Cara Menggunakan Fitur Baru di Whatsapp

6. Pencarian Obrolan yang Ditingkatkan

Fitur pencarian percakapan adalah fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk mencari obrolan lebih akurat di Whatsapp. Pengguna tidak hanya disuguhkan hasil pencarian berupa teks, tetapi juga foto, video, musik, GIF, dan lain sebagainya. Fitur ini dapat diakses di area pencarian yang ditempatkan di bagian atas aplikasi.

7. Peningkatan Pengelolaan Penyimpanan

Fitur baru selanjutnya pengguna sekarang dapat mengakses dan mengatur file media WhatsApp mereka (foto, video, musik, dll.). Dari area Data dan Penyimpanan di Pengaturan WA, pengguna dapat memfilter dan memilih data apa yang ingin mereka hapus.

Data dari obrolan pribadi dan grup dapat dihapus oleh pengguna. Fitur ini juga akan memberikan daftar kontak yang paling banyak menggunakan penyimpanan.

8. Panggilan Telepon dan Video di Desktop

Seolah tak mau kalah dengan keberadaan aplikasi meeting, fitur baru di Whatsapp tahun ini memungkinkan pengguna melakukan panggilan telepon dan video call di desktop.

Untuk dapat mengakses fitur baru ini, pengguna hanya perlu menginstal aplikasi WA versi desktop. Untuk saat ini, WA versi desktop hanya bisa melakukan panggilan pribadi.

9. Arsip Tanpa Notifikasi

Fitur Archive memang sudah lama ada di WhatsApp. Namun, WA melakukan penyempurnaan pada fitur ini, termasuk tidak menampilkan peringatan saat ada obrolan baru untuk kontak yang diarsipkan.

Sebelumnya, pesan baru akan dikirim ke obrolan yang diarsipkan. Diskusi juga akan ditampilkan di halaman utama. Meskipun fitur Arsip telah ditingkatkan, membuat obrolan tetap berada di arsip meskipun ada pesan masuk yang baru.

10. Peningkatan Keamanan Biometrik

Autentikasi biometrik telah ditambahkan ke sistem keamanan WhatsApp awal tahun ini, memungkinkan pengguna mengakses aplikasi versi web atau desktop dengan perlindungan lebih.

Pengguna tidak hanya diminta untuk memindai kode QR yang ditampilkan di layar untuk login WA online atau desktop. Akibatnya, pengguna akan diminta untuk mengirimkan sidik jari atau wajah untuk memanfaatkan fitur baru ini.

Sementara itu, ada rumor bahwa WA akan merilis fitur yang lebih menarik tahun depan, misalnya fitur seperti Reel Instagram. Kita nantikan saja.

Kesimpulan:

Sepanjang tahun 2021 ini, aplikasi WA telah menambahkan fitur baru seperti kompatibilitas multi-perangkat, dan panggilan video melalui aplikasi desktop.

Mode gelap memungkinkan pengguna mengubah antarmuka pengguna (UI) WhatsApp menjadi hitam. Tahun ini WhatsApp menambah jumlah peserta group call menjadi maksimal delapan orang. Fitur pencarian percakapan di WhatsApp telah diperbarui.

Pengguna kini dapat mencari obrolan berupa foto, video, musik, GIF, dan lain sebagainya. Fitur Arsip juga telah ditingkatkan, membuat obrolan tetap berada di arsip meskipun ada pesan masuk baru.

Pages: 1 2Show All

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like