlestick. Berikut adalah empat indikasi yang ditemukan dalam candlestick:

  • Open: harga saat perdagangan dibuka hari ini
  • Low: harga terendah hari ini
  • High: harga tertinggi hari ini
  • Closed: harga setelah perdagangan ditutup kemarin

Ukuran tubuh candlestick juga mengungkapkan berapa banyak harga yang berfluktuasi sepanjang durasi candle.

1 2Next page

Related Articles

Back to top button