Apa itu Email Marketing, Strategi dan Cara Kerjanya

Teknatekno.com – Banyak perusahaan yang memanfaatkan email marketing sebagai strategi pemasaran. Nah, sudah tahu belum apa itu email marketing dan bagaimana cara menjalankannya?

Menggunakan email sebagai media pemasaran adalah inti dari strategi ini dalam bentuknya yang paling sederhana. Harap diingat, bagaimanapun, bahwa jenis pemasaran ini berbeda dari yang lain.

Kami akan membahas dasar-dasar email marketing, termasuk apa itu email marketing dan mengapa email marketing sangat penting, beberapa strategi email marketing serta tips & trik untuk menguasainya.

Email Marketing

Apa itu Email Marketing?

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, jenis email marketing elektronik dikembangkan kembali pada tahun 1978. Jenis pemasaran ini berhasil menghasilkan pendapatan total 13 juta dolar. Ini langsung menjadikannya salah satu pendekatan pemasaran yang paling menjanjikan.

Email marketing bukanlah spam atau salam dari teman lama. Jika ditarik pengertiannya, email marketing merupakan media antara kedua jenis email tersebut.

Email marketing berpotensi meningkatkan hubungan bisnis kamu dengan pelanggan jika dilakukan dengan benar. Namun, pada saat yang sama juga memberikan informasi tentang barang kamu.

Mengapa Email Marketing Penting?

Email marketing, dibandingkan dengan taktik pemasaran lainnya, sedikit lebih konvensional. Jenis pemasaran ini berbeda dengan pemasaran media sosial yang dapat membuat konsumen langsung berkomentar tentang hal-hal yang diberikan.

Namun, dalam hal menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelanggan, teknik ini mungkin dianggap lebih cocok. Kepercayaan dan loyalitas klien dapat dibuat dengan menggunakan teknik ini.

Nanti, jika pelanggan setia, maka dia tidak akan hanya membaca email yang dikirim tentang suatu produk. Adapun produk terbaru, mereka mungkin mengharapkan email dari perusahaan, yang mereka tunggu-tunggu.

🔥TRENDING:  Manfaat Penggunaan Fintech Bagi Masyarakat

Dengan kata lain, email marketing penting karena kemampuannya yang unggul untuk mendatangkan pelanggan-klien baru. WBR Digital memperkirakan bahwa 81% dari jenis akuisisi pelanggan baru ini berhasil, jauh di atas tingkat keberhasilan 51% dari pemasaran media sosial.

Hal terakhir yang membuat jenis ini penting adalah biayanya yang murah. Menurut studi Asosiasi Pemasaran Langsung, jika email seharga $1 terkirim, ada potensi untuk menghasilkan hingga $40.

Strategi Email Marketing

Email digunakan oleh 3,8 miliar orang di seluruh dunia, menurut sebuah penelitian baru-baru ini. Studi lain mengklaim bahwa email marketing 40 kali lebih sukses daripada Twitter dan Facebook.

Bahkan, ada data yang mengatakan bahwa pelanggan biasanya membeli barang secara instan, setelah menerima email. Menurut data ini, email marketing adalah salah satu cara pemasaran paling efektif yang tersedia saat ini.

Namun, untuk memanfaatkan email marketing ini, tentunya kamu memerlukan beberapa strategi tertentu. Untuk itu, email menuntut strategi yang berbeda dari media sosial lainnya.

1. Kenali Kebiasaan Calon Pelanggan

Sama seperti jenis pemasaran lainnya, strategi awalnya adalah mengetahui kebiasaan calon pelanggan. Kenali identitas calon pelanggan kamu dan pahami preferensi mereka. Hal ini adalah langkah pertama dalam membuat konten email yang akan menarik bagi target audiens kamu.

2. Tetapkan Target Penjualan Melalui Email

Pertama-tama, selidiki di sektor kamu apa penjualan sukses yang khas melalui email. Tetapkan sasaran penjualan kamu berdasarkan rata-rata ini.

Untuk menetapkan tujuan yang realistis, kamu juga memerlukan data yang akurat tentang penggunaan email.

3. Kelompokkan User

Saatnya membuat daftar pengguna atau pelanggan berdasarkan profil pelanggan dan sasaran penjualan kamu yang sudah ada.

🔥TRENDING:  Limit Transfer BCA Dan Batas Tarik Tunai

Minat, usia, dan tempat tinggal semuanya dapat digunakan untuk mengelompokkannya. Mereka akan menerima email yang dipersonalisasi tentang produk saat ini, tentu saja, yang telah dimodifikasi ke profil grup.

4. Tentukan Jenis Campaign-mu

Sebelum kamu mulai mengirim email, tentukan terlebih dahulu jenis campaign yang ingin kamu jalankan. Kampanye ini berkaitan dengan profil pelanggan dari daftar email yang sudah kamu kelompokkan. Pastikan campaign kamu sesuai dengan profil pelanggan yang kamu targetkan.

Siapkan rencana untuk mengirim email yang sesuai ke pelanggan kamu sehingga kamu tidak lupa. Beri tahu pelanggan kamu di muka email apa yang mungkin mereka kirim untuk diterima dan seberapa sering.

Ini adalah teknik untuk mendapatkan kepercayaan diri mereka dan memastikan mereka mengingat perusahaan kamu.

Pencarian Populer

Adanya Email Marketing Membuat Bisnis Online Dapat - Membuat Email Marketing - Melhores Empresas De E Mail Marketing - Marketing Via Email - Layanan Email Marketing - Komponen Email Marketing - Kirim Email Marketing - Email Promosi - Email Marketing Terbaik - Email Marketing Primer - Email Marketing Murah - Email Marketing Lead - Email Marketing Ionos - E Commerce E Marketing - Panduan Email Marketing-

1 2Next page
Back to top button